PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN JNE CABANG BALIKPAPAN
DOI:
https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v10i1.59Keywords:
Bentuk Fisik, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan, Empati, Kepuasan PelangganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan jasa terhadap kepuasan pelanggan JNE di Balikpapan dimana jasa pengiriman seperti ini sudah semakin banyak pesaingnya. Penelitian ini menggunakan Purposive Sampling dan pada tahap analisis akan digunakan uji validitas dan uji reabilitas yang selanjutnya uji hipotesis menggunakan regresi linier berganda serta dilakukan uji asumsi klasik. Berdasarkan hasil uji simultan bahwa variabel bebas yang meliputi kepuasan yaitu Bentuk Fisik, Kehandalan , Daya Tanggap , Jaminan, Empati secara bersama sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan JNE cabang Balikpapan karena Fhitung lebih besar dari Ftabel . Dan berdasarkan uji parsial bahwa variabel Daya Tanggap mempunyai pengaruh yang dominan terhadap kepuasan pelanggan JNE Cabang Balikpapan, karena Daya Tanggap mempunyai thitung lebih besar dari ttabel dan paling besar daripada variabel lainnya
Downloads
References
Achmad, Sani Supriyanto, San Masyhuri, Machfud. 2010. Metodologi Riset Sumber Daya Manusia. Cetakan Kesatu, Malang : Penerbit UIN-Maliki Press.
Alghifari. 2002. Analisis Regresi, Teori, Kasus dan Solusi Edisi Pertama. Penerbit BPFE. Yogyakarta.
Annafi Masruri & Supriyatin (2013) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya. Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Vol. 4, No 7 ISSN 2302-89XX.
Aviliani, R dan Wilfridus, L. 1997. Membangun Kepuasan Pelanggan Melalui Kualitas Pelayanan . Usahawan, No.5
Basu, Swastha dan Irawan. 2005. Asas- Asas Marketing. Liberty. Yogyakarta.
Djaslim Saladin. 2007. Manajemen Pemasaran. Penerbit Linda Karya. Bandung.
Fandy, Tjiptono. 2000. Perspektif Manajemen dan Pemasaran Kontemporer.
ANDI. Jakarta.
Freddy, Rangkuti. 2004. The Power Of Brands, Teknik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Merk. Gramedia Pustaka. Jakarta.
Gulo, W. Metodologi Penelitian. Penerbit Buku Grasindo. Jakarta.
H. As, Mahmoedin. 2010 Melacak Kredit Bermasalah. Pustaka Sinar Harapan.
Cetakan Pertama. Jakarta.
Herawati, N., & Nur Qomariah. (2015). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AUB Surakarta. Pengaruh Kualitas Pelayanan Puskesmas Terhadap Kepuasan Pasien Pengguna Kartu Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Surakarta (PKMS) di Surakarta Vol 2. No.2 ISSN 2337-523X
Jumiyati. & Christiawan Hendratmoko.(2014).STIE Surakarta. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen di Indomaret Tawangsari Sukoharjo Vol. 33 ISSN 2088-6594
Kotler dan Keller, 2012, Marketing Management Edisi 14, Global Edition.
Pearson Hall.
Kotler Philip dkk, 2012, Manajemen Pemasaran Perspektif Asia, Buku Dua, Edisi Pertama, Andy, Yogyakarta
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2012. Prinsip- Prinsip Pemasaran. Edisi 13.Jilid 1
Erlangga. Jakarta.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management, Thirteenth Edition. Terjemahan Bob Sabran. Dengan Penerbit Erlangga. Jakarta.
Kotler, Philip.2007. ManajemenPemasaran:Analisis,Perencanaan,Implementasi,dan Kontrol. Jakarta : PT. Prehallindo
Lupiyoadi, Rambat & A. Hamdani. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta:
Salemba.
Lupiyoadi, Rambat 2001. Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktik.
Salemba Empat. Jakarta.
Moenir, 2005, Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Jakarta, Bumi Aksara.
Putri. (2014). Fakultas Ilmu Terapan, Universitas Telkom. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT JNE Perwakilan Kawaluyaan ISSN : 2252-8520.
Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.
________. 2009. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.
________Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung :Alfabeta.
Tjiptono, Fandy.2001.StrategiPemasaran.EdisiPertama.Andi Ofset.Yogyakarta.
Umar, Husein, 2005. Metode Riset Perilaku Konsumen Jasa. Jakarta : Ghalia Indonesia.
Yoan Santosa Putra (2015). Fakultas Ekonomi, Universitas Kanjuruhan Malang.
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Parkiran (Study Pada Mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang)” ISSN: 2337-56xx..
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
You are free to:
Share - copy and redistribute the materials in any medium or format for any purpose, even for commercial purposes.
Adapt - compose, change and develop the material for any purpose, even for commercial purposes.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
With the following conditions:
Attribution - you must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes have been made. You may do so in a reasonable manner, but not in any way that suggests that the licensor endorses you or your use.
No additional restrictions - You may not implement legal provisions or technological measures that legally restrict others from doing anything permitted by the license.
Notice:
You do not have to comply with the license for elements of the material that are in the public domain or where your use is permitted by an applicable exclusion or restriction.
No warranties are given. This license may not grant all the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.