Kualitas Pelayanan Hotel Le Grandeur Balikpapan Terhadap Kepuasan Pelanggan
DOI:
https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v10i2.62Keywords:
quality service, customer satisfactionAbstract
Begitu pesatnya pertumbuhan jumlah hotel di kota Balikpapan mulai dari hotel melati hingga ke hotel berbintang menyebabkan para pengusaha yang bergerak dibidang perhotelan harus mampu membaca serta menganalisa persaingan dan strategi pesaing benar-benar harus diamati agar eksistensi dan keberadaan hotel dapat terjaga serta tingkat market share tidak menurun. Dalam bisnis atau usaha perhotelan maka pelayanan adalah merupakan suatu hal yang sangat erat kaitannya terhadap keberhasilan suatu hotel. Pelayanan dimaksud adalah merupakan sesuatu yang diberikan oleh pihak hotel baik fasilitas hotel yang ditawarkan maupun dalam bentuk servis yang berbentuk seperti snack, minuman, sabun, pasta gigi, handuk dan lain-lain maupun pelayanan yang langsung diberikan oleh karyawan dalam bentuk perhatian serta keterampilan, pengetahuan serta kecepatan memberikan pelayanan. Oleh karena ingin mengetahui kualitas pelayanan jasa yang seperti apa yang dapat memberikan kepuasan kepada pelanggannya sehingga penelitian ini dilakukan. Dapat dikatakan bahwa tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan jasa seperti kehandalan, daya tanggap, kepastian, empati, dan berwujud terhadap kepuasan pelanggan. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji regresi linier berganda dimana dalam metode ini dapat mengetahui pengaruh kualitas pelayanan jasa terhadap kepuasan pelanggan Hotel Le Grandeur Balikpapan secara simultan maupun secara parsial.
Downloads
References
Hariyanto, D., & Untarini, N. (2014). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Hotel JW Marriot Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen. Vol. 2. No. 4, 1759-1769.
Hasan, A. (2008). Manajemen Pemasaran dan Marketing. Bandung: Alfabeta.
Kotler, P. (2010). Manajemen Pemasaran. Jilid I dan Jilid II. Jakarta: PT. Indeks.
Lubis, M. S. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Arumas Hotel Lubuk Sikaping. Apresiasi Ekonomi, 77-85.
Lumpiyoadi, R., & Hamdani, A. (2009). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Prihandoyo, C. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN JNE CABANG BALIKPAPAN. Jurnal GeoEkonomi, 10(1), 116-129. Retrieved from https://fem.uniba-bpn.ac.id/jurnal/index.php/geoekonomi/article/view/59
Purnamawati, E. (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Grapari Telkomsel Samarinda. Jurnal Manajemen Pemasaran.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharto, A. (2014). Analisis Dimensi Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Laboratorium Parahita Diagnostic Center Cabang Jember. Jurnal Manajemen Pemasaran.
Sulatiyono, A. (2008). Teknik dan Prosedur Divisi Kamar pada Bidang Hotel . Bandung: Alfabeta.
Suryadharma, I. W., & Nurcahya, I. K. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pada Kepuasan Pelanggan Hotel Bintang Pesona di Denpasar Timur. E-Jurnal Manajemen Unud, ISSN: 2302-8912, 930-942.
Umboh, V. J., & Mandey, S. L. (2014). Analisis Kualitas Jasa Layanan Pengaruhnya terhadap Kepuasan Nasabah pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Teling. Jurnal Manajemen Pemasaran.
Utami, I. A., & Jatra, I. M. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Baruna Sanur. Jurnal Manajemen Pemasaran.
Yadi, E. S. (2015). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Family Fitnes di Samarinda. Jurnal Manajemen Pemasaran.