TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN LANGKAH KOPI BALIKPAPAN DIPENGARUHI KUALITAS PELAYANAN
DOI:
https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v14i2.325Keywords:
Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, Customer SatisfactionAbstract
Dunia bisnis yang sedang berkembang pesat di Indonesia memiliki banyak jenis kuliner, salah satunya adalah cafe. Banyaknya pebisnis dalam bidang ini bisa dikatakan persaingan bisnis juga semakin ketat. Hal ini dapat dilihat dari persaingan cafe yang semakin ketat dikarenakan cafe sudah menjadi lifestyle bagi kebanyakan orang dijaman sekarang, dengan menyediakan tempat dengan desain interior yang menarik serta menawarkan suasana yang nyaman dan menyenangkan. Serta menyediakan berbagai macam konsep seperti alunan musik jazz dan sejarah tentang pembuatan kopi yang menarik minat beli pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan pelanggan pada Langkah Kopi Balikpapan dengan responden yang diteliti sebanyak 311 orang. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data melalui observasi dan penyebaran kuesioner melalui google form. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui pengaruh hubungan antar variabel bebas dengan variabel terikatnya adalah analisis linier berganda dengan melakukan uji instrumen, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis parsial (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan seperti bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kepuasan pelanggan di Langkah Kopi Balikpapan.
Downloads
References
Abram, T. B., & Mangindaan, J. V. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Cafe Kapal Bitung. administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id, 4(1), 1-5.
Andhikasari, R. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pada Kepuasan Pelanggan Mabar & Game Coffee. Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(2), 152-160.
Assauri, S. (2018). Manajemen Bisnis Pemasaran. Depok: Rajawali Pers.
Bago, R., Sutardjo, A., & Anggraini, M. D. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Cafe ELS Coffee Di Padang. Jurnal Matua, Vol. 4 No. 2, 4(2), 215-226.
Choiroh, N. J., & Saino. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasa Konsumen Pada Milk Me Cafe. 1-13.
Daga, R. (2017). Citra, Kualitas Produk Dan Kepuasan Pelanggan. Gowa, Sul-Sel: Global RCI.
Devi, P. O., & Yusuf, R. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Massa Coffee Shop Bandung. Jurnal of Economics and Business, 6(1), 228.
Dinar, S. A., & Yosepha, S. Y. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Usaha Bisnis Kuliner Cafe. Jurnal Manajemen Bisnis Vol.1 No.1, 1, 34-38.
Dr. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif, dan R&D. Bandung.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IMB SPSS 25. Semarang.
Keller, K. (2021). Intisari Manajemen Pemasaran Edisi Keenam. Yogyakarta: Andi Offset.
Lupiyoadi, R. (2016). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi Edisi 3. Jakarta: Penerbitan Salemba Empat.
Mariansyah, A., & Syarif, A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Kosumen Cafe Kabalu. Jurnal Ilmiah Bina Manajemen, 1(01), 1-14.
Meithiana, I. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya, Jawa Timur.
Nagara Y., A., Purnamawati, E., & Suryadi, A. (2020). Analisis Peningkatan Kualitas Pelayanan Dengan Metode Servqual Dan Triz (Studi Kasus Pada Cafe XYZ). Jurnal Manajemen Industri dan Teknologi, 76-86.
Risma, Muhyadin, S., & Pratiwi, I. E. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Resto & Cafe Rumah Laut Jayapura. Jurnal Kajian Ekonomi dan Perbankan Syariah Vol.1 No. 1, 1-23.
Setyawati, R. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen Pada Cafe Just 4 Fun Balikpapan. Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Manajemen, 57-63.
Suparyanto, & Rosad. (2015). Manajemen Pemasaran. Bogor: In Media.
Terenggana, C. A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Kedai Kopi Aceh Di Kota Palembang. Ekonomi, Keuangan, Investasi dan Syariah (Ekuitas), 3(2), 193-202.
Tersiana, A. (2018). Metode Penelitian. Yogyakarta.
Tjiptono, F. (2017). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.
Waluyowati, N. P., & Bustomi, M. I. (2022). Kualitas Pelayanan Terhadap Kualitas Pelanggan Coffee Shop. Jurnal Manajemen Pemasaran dan Perilaku Konsumen, 01(1), 13-18.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal GeoEkonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
You are free to:
Share - copy and redistribute the materials in any medium or format for any purpose, even for commercial purposes.
Adapt - compose, change and develop the material for any purpose, even for commercial purposes.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
With the following conditions:
Attribution - you must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes have been made. You may do so in a reasonable manner, but not in any way that suggests that the licensor endorses you or your use.
No additional restrictions - You may not implement legal provisions or technological measures that legally restrict others from doing anything permitted by the license.
Notice:
You do not have to comply with the license for elements of the material that are in the public domain or where your use is permitted by an applicable exclusion or restriction.
No warranties are given. This license may not grant all the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.