ANALISIS DAYA TARIK WISATA, PERSEPSI HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT BERKUNJUNG ULANG DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

(Studi pada Pantai Manggar Segara Sari Balikpapan)

  • Nina Indriastuty Universitas Balikpapan
  • Wahyu Eko Saputro Universitas Balikpapan
  • Sukimin Sukimin Universitas Balikpapan
Keywords: Daya tarik wisata, Persepsi harga, Kualitas pelayanan, Kepuasan konsumen, Minat berkunjung ulang

Abstract

Pantai Manggar Segara Sari merupakan objek wisata yang dikelola oleh Pemerintah Kota Balikpapan. Penelitian ini memiliki beberapa tujuan antara lain,  untuk menganalisis daya tarik wisata terhadap kepuasan konsumen, untuk menganalisis persepsi harga terhadap kepuasan konsumen, untuk menganalisis kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen, untuk menganalisis daya tarik wisata terhadap minat berkunjung ulang, untuk menganalisis persepsi harga terhadap minat berkunjung ulang, untuk menganalisis kualitas pelayanan terhadap minat berkunjung ulang, dan terakhir, untuk menganalisis daya tarik wisata, persepsi harga, dan kualitas pelayanan terhadap minat berkunjung ulang melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening di Pantai Manggar Segara Sari Balikpapan. Metode penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dengan metode analisis deskriptif dan verifikatif, serta menggunakan Analisis Jalur (Path Analysis) pada uji Regresinya. Hasil pengujian hipotesis adalah daya tarik wisata terbukti ada pengaruh positif tetapi tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, daya tarik wisata ada pengaruh negatif terhadap minat berkunjung ulang sehingga hipotesis tidak terbukti, daya tarik wisata melalui kepuasan konsumen berpengaruh positif terhadap minat berkunjung ulang, persepsi harga dan kualitas pelayanan terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, persepsi harga terbukti berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap minat berkunjung ulang, kualitas pelayanan terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung ulang, daya tarik wisata, persepsi harga, dan kualitas pelayanan terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, daya tarik wisata, persepsi harga, dan kualitas pelayanan melalui kepuasan konsumen terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung ulang di Pantai Manggar Segara Sari Balikpapan.

References

Amir, F. (2012). Skripsi. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Pada PT. Hasjrat Abadi Di Makassar, Hal 1-84.
Arikunto. (2010). Prosedur penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT.Rineka Cipta.
Aryadhe, P. (2016). E-Jurnal Manajemen Unud. Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Niat Beli Ulang di PT AGUNG TOYOTA Denpasar, Vol. 5, No.9, ISSN : 2302-8912.
Assauri, S. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Bakar, A. (2010). Jurnal Ekonomi Manajemen. Analisis Pengaruh Customer Satisfaction, Switching Cost, dan Trust In Brand Terhadap Customer Retention , Universitas Diponegoro. Semarang.
Basiya, R., & Rozak, H. A. (2012). Dinamika Kepariwisataan. Kualitas Daya Tarik Wisata, Kepuasan Dan Niat Kunjungan Kembali Wisatawan Mancanegara Di Jawa Tengah, Vol. 11, No. 2.
Dahmiri. (2010). Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Jambi. Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Membeli Perumahan Griya Kembar Lestari Di Kota Jambi Vol. 2, No. 1, Januari-Juni, ISSN: 2085-0972., Vol. 2, No. 1, ISSN: 2085-0972.
Damayanti, D. (2014). Jurnal Manajemen Pemasaran. Pengaruh Experience Quality Terhadap Customer Loyalty Dengan Perceived Value Dan Brand Image Sebagai Variabel Intervening Di De Soematra 1910 Surabaya, Vol. 8, No. 2.
Dantes, N. (2012). Metode Penelitian. Yogyakarta: ANDY.
Darmadi, H. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.
Dayaksini, Y. T. (2008). Psikologi Lintas Budaya. Malang: Edisi Revisi : UMM Press.
Dewi, A. D. (2013). Journal of Social and Industrial Psychology. Studi Komparasi Faktor-Faktor Daya Tarik Interpersonal Pada Mahasiswa UNNES Yang Berpacaran Ditinjau Dari Jenis Kelamin, ISSN 2252-6838.
Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro.
Hasan, A. (2013). Marketing Dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: Caps.
http://Tu.laporanPenelitian.com. (2018).
http://Tu.LaporanPenelitian.com. (2018).
Irawan, A. (2017). Skripsi. Analisis Pengaruh Daya Tarik Wisata, Persepsi Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening, Hal.1-88.
Kalebos, F. (2016). Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Wisatawan yang Berkunjung Ke Daerah WIsata Kepulauan, Vol. 4,No. 3, Edisi Khusus Pemasaran & Keuangan 2016: Hal: 489-502.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2014). Principle Of Marketing . New Jersey Pearson Prentice Hall : 15th Edition.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Edisi 15th Edition, Pearson Education, Inc.
Kuncoro, M. (2013). Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Bagaimana Meneliti dan Menulis Tesis. Jakarta: Erlanga.
Lupyoadi, R. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa. jakarta: Salemba Empat, Edisi 3.
Mastuti, E. T. (2010). Riset Manajemen dan Akuntansi. Pengaruh Persepsi Kualitas Layanan dan Kepusan Konsumen Terhadap Pembelian Kembali Konsumen Pada Hypermart Solo Grand Mall Dengan Persepsi Penanganan Keluhan Sebagai Variabel Pemediasi, Vol. 1, No. 2 E.
Nurlestari, A. F. (2016). Jurnal Pariwisata. Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Niat Kunjungan Ulang Wisatawan Dengan Kepuasan Wisatawan Sebagai Variabel Intervening Pada Taman Safari Indonesia Cisarua Bogor, Hal. 1-9.
Olson, P. L., & Jr, J. D. (2011). Marketing Management: Knowledge and Skills . New York: McGraw-Hill.
Olson, P., & Jerry, C. (2010). Consumer Behavior and Marketing Strategy. New York, USA: Mc Graw Hill: 9th Edition.
Pangestuti, E. (2017). Jurnal Administrasi Bisnis. Pengaruh Daya Tarik Wisata Dan Fasilitas Layanan Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Pantai Balekambang Kabupaten Malang, Vol. 51, No. 2.
Parmin. (2017). Jurnal Bisnis dan Manajemen (IMBA). Pengaruh Service Quality dan Fasilitas Terhadap Minat Berobat Kembali Melalui Kepuasan Pasien Sebagai Variabel Intervening di RSUD dr. Soedirman Kebumen, Vol.5 No.2 Hal. 122-136 ISSN:2338-9729.
Pasolong, H. (2010). Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.
Patricia, N. L., & Handayani, S. (2014). Jurnal Psikologi . Pengaruh Gaya Hidup Hedonis Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Pramugari Maskapai Penerbangan “X” , Vol. 12, No. 1.
Payangan, O. (2014). Pemasaran Jasa Pariwisata. Bandung: IPB Press.
Purnomo, H. (2011). Artikel Ilmiah. Pengaruh Faktor Individual Wisatawan dan Kinerja Bauran Pemasaran terhadap Nilai Jasa Pariwisata Alam, Vol. XVII, (1): 10-16, ISSN: 2087-0469.
Ramadhan, F. A. (2016). Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Pengaruh Produk, Harga, Lokasi Dan Promosi Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen, Vol. 5, No. 1.
Samosir, C. B. (November 2015). Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis. Pengaruh Persepsi Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk ENERVON-C, Vol. 1, No. 3.
Samsudin, S. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Pustaka Setia.
Sayangbati, D. P. (n.d.). Sayangbatti, D. P. (2013). Jurnal Nasional Pariwisata. Motivasi dan Persepsi Wisatawan Tentang Daya Tarik Destinasi Terhadap Minat Kunjungan Kembali Di Kota Wisata Batu, Vol. 5, No. 2, Hal. 126-136.
Sayangbatti, D. P. (2013). Jurnal Nasional Pariwisata. Motivasi dan Persepsi Wisatawan Tentang Daya Tarik Destinasi Terhadap Minat Kunjungan Kembali Di Kota Wisata Batu, Vol. 5, No. 2, Hal. 126-136.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sopyan. (2015). Skripsi. Analisis Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Ulang Pengunjung dengan Kepuasan Pengunjung Sebagai Variabel Intervening, Hal. 1-44.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suwardi. (2011). Menuju Kepuasan Pelanggan Melalui Penciptaan Kualitas Pelayanan. Semarang: Politeknik Negeri Semarang.
Swastha, B., & Irawan. (2008). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty Offset.
Tjiptono, F. (2011). Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2011). Service Quality Satisfaction. Yogyakarta: Andy.
Usman, H. (2011). Metodologi Penelitian Sosial. Bumi Aksara, Edisi 2.
Vanesia, L. H., & Yurike. (2015). E-Journal WIDYA Ekonomika. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Maskapai Penerbangan Tiger Air Mandala, Vol. 1, No. 1.
Wardhana, G. W. (2015). Jurnal Ilmiah Go Infotech. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pengunjung Kraton Kasunan Surakarta Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening, Vol.12 No.1 ISSN:1693-590x.
Widianto, I. (2015). Diponegoro Journal Of Management. Anteseden Minat Berkunjung Ulang, Vol. 4, No. 2, Hal. 1-9.
Wijaya, T. (2011). Manajemen Kualitas Jasa. Jakarta: PT. Indeks.
www.cnnindonesia.com. (2018).
www.disporabudpar-bpn.com. (2018).
www.ekowisata.org. (2018).
www.id.wikipedia.org. (2018).
www.kalimantan.bisnis.com. (2018).
www.kaltim.tribunnews.com. (2018).
www.kompasiana.com. (2018).
Zaenuri, M. (2012). Perencanaan Strategis Kepariwisataan Daerah Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: e-Gov Publishing ISBN 978-602-19897-0-8.
Published
2020-03-30
How to Cite
Indriastuty, N., Wahyu Eko Saputro, & Sukimin, S. (2020). ANALISIS DAYA TARIK WISATA, PERSEPSI HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT BERKUNJUNG ULANG DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING . Jurnal GeoEkonomi, 11(1), 56-73. https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v11i1.108
Section
Articles