PENERAPAN ANALISIS SWOT DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN UNIT REKONDISI ALAT BERAT MERK KOMATSU PADA PT.PAMAPERSADA NUSANTARA DISTTRIK BALIKPAPAN
DOI:
https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v15i1.2024.498Keywords:
SWOT analysisAbstract
The research is intended to exploit the SWOT strategy implemented in an attempt to increase the sales of heavy equipment reconstruction units in P.T. Pamapersada Nusantara District Balikpapan. In this study, there were 10 employees who gave their statements. The sample method applied to this research is purposive sampling, which selects samples based on special consideration. IFAS and EFAS matrices are analytical tools used for internal and external analysis of the Company. The results of the research show that the use of SWOT analysis has successfully increased the sales of re-conditioning units of heavy equipment brand Komatsu in this company
Downloads
References
Assasuri. (2018). Manajemen pemasaran adalah kegiatan menciptakan, mempersiapkan, melaksanakan rencana yang dilakukan perusahaan. Bisnis, 12.
Hamidi. (2018). Strategi di artikan sebagai aktivitas stimultan dan berkelanjutan yang didalamnya memuat proses perumusan gagasan, perencanaan, penetapan, dan implementasi, teknis suatu organisasi. Ekonomi Pemasaran, 9.
Kottler dan Keller. (2017). Manajamen pemasaran merupakan pasar sasaran untuk menarik, mempertahankan, dan meningkatkan konsumen dengan menciptakan dan memberikan kualitas. Bisnis, 6.
Kurniawan. (2020). logiks pemasaran dan berdasarkan itu unit bisnis diharapkan untuk mencapai sasaran-sasaran pemmasarannya. strategi pemasaran terdiri dari pengambilan keputusan tentang biaya pemasaran dari perusahaan bauran pemasaran dan alokasi pemasaran.
Marianteha. (2020). Analisis SWOT merupakan instrument yang bermanfaat dalam melakukan analisis strategi. analisis SWOT sebagai alat untuk meminimalisir kelemahan yang terdapat pada perusahaan atau organisasi serta menekan dampak ancaman yang timbul dan harus dihadapi.
Sari. (2020) : 31) Indikator SWOT. faktor internal merupakan faktor yang berasal dari lapangan usaha. faktor eksternal merupaka faktor yang berasal dari luar lapangan usaha.
Sinambela. (2014. 94). Populasi dan Sample, kuantitatif populasi adalah obyek/subyek yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya.
Tania. (2018. 8). Konsep Strategi berdasarkan 2 perspektif yang berbeda Pemasaran bisnis, 8.
Tjiptono. (2016). manajemen pemasaran secara keseluruhan yaitu cara perusahaan melakukan bisnis yang mempersiapkan, menetukan, dan mendistribusikan produk, jasa, dan gagasan, yang dapat memnuhi kebutuhan pasar. pemasaran, 63.
Tjiptono dan Diana. (2020). Definisi Pemasaran adalah proses menciptakan, mendistribusikan, mempromosikan, dan menetapkan harga barang, jasa dan gagasan untuk memfasilitasi relasi pertukaran yang memuaskan dengan para pelanggan.. Bisnis dan Pemasaran, 3.
Noor, S. (2014). Penerapan analisis SWOT dalam menentukan strategi pemasaran daihatsu luxio di malang (Studi Kasus Pada PT. Astra International Tbk.–Daihatsu Malang). Jurnal INTEKNA: Informasi Teknik dan Niaga, 14(2).
Nur Afrillita, T. (2013). Analisis SWOT dalam menentukan strategi pemasaran sepeda motor pada PT. Samekarindo Indah di Samarinda. Jurnal Administrasi Bisnis, 1(1), 56-70.
Dana, P. P. G. W., Siwantara, I. W., & Prayustika, P. A. (2022). STRATEGI PEMASARAN KENDARAAN MITSUBISHI BERDASARKAN ANALISIS SWOT PADA PT SUN STAR MOTOR BADUNG (Doctoral dissertation, Politeknik Negeri Bali).
Untari, S. N., Djaja, S., & Widodo, J. (2018). Strategi Pemasaran Mobil Merek Daihatsu Pada Dealer Daihatsu Jember. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 82-88.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal GeoEkonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
You are free to:
Share - copy and redistribute the materials in any medium or format for any purpose, even for commercial purposes.
Adapt - compose, change and develop the material for any purpose, even for commercial purposes.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
With the following conditions:
Attribution - you must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes have been made. You may do so in a reasonable manner, but not in any way that suggests that the licensor endorses you or your use.
No additional restrictions - You may not implement legal provisions or technological measures that legally restrict others from doing anything permitted by the license.
Notice:
You do not have to comply with the license for elements of the material that are in the public domain or where your use is permitted by an applicable exclusion or restriction.
No warranties are given. This license may not grant all the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.