PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MASKER ORGANIK ALBAMASK PADA STORE WARZUQNISHOP BALIKPAPAN

Authors

  • Nina Indriastuty Universitas Balikpapan
  • Sukimin Universitas Balikpapan
  • Sarmila Chayrunina Universitas Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v14i1.259

Keywords:

produk;, harga, tempat, promosi, keputusan pembelian

Abstract

Industri perawatan pribadi dan kosmetik di Indonesia mengalami persaingan yang sangat kompetitif. Hal ini terbukti dengan adanya sejumlah produk perawatan pribadi dan kosmetik yang beredar di pasar berasal dari banyak produsen. Teknologi dan saluran distribusi yang memudahkan produk sampai ke tangan konsumen juga turut mendukung persaingan dalam industri ini. Sehingga sangatlah mungkin produk yang dapat memenuhi kebutuhan akan kesehatan tubuh dan wajah konsumen serta memberikan hasil yang memuaskan, menjadi unggul di pasar industri tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh secara simultan dan secara parsial variabel produk, harga, tempat dan promosi terhadap keputusan pembelian masker organik Albamask di Store Warzuqnishop Balikpapan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif ekspanatori. Jumlah sampel dalam penelitian ini 172 orang konsumen Store Warzuqnishop Balikpapan. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah probability sampling dan metode simple random sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Alat uji yang digunakan adalah uji instrumen, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk, harga, tempat dan promosi yang ada di perusahaan sudah baik sehingga keputusan pembelian meningkat. Hasil analisis linier berganda menunjukkan bahwa secara simultan dan secara parsial produk, harga, tempat dan promosi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambarwati, M., & Budhi, S. (2018). Pengaruh Produk, Harga, Promosi dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Oriflame. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 7(8), 1-16.

Ambarwati, M., & Satrio, B. (2018). Pengaruh Produk, Harga, Promosi dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Oriflame. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 7(8), 1-16.

Assauri, S. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

BPOM Registered✨ (@tacaskincare). (2022, June 17). Instagram photos and videos. Retrieved from https://www.instagram.com/tacaskincare/

Brilliant Skincare Balikpapan (@dipi_beautystore). (2022, June 17). Instagram photos and videos. Retrieved from https://www.instagram.com/dipi_beautystore/

Fuad, M., Nurbaya, S., & Amirullah. (2017). Pengantar Bisnis. Surabaya: Indomedia Pustaka.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Harahap, I. A., & Hidayat, W. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Masker Wajah Mustika Ratu (Studi Kasus Pada Konsumen Kec. Tembalang Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(3), 107-115.

Indriantoro, N., & Supomo, B. (2014). Metodelogi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen (Cetakan Keenam ed.). Yogyakarta: BPFE.

Izanah, A., & Widiartono. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah (Studi pada Mahasiswi FISIP Universitas Diponegoro). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), IX(3), 259-267.

Kasmir. (2017). Kewirausahaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran (12th ed., Vol. 1 dan 2). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management, 15th Edition. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Lestari, R. D. (2020). Pengaruh Marketing Mix Tehadap Keputusan Pembelian Produk Di Larissa Aesthetic Center Cabang Kapten Ismail Kota Tegal.

Make-Up,Skincare,Acc (@queensya.store). (2022, June 17). Instagram photos and videos. Retrieved from https://www.instagram.com/queensya.store/

Meilano, Y., & Hidayat, R. (2020). Analisis Pengaruh Customer Engagement dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skind Aesthetic. EProceedings, 6(2), pp. 886-893.

Mukarromah, & Suyono. (2021). Pengaruh Produk, Harga, Promosi dan Tempat Terhadap Keputusan Pembelian Produk Salon Kecantikan (Studi Pada Rumah Cantik Arlova Di Kec. Blega Kab. Bangkalan). Jurnal Kajian Ilmu Manajemen (JKIM), 1(1), 98-105.

Prawiji, S. E., & Agustin, S. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pond’S. Jurnal Ilmu dan Riset.

Priyatno, D. (2017). Mandiri Belajar Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta: Mediakom.

Rossalin, V. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah di Palembang. Braz Dent J, 33(1), 1-12.

Siregar, J. L., Purba, P. Y., Simanjuntak, D. C., Halim, R., & Tanama, J. (2019). Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Novage Pada PT Orindo Alam Ayu (Oriflame Swedan) Medan. Jurnal AKRAB JUARA, 4(1).

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Suhardi. (2018). Pengantar Manajemen dan Aplikasinya. Yogyakarta: Gava Media.

Tjiptono, F. (2016). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: CV.Andi.

Tjiptono, F., & Diana, A. (2016). Pemasaran Esensi dan Aplikasi. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Downloads

Published

2023-03-16

How to Cite

Indriastuty, N., Sukimin, S., & Chayrunina, S. (2023). PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MASKER ORGANIK ALBAMASK PADA STORE WARZUQNISHOP BALIKPAPAN. Jurnal GeoEkonomi, 14(1), 39–50. https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v14i1.259

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)