PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL MEREK TOYOTA DI KOTA BALIKPAPAN

Authors

  • Sukimin Universitas Balikpapan
  • Nina Indriastuty Universitas Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v12i2.162

Keywords:

Kualitas Produk; Harga; Promosi; Keputusan Pembelian

Abstract

Karakteristik konsumen otomotif Indonesia yang cenderung sangat konsumtif merupakan salah satu alasan produsen otomotif dunia menyerbu pasar Indonesia. Selain itu, perkembangan otomotif yang berkembang pesat selama beberapa tahun terakhir ini membuat persaingan antara produk-produk kendaraan bermotor, baik dalam bentuk, jenis dan merek beraneka ragam menyebabkan produsen berusaha untuk mengembangkan produk yang lebih cocok sesuai dengan kebutuhan dan permintaan pasar Indonesia. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah ingin mengetahui pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Mobil Merek Toyota di Kota Balikpapan. Sampel penelitian ini sebanyak 242 responden dengan menggunakan rumus dari Isaac dan Michael, merupakan pembeli mobil merek Toyota. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dan diolah menggunakan SPSS versi 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terbukti Kualitas Produk, Harga dan Promosi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Mobil Merek Toyota di Kota Balikpapan. Promosi mempunyai pengaruh yang dominan terhadap Keputusan Pembelian Mobil Merek Toyota di Kota Balikpapan. Disarankan agar pihak manajemen Toyota dapat meningkatkan pelayanan pada fasilitas yang disediakan untuk konsumen Toyota saat melakukan service mobil atau pada saat melakukan kunjungan ke showroom dealer Toyota di Kota Balikpapan dengan kata lain produsen harus meningkatkan pelayanan kepada konsumen saat sebelum dan sesudah mereka membeli mobil merek Toyota.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20. Semarang: Universitas Diponegoro.

Hermansyur, H. M., & Aditi, B. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Citra merek, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Merek Honda di Kota Medan. Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen, Vol. 3, No. 1, 32-43.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Principle of Marketing. Edisi 14. New Jersey: Prentice-Hall Published.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management. Edisi 14. New Jersey: Prentice-Hall Published.

Oentoro, D. (2012). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: LaksbBang PRESSindo.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sunyoto. (2014). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi, dan Kasus). Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service).

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (4th ed.). Yogyakarta: Andi Offset.

Watriningsi, & Carlos, A. S. (2021, Maret). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor. Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol. 1, No. 1, 14-26.

Widyasmoro, P. A., & Suryoko, S. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Merek Toyota Sienta di PT. Nasmoco Gombel Semarang. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 9, No. 4, 431-438.

Downloads

Published

2021-09-30

How to Cite

Sukimin, S., & Indriastuty, N. (2021). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL MEREK TOYOTA DI KOTA BALIKPAPAN. Jurnal GeoEkonomi, 12(2), 194–204. https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v12i2.162

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)