PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL MEREK TOYOTA DI KOTA BALIKPAPAN
DOI:
https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v12i2.162Keywords:
Kualitas Produk; Harga; Promosi; Keputusan PembelianAbstract
Karakteristik konsumen otomotif Indonesia yang cenderung sangat konsumtif merupakan salah satu alasan produsen otomotif dunia menyerbu pasar Indonesia. Selain itu, perkembangan otomotif yang berkembang pesat selama beberapa tahun terakhir ini membuat persaingan antara produk-produk kendaraan bermotor, baik dalam bentuk, jenis dan merek beraneka ragam menyebabkan produsen berusaha untuk mengembangkan produk yang lebih cocok sesuai dengan kebutuhan dan permintaan pasar Indonesia. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah ingin mengetahui pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Mobil Merek Toyota di Kota Balikpapan. Sampel penelitian ini sebanyak 242 responden dengan menggunakan rumus dari Isaac dan Michael, merupakan pembeli mobil merek Toyota. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dan diolah menggunakan SPSS versi 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terbukti Kualitas Produk, Harga dan Promosi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Mobil Merek Toyota di Kota Balikpapan. Promosi mempunyai pengaruh yang dominan terhadap Keputusan Pembelian Mobil Merek Toyota di Kota Balikpapan. Disarankan agar pihak manajemen Toyota dapat meningkatkan pelayanan pada fasilitas yang disediakan untuk konsumen Toyota saat melakukan service mobil atau pada saat melakukan kunjungan ke showroom dealer Toyota di Kota Balikpapan dengan kata lain produsen harus meningkatkan pelayanan kepada konsumen saat sebelum dan sesudah mereka membeli mobil merek Toyota.
Downloads
References
Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20. Semarang: Universitas Diponegoro.
Hermansyur, H. M., & Aditi, B. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Citra merek, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Merek Honda di Kota Medan. Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen, Vol. 3, No. 1, 32-43.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Principle of Marketing. Edisi 14. New Jersey: Prentice-Hall Published.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management. Edisi 14. New Jersey: Prentice-Hall Published.
Oentoro, D. (2012). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: LaksbBang PRESSindo.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Sunyoto. (2014). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi, dan Kasus). Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service).
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (4th ed.). Yogyakarta: Andi Offset.
Watriningsi, & Carlos, A. S. (2021, Maret). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor. Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol. 1, No. 1, 14-26.
Widyasmoro, P. A., & Suryoko, S. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Merek Toyota Sienta di PT. Nasmoco Gombel Semarang. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 9, No. 4, 431-438.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
You are free to:
Share - copy and redistribute the materials in any medium or format for any purpose, even for commercial purposes.
Adapt - compose, change and develop the material for any purpose, even for commercial purposes.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
With the following conditions:
Attribution - you must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes have been made. You may do so in a reasonable manner, but not in any way that suggests that the licensor endorses you or your use.
No additional restrictions - You may not implement legal provisions or technological measures that legally restrict others from doing anything permitted by the license.
Notice:
You do not have to comply with the license for elements of the material that are in the public domain or where your use is permitted by an applicable exclusion or restriction.
No warranties are given. This license may not grant all the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.