PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN JNE CABANG BALIKPAPAN

Authors

  • Cornelius Prihandoyo Universitas Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v10i1.59

Keywords:

Bentuk Fisik, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan, Empati, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan jasa terhadap kepuasan pelanggan  JNE di Balikpapan  dimana jasa pengiriman seperti ini sudah semakin banyak pesaingnya. Penelitian ini menggunakan  Purposive Sampling  dan pada tahap analisis akan digunakan uji validitas  dan uji reabilitas  yang selanjutnya uji hipotesis menggunakan regresi linier berganda  serta dilakukan uji asumsi klasik. Berdasarkan hasil uji simultan bahwa variabel bebas yang meliputi kepuasan yaitu Bentuk Fisik, Kehandalan , Daya Tanggap , Jaminan, Empati secara bersama sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan JNE cabang Balikpapan karena Fhitung lebih besar dari Ftabel . Dan berdasarkan uji parsial bahwa variabel Daya Tanggap mempunyai pengaruh yang dominan terhadap kepuasan pelanggan JNE Cabang Balikpapan, karena Daya Tanggap mempunyai thitung lebih besar dari ttabel   dan paling besar daripada variabel lainnya

Downloads

Download data is not yet available.

References

A, Parasuraman. 2003. The Behavioral Consequenses of ServiceQuality, Jurnal Of Marketing
Achmad, Sani Supriyanto, San Masyhuri, Machfud. 2010. Metodologi Riset Sumber Daya Manusia. Cetakan Kesatu, Malang : Penerbit UIN-Maliki Press.
Alghifari. 2002. Analisis Regresi, Teori, Kasus dan Solusi Edisi Pertama. Penerbit BPFE. Yogyakarta.
Annafi Masruri & Supriyatin (2013) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya. Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Vol. 4, No 7 ISSN 2302-89XX.
Aviliani, R dan Wilfridus, L. 1997. Membangun Kepuasan Pelanggan Melalui Kualitas Pelayanan . Usahawan, No.5
Basu, Swastha dan Irawan. 2005. Asas- Asas Marketing. Liberty. Yogyakarta.
Djaslim Saladin. 2007. Manajemen Pemasaran. Penerbit Linda Karya. Bandung.
Fandy, Tjiptono. 2000. Perspektif Manajemen dan Pemasaran Kontemporer.
ANDI. Jakarta.
Freddy, Rangkuti. 2004. The Power Of Brands, Teknik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Merk. Gramedia Pustaka. Jakarta.
Gulo, W. Metodologi Penelitian. Penerbit Buku Grasindo. Jakarta.
H. As, Mahmoedin. 2010 Melacak Kredit Bermasalah. Pustaka Sinar Harapan.
Cetakan Pertama. Jakarta.
Herawati, N., & Nur Qomariah. (2015). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AUB Surakarta. Pengaruh Kualitas Pelayanan Puskesmas Terhadap Kepuasan Pasien Pengguna Kartu Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Surakarta (PKMS) di Surakarta Vol 2. No.2 ISSN 2337-523X
Jumiyati. & Christiawan Hendratmoko.(2014).STIE Surakarta. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen di Indomaret Tawangsari Sukoharjo Vol. 33 ISSN 2088-6594
Kotler dan Keller, 2012, Marketing Management Edisi 14, Global Edition.

Pearson Hall.
Kotler Philip dkk, 2012, Manajemen Pemasaran Perspektif Asia, Buku Dua, Edisi Pertama, Andy, Yogyakarta
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2012. Prinsip- Prinsip Pemasaran. Edisi 13.Jilid 1
Erlangga. Jakarta.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management, Thirteenth Edition. Terjemahan Bob Sabran. Dengan Penerbit Erlangga. Jakarta.
Kotler, Philip.2007. ManajemenPemasaran:Analisis,Perencanaan,Implementasi,dan Kontrol. Jakarta : PT. Prehallindo
Lupiyoadi, Rambat & A. Hamdani. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta:
Salemba.
Lupiyoadi, Rambat 2001. Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktik.
Salemba Empat. Jakarta.
Moenir, 2005, Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Jakarta, Bumi Aksara.
Putri. (2014). Fakultas Ilmu Terapan, Universitas Telkom. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT JNE Perwakilan Kawaluyaan ISSN : 2252-8520.
Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.
________. 2009. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.
________Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung :Alfabeta.
Tjiptono, Fandy.2001.StrategiPemasaran.EdisiPertama.Andi Ofset.Yogyakarta.
Umar, Husein, 2005. Metode Riset Perilaku Konsumen Jasa. Jakarta : Ghalia Indonesia.
Yoan Santosa Putra (2015). Fakultas Ekonomi, Universitas Kanjuruhan Malang.
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Parkiran (Study Pada Mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang)” ISSN: 2337-56xx..

Downloads

Published

2019-03-31

How to Cite

Prihandoyo, C. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN JNE CABANG BALIKPAPAN. Jurnal GeoEkonomi, 10(1), 116–129. https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v10i1.59

Issue

Section

Articles