Author Guidelines

Author Guidelines

Format

  1. Sistematika penulisan sekurang-kurangnya mencakup Pendahuluan, Metode Pelaksanaan, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, Rekomendasi, Ucapan Terima Kasih, dan Daftar Pustaka.
  2. Artikel diketik dengan huruf ukuran 12 point dengan jarak baris satu setengah spasi pada kertas A4, kecuali untuk kutipan langsung yang diketik dengan jarak baris satu spasi dan dengan indented style.
  3. Batas atas, bawah, sisi kiri dan kanan sekurang-kurangnya 2,5 cm.
  4. Artikel ditulis seefisien mungkin sesuai dengan kebutuhan, dengan panjang artikel berkisar 10 halaman.
  5. Semua halaman, termasuk referensi dan lampiran harus diberi nomor urut halaman.
  6. Penulis disarankan untuk menggunakan aplikasi Mendeley dalam penulisan sitasi dan daftar pustaka.
  7. Naskah harus mengikuti template penulisan naskah Jurnal GeoEkonomi, Template untuk penulis dapat diunduh di sini.

Sistematika Penulisan Artikel

  1. Judul, ditulis dalam bahasa Indonesia dan dalam bahasa Inggris. Judul dalam bahasa Indonesia terdiri dari maksimal 15 kata, sedangkan judul dalam bahasa Inggris terdiri dari maksimal 15 kata.
  2. Abstrak, terdiri dari 100-200 kata dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Abstrak memberikan ringkasan atas tujuan artikel, metode, hasil, dan simpulan artikel. Abstrak diikuti dengan kata kunci (keywords) terdiri dari 3-5 kata untuk memudahkan penyusunan indeks artikel.
  3. Pendahuluan, Bagian ini memuat latar belakang penelitian secara ringkas dan padat, serta tujuan penulisan.
  4. Landasan Teori, Kajian Empiris Dan Pengembangan Hipotesis (Jika Ada), Landasan teori memaparkan kerangka teoritis berdasarkan telaah literature sedangkan kajian empiris memaparkan hasil-hasil penelitian terdahulu yang menjelaskan tentang variabel dan hubungan antar variabel serta menjadi landasan logis untuk mengembangkan hipotesis atau proposisi penelitian dan model penelitian.
  5. Metode Research, Bagian ini menjelaskan bagaimana penelitian dilakukan. Metode research menjelaskan tentang desain riset yang digunakan meliputi jenis penelitian, populasi dan sampel, sumber dan metode pengumpulan data, pengukuran dan definisi operasional variabel, dan metode analisis data.
  6. Hasil Dan Pembahasan, Bagian ini menjelaskan hasil analisis data serta pembahasan khususnya dalam menjawab pertanyaan penelitian. Bagian ini juga memberi penjelasan tentang bagaimana temuan tersebut didapat. Hasil penelitian memuat hasil analisis penelitian, seperti analisis data riset, deskripsi statistik yang diperlukan, pengujian model penelitian, hasil perhitungan atau pembuktian hiptesis.
  7. Kesimpulan Dan Saran, Kesimpulan berisi pembahasan mengenai temuan-temuan yang merupakan jawaban atas tujuan penelitian, sementara saran yang dikemukakan penulis untuk obyek penelitian dan penelitian yang akan dating.
  8. Daftar Pustaka, Bagian ini hanya memuat referensi yang benar-benar dirujuk, dengan demikian referensi yang dimasukkan pada bagian ini akan ditemukan tertulis pada bagian-bagian sebelumnya. Sistematika penulisannya didasarkan pada Harvard style tapi dengan sedikit modifikasi adalah:          
  • Menurut abjad, dengan tata penulisan (baik bagi penulis pertama, kedua, dan seterusnya): nama belakang, lalu diikuti nama pertama dan seterusnya dalam bentuk singkatan.
  • Contoh: Tjiptono, F.
  • Tidak perlu dikelompokkan berdasarkan buku, jurnal, Koran, ataupun berdasarkan tipe publikasi lainnya.
  • Sistematika penulisan untuk buku: nama penulis tahun publikasi judul buku penerbit, kota.
  • Contoh: Tjiptono, F. 2004, Pemasaran Jasa, Malang: Bayumedia Publishing.
  • Sistematiks penulisan untuk jurnal: nama penulis tahun publikasi “Judul tulisan” nama jurnal Volume, nomor (halaman). Penerbit, Kota.
  • Contoh: Siringoringo, H. 2009 “Consumer shopping behavior among modern retail formats” Delhi Business Review10 (1) 1 – 6.
  • Sistematika penulisan untuk skripsi/tesis/disertasi: nama penulis. Tahun lulus. Judul skripsi/tesis/disertasi. Penerbit, kota.
  • Sistematika penulisan untuk artikel dari internet: nama penulis. Tanggal, bulan, dan tahun download. Judul tulisan. Alamat situs.
  • Sistematika penulisan untuk artikel dalam Koran/majalah: nama penulis. Tanggal, bulan dan tahun publikasi. “Judul tulisan.” Nama Koran. Penerbit, kota
  1. Lampiran, Memuat hal-hal yang dianggap lebih tepat apabial dimasukkan kedalam lampiran (tergantung dari pertimbangan masing-nasing penulis).

Tabel dan Gambar (Grafik)

  1. Tabel dan gambar disajikan seefisien mungkin (hanya yang menyajikan hasil) dan dimasukkan ke dalam naskah. Tabel dan gambar yang disajikan dalam lampiran adalah yang menunjukkan proses pengolahan data.
  2. Tabel dan gambar diberi nomor urut dan judul lengkap yang menunjukkan isi dari tabel atau gambar.
  3. Referensi terhadap tabel atau gambar harus diberikan pada naskah.
  4. Penulis menyebutkan pada bagian di dalam naskah, tempat pencantuman tabel atau gambar.
  5. Tabel atau gambar sebaiknya dapat diinterpretasikan tanpa harus mengacu ke naskah.
  6. Sumber Tabel dan Gambar harus disertakan.
  7. Gambar harus disiapkan dalam bentuk yang dapat dicetak.

Kutipan

Kutipan dalam teks ditulis diantara kurung buka dan kurung tutup yang menyebutkan nama akhir penulis, tahun tanpa koma, dan nomor halaman jika dipandang perlu.

  1. Satu sumber kutipan dengan satu penulis: (Syafruddin 2001); dengan dua penulis: (Habbe dan Hartono 2000); lebih dari tiga penulis: (Budiono et al. 1999); lebih dari satu sumber kutipan dengan penulis yang berbeda: (Mardiyah 2001; Kusumawati 1999); lebih dari satu sumber kutipan dengan penulis yang sama: (Djakman 1998, 2000).
  2. Jika kutipan disertai nomor halaman: (Brownell 1981, 845).
  3. Jika pada referensi terdapat penulis dengan lebih dari satu artikel pada tahun yang sama, maka pada kutipan gunakan huruf a, b,  setelah tahun. Contoh: (Joni 1999a, 1999b) atau (Joni 1999a, Daud 2000b).
  4. Jika nama penulis disebutkan pada teks, maka nama tidak perlu disebutkan pada kutipan. Contoh: Alamsyah (1998) menyatakan ...
  5. Sumber kutipan yang berasal dari pekerjaan suatu institusi sebaiknya menyebutkan akronim institusi yang bersangkutan misalnya, (IAI 1994).

Referensi

Setiap artikel harus memuat daftar pustaka (hanya yang menjadi sumber kutipan) yang disusun alfabetis sesuai dengan nama belakang penulis atau nama institusi. Contoh:

Buku:
Freudenthal, H. (1991). Revisiting Mathematics Education. Dordrecht: Kluwer Academic Publishers.

Ary, D., Jacobs, L.C., & Razavieh, A. (1976). Pengantar Penelitian Pendidikan. Terjemahan oleh Arief Furchan. (1982). Surabaya: Usaha Nasional

Tesis, Disertasi, Laporan Penelitian:
Prahmana, R.C.I. (2012). Pendesainan Pembelajaran Operasi Bilangan Menggunakan Permainan Tradisional Tepuk Bergambar Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar (SD). Unpublished Thesis. Palembang: Sriwijaya University.

Zulkardi. (2002). Developing A Learning Environment on Realistic Mathematics Education for Indonesian Student Teachers. Published Dissertation. Enschede: University of Twente.

Prahmana, R.C.I., Hendrik, Sopaheluwakan, A, van Groesen, B. (2008). Numerical Implementation of Linear AB-Equation Model using Finite Element Method, Technical Report. Bandung: LabMath-Indonesia

Simposium, Prosiding, Konferensi:
Cobb, P. (1994). Theories of Mathematical Learning and Constructivism: A Personal View. Paper presented at the Symposium on trends and perspectives in mathematics education, Institute for mathematics, University of Klagenfurt, Austria.
Prahmana, R.C.I. (2013). Designing Division Operation Learning in The Mathematics of Gasing. Proceeding in The First South East Asia Design/Development Research (SEA-DR) Conference 2013, 391-398. Palembang: Sriwijaya University

Artikel Jurnal:
Stacey, K. (2010). The View of Mathematical Literacy in Indonesia. Journal on Mathematics Education (IndoMS-JME), 2 (2), 1-24. Palembang: IndoMS.

Buku yang terdiri dari beberapa artikel:
Saukah, A. & Waseso, M.G. (Eds.). (2002). Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah (Edisi ke-4, cetakan ke-1). Malang: UM Press.

Russel, T. (1998). An Alternative Conception: Representing Representation. In P.J. Black & A. Lucas (Eds.), Children’s Informal Ideas in Science, 62-84. London: Routledge.

Artikel Koran:
Pitunov, B. (13 December 2002). Sekolah Unggulan ataukah Sekolah Pengunggulan? Majapahit Pos, page 4 & 11.

Artikel Koran (tanpa nama penulis):
Jawa Pos. (22 April 1995). Wanita Kelas Bawah Lebih Mandiri, page 3.

Dokumen Resmi:
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. (1978). Pedoman Penulisan Laporan Penelitian. Jakarta: Depdikbud

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 2 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (1990). Jakarta: PT. Armas Duta Jaya

Internet:
Hitchcock, S., Carr, L., & Hall, W. (1996). A Survey of STM Online Journals, 1990-1995: The Calm before the Storm, (Online), (http://journal.ecs.soton.ac.uk/survey/survey.html), diakses 12 Juni 1996

Kumaidi. (1998). Pengukuran Bekal Awal Belajar dan Pengembangan Tesnya. Jurnal Ilmu Pendidikan. (Online), Jilid 5, No. 4, (http://www.malang.ac.id), diakses 20 Januari 2000

Wilson, D. (20 November 1995). Summary of Citing Internet Sites. NETTRAIN Discussion List, (Online), (NETTRAIN@ubvm.cc.buffalo.edu), diakses 22 November 1995

 

Kebijakan tentang Plagiarisme

Setiap penulis yang menyerahkan artikel ke GeoEkonomi harus membuat surat pernyataan bahwa naskahnya bebas dari plagiarisme dan tidak sedang dipertimbangkan dan dimuat dalam jurnal lain.

Kebijakan Reproduksi

Artikel yang telah dipublikasi di GeoEkonomi menjadi hak cipta fakultas Ekonomi Universitas Balikpapan. Untuk tujuan edukatif, isi dari GeoEkonomi dapat dikopi atau direproduksi selama menyebutkan sumber dari artikel tersebut. Permintaan tertulis harus diajukan kepada Editor untuk memperoleh ijin mereproduksi isi dari GeoEkonomi untuk tujuan lainnya selain tujuan edukatif.

Kebijakan atas Ketersediaan Data

Konsisten dengan tujuan dari GeoEkonomi penulis artikel diharapkan dapat memberikan data yang dimilikinya kepada yang memerlukannya dan memberikan informasi cara memperoleh data tersebut. Jika artikel menggunakan pendekatan survei atau eksperimen, maka seluruh instrumen (kuesioner, kasus, rencana wawancara, dan lainnya) harus dilampirkan.

Pengiriman Artikel

Artikel dikirim dalam bentuk softcopy (tanpa identitas penulis) dan dilengkapi dengan CV singkat penulis serta instrumen penelitian (kuesioner, hasil wawancara, dan lain-lain). Artikel dikirim melalui website Jurnal Ekonomihttp://jurnal.fem.uniba-bpn.ac.id/index.php/geoekonomi dengan memilih menu Submit Paper dan akan diproses menggunakan aplikasi Open Journal System (OJS). Petunjuk penggunaan OJS untuk penulis dapat dilihat pada menu OJS Guidelines.

Download Template for Authors