PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN KLINIK HENNY DENTAL CARE

Authors

  • C. Prihandoyo Universitas Balikpapan
  • Juwari Universitas Balikpapan
  • Alitha Gerhana Iriyanti Universitas Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v12i2.161

Keywords:

Bukti Fisik; Kehandalan; Daya Tanggap; Jaminan; Empati; Kepuasan Pasien

Abstract

Kesadaran masyarakat akan kesehatan dan keselamatan diri di masa pandemik COVID-19 cenderung sangat tinggi sehingga penerapan protokol kesehatan telah menjadi kebiasaan yang normal diterapkan setiap saat. Selain itu masyarakat di Indonesia juga semakin cerdas dalam memilih jasa penyedia layanan kesehatan khususnya memilih klinik kesehatan gigi dan mulut yang terbaik dan pelayanannya sesuai dengan diinginkan dan dibutuhkan. Melihat kecenderungan pemilihan tempat layanan kesehatan atau klinik kesehatan gigi dan mulut tersebut maka diperlukan penelitian mengenai pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasaan Pasien Klinik Henny Dental Care. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan penyebaran kueisoner pada 199 responden. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis untuk melihat pengaruh antar variabel. Analisis data diolah menggunakan SPSS versi 23.0. Diperoleh hasil analisis bahwa secara simultan terbukti variabel bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati terhadap kepuasan pasien Klinik Henny dental care. Pengujian secara parsial dengan uji t ditemukan bahwa variabel bukti fisik berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan pasien sedangkan variabel kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati berpengaruh positif dan signifikan. Variabel empati mempunyai pengaruh paling dominan terhadap kepuasan pasien.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Juwari, Universitas Balikpapan

Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Balikpapan

References

Djafar, F. H., Djaelani, A. K., & Wahono, B. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Banemo Kabupaten Halmahera Tengah. e-Jurnal Riset Manajemen PRODI MANAJEMEN, 181-193.

Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20. Semarang: Universitas Diponegoro.

Kotler, P. (2016). Marketing Management, 15th. New Jersey: Person Prentice.

Lupiyoadi, R. (2016). Manajemen Jasa Berbasis Kompetensi Edisi 3. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Rani, M., Basalamah, S., & Damis, H. (2020, Desember). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Ruang Perawatan Private Care Center (PCC) RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar. Tata Kelola, 7, 95-114.

Subarinyanti, H. (2020, Oktober). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien pada Salah Satu Klinik di Jakarta. Jurnal Ekonomi, 22, 273-289.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F. (2011). Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia.

Wijaya, T. (2011). Manajemen Kualitas Jasa : Kualitas, Layanan, Kualitas Layanan, Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Indeks.

Downloads

Published

2021-09-30

How to Cite

Prihandoyo, C. ., Juwari, J., & Gerhana Iriyanti, A. . (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN KLINIK HENNY DENTAL CARE. Jurnal GeoEkonomi, 12(2), 167–179. https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v12i2.161

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>