PENERAPAN ANALISIS SWOT DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN UNIT REKONDISI ALAT BERAT MERK KOMATSU PADA PT.PAMAPERSADA NUSANTARA DISTTRIK BALIKPAPAN

Authors

  • Rahmani Universitas Balikpapan
  • C. Prihandoyo Universitas Balikpapan
  • Nina Indriastuty Universitas Balikpapan
  • Nely Tangke Rante Universitas Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v15i1.2024.498

Keywords:

SWOT analysis

Abstract

The research is intended to exploit the SWOT strategy implemented in an attempt to increase the sales of heavy equipment reconstruction units in P.T. Pamapersada Nusantara District Balikpapan. In this study, there were 10 employees who gave their statements. The sample method applied to this research is purposive sampling, which selects samples based on special consideration. IFAS and EFAS matrices are analytical tools used for internal and external analysis of the Company. The results of the research show that the use of SWOT analysis has successfully increased the sales of re-conditioning units of heavy equipment brand Komatsu in this company

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

C. Prihandoyo, Universitas Balikpapan

Prodi Manajemen Universitas Balikpapan

Nina Indriastuty, Universitas Balikpapan

Prodi Manajemen Universitas Balikpapan

References

Assasuri. (2018). Manajemen pemasaran adalah kegiatan menciptakan, mempersiapkan, melaksanakan rencana yang dilakukan perusahaan. Bisnis, 12.

Hamidi. (2018). Strategi di artikan sebagai aktivitas stimultan dan berkelanjutan yang didalamnya memuat proses perumusan gagasan, perencanaan, penetapan, dan implementasi, teknis suatu organisasi. Ekonomi Pemasaran, 9.

Kottler dan Keller. (2017). Manajamen pemasaran merupakan pasar sasaran untuk menarik, mempertahankan, dan meningkatkan konsumen dengan menciptakan dan memberikan kualitas. Bisnis, 6.

Kurniawan. (2020). logiks pemasaran dan berdasarkan itu unit bisnis diharapkan untuk mencapai sasaran-sasaran pemmasarannya. strategi pemasaran terdiri dari pengambilan keputusan tentang biaya pemasaran dari perusahaan bauran pemasaran dan alokasi pemasaran.

Marianteha. (2020). Analisis SWOT merupakan instrument yang bermanfaat dalam melakukan analisis strategi. analisis SWOT sebagai alat untuk meminimalisir kelemahan yang terdapat pada perusahaan atau organisasi serta menekan dampak ancaman yang timbul dan harus dihadapi.

Sari. (2020) : 31) Indikator SWOT. faktor internal merupakan faktor yang berasal dari lapangan usaha. faktor eksternal merupaka faktor yang berasal dari luar lapangan usaha.

Sinambela. (2014. 94). Populasi dan Sample, kuantitatif populasi adalah obyek/subyek yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya.

Tania. (2018. 8). Konsep Strategi berdasarkan 2 perspektif yang berbeda Pemasaran bisnis, 8.

Tjiptono. (2016). manajemen pemasaran secara keseluruhan yaitu cara perusahaan melakukan bisnis yang mempersiapkan, menetukan, dan mendistribusikan produk, jasa, dan gagasan, yang dapat memnuhi kebutuhan pasar. pemasaran, 63.

Tjiptono dan Diana. (2020). Definisi Pemasaran adalah proses menciptakan, mendistribusikan, mempromosikan, dan menetapkan harga barang, jasa dan gagasan untuk memfasilitasi relasi pertukaran yang memuaskan dengan para pelanggan.. Bisnis dan Pemasaran, 3.

Noor, S. (2014). Penerapan analisis SWOT dalam menentukan strategi pemasaran daihatsu luxio di malang (Studi Kasus Pada PT. Astra International Tbk.–Daihatsu Malang). Jurnal INTEKNA: Informasi Teknik dan Niaga, 14(2).

Nur Afrillita, T. (2013). Analisis SWOT dalam menentukan strategi pemasaran sepeda motor pada PT. Samekarindo Indah di Samarinda. Jurnal Administrasi Bisnis, 1(1), 56-70.

Dana, P. P. G. W., Siwantara, I. W., & Prayustika, P. A. (2022). STRATEGI PEMASARAN KENDARAAN MITSUBISHI BERDASARKAN ANALISIS SWOT PADA PT SUN STAR MOTOR BADUNG (Doctoral dissertation, Politeknik Negeri Bali).

Untari, S. N., Djaja, S., & Widodo, J. (2018). Strategi Pemasaran Mobil Merek Daihatsu Pada Dealer Daihatsu Jember. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 82-88.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Rahmani, R., Prihandoyo, C. ., Indriastuty, N., & Tangke Rante, N. T. (2024). PENERAPAN ANALISIS SWOT DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN UNIT REKONDISI ALAT BERAT MERK KOMATSU PADA PT.PAMAPERSADA NUSANTARA DISTTRIK BALIKPAPAN. Jurnal GeoEkonomi, 15(1.2024), 391–400. https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v15i1.2024.498

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>