PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KRIPIK SHINGKONG SHIDDIQ LESTARI DI KOTA BALIKPAPAN

Authors

  • Cornelius Prihandoyo Universitas Balikpapan
  • Abdianur Universitas Balikpapan
  • sukimin Universitas Balikpapan
  • Dimas Nugroho Universitas Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v13i1.190

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Bauran Pemasaran yang dimana dalam penelitian ini terdiri dari Kualitas Produk, Harga, Tempat dan Promosi baik secara simultan maupun parsial terhadap Keputusan Pembelian. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pengumpulan data melalui pengumpulan kuesioner, wawancara, observasi dan juga didukung oleh data sekunder. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik Nonprobability Sampling yang terdiri dari 85 responden. Penelitian ini menggunakan beberapa metode analisis antara lain; uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, hipotesis diuji dengan uji F dan uji t. Hasil uji F menunjukkan bahwa Kualitas Produk , Harga, Tempat dan Promosi memiliki pengaruh signifikan secara simultan terhadap Keputusan Pembelian. Sementara itu dalam uji t Kualitas Produk, Harga dan Promosi memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian secara parsial tetapi Tempat  tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Candra, Y., Sari, D. P., & Ismail, W. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Sale Pisang Purwobakti Muaro Bungo. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 1(2), 122–138. Https://Doi.Org/10.31933/Jimt.V1i2.53

Ghassani, N., & Suyono. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Kacang Edamame Oleh Konsumen Rumah Tangga Pada Pasar Swalayan. FOKUS : Publikasi Ilmiah Untuk Mahasiswa, Staf Pengajar Dan Alumni Universitas Kapuas Sintang., 11(2), 167–181. Https://Doi.Org/10.51826/Fokus.V16i2.214

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (9th Ed.). Undip.

Gondokesumo, R. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Wisatawan Backpacker Dalam Memilih Sebuah Hostel Di Bali. Hospitality Dan Manajemen Jasa, 6(2006), 552–570.

Gozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (Edisi 9). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, J. F., Hitam, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2014). Analisis Data Multivariat (Edisi Ketu). Pearsoon Education Limited.

Helfani, R., & Pohan, H. A. (2021). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Gas Cng Untuk Kendaraan Bbg Di Kota Palembang. Yonetim: Jurnal Manajemen Dakwah, 1(1), 62–78. Https://Doi.Org/10.19109/Yonetim.V1i1.9147

Hilmi, R. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Pada 212 Mart Banjarmasin. Jurnal Mitra Manajemen, 4(4), 550–565. Https://Doi.Org/10.52160/Ejmm.V4i4.363

Kaltimprov. (2021). Menyelamatkan UMKM Di Tengah Kepungan Pandemi. Https://Kaltimprov.Go.Id/Berita/Menyelamatkan-Umkm-Di-Tengah-Kepungan-Pandemi

Khairat, M. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Rest Area Sasayya Kabupaten Bantaeng.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Ke 13). Penerbit Erlangga.

Musfar, F. T. (2020). Manajemen Pemasaran : Bauran Pemasaran Sebagain Materi Pokok Dalam Manajemen Pemasaran (Ke-1). CV. Media Sains Indonesia.

Nasruddin, R., & Haq, I. (2020). Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Dan Masyarakat Berpenghasilan Rendah. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(7). Https://Doi.Org/10.15408/Sjsbs.V7i7.15569

Nur Amalia, M., Panji, D., & Rizky Luthfian, R. S. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Keripik Kentang. 15(2012), 323–332.

Rohman, R., Hariyanto, D., & Kurniasari, F. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Honda Pada PMD Astra Motor Air Upas. Jurnal Produktivitas, 5(2). Https://Doi.Org/10.29406/Jpr.V5i2.1447

Siagian, A. O., & Cahyono, Y. (2021). Strategi Pemulihan Pemasaran UMKM Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Sektor Ekonomi Kreatif. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 206–217. Https://Doi.Org/10.47233/Jiteksis.V3i1.212

ST.MT, I., & Izzah, N. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Carrefour GKB Gresik. Matrik, 21(2), 127. Https://Doi.Org/10.30587/Matrik.V21i2.1663

Sugiyono. (2014). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Penerbit Alfabeta.

Tabelessy, W. (2021). Pengaruh Desain Produk , Harga , Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Rumahan Buket Bunga Victoria Di Kota Ambon. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 2(2), 89–97.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (Andi (Ed.); Edisi 2).

Widjaja, Y. R., & Rahmat, F. D. J. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Rumh Makan Kampoeng Sawah Kabupaten Bandung. Ekspansi, 9(1), 71–95.

Downloads

Published

2022-03-31

How to Cite

Prihandoyo, C., Abdianur, A., sukimin, sukimin, & Nugroho, D. (2022). PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KRIPIK SHINGKONG SHIDDIQ LESTARI DI KOTA BALIKPAPAN. Jurnal GeoEkonomi, 13(1), 67–78. https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v13i1.190

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)