PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KRIPIK SHINGKONG SHIDDIQ LESTARI DI KOTA BALIKPAPAN
DOI:
https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v13i1.190Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Bauran Pemasaran yang dimana dalam penelitian ini terdiri dari Kualitas Produk, Harga, Tempat dan Promosi baik secara simultan maupun parsial terhadap Keputusan Pembelian. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pengumpulan data melalui pengumpulan kuesioner, wawancara, observasi dan juga didukung oleh data sekunder. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik Nonprobability Sampling yang terdiri dari 85 responden. Penelitian ini menggunakan beberapa metode analisis antara lain; uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, hipotesis diuji dengan uji F dan uji t. Hasil uji F menunjukkan bahwa Kualitas Produk , Harga, Tempat dan Promosi memiliki pengaruh signifikan secara simultan terhadap Keputusan Pembelian. Sementara itu dalam uji t Kualitas Produk, Harga dan Promosi memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian secara parsial tetapi Tempat tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian.
Downloads
References
Candra, Y., Sari, D. P., & Ismail, W. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Sale Pisang Purwobakti Muaro Bungo. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 1(2), 122–138. Https://Doi.Org/10.31933/Jimt.V1i2.53
Ghassani, N., & Suyono. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Kacang Edamame Oleh Konsumen Rumah Tangga Pada Pasar Swalayan. FOKUS : Publikasi Ilmiah Untuk Mahasiswa, Staf Pengajar Dan Alumni Universitas Kapuas Sintang., 11(2), 167–181. Https://Doi.Org/10.51826/Fokus.V16i2.214
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (9th Ed.). Undip.
Gondokesumo, R. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Wisatawan Backpacker Dalam Memilih Sebuah Hostel Di Bali. Hospitality Dan Manajemen Jasa, 6(2006), 552–570.
Gozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (Edisi 9). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hair, J. F., Hitam, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2014). Analisis Data Multivariat (Edisi Ketu). Pearsoon Education Limited.
Helfani, R., & Pohan, H. A. (2021). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Gas Cng Untuk Kendaraan Bbg Di Kota Palembang. Yonetim: Jurnal Manajemen Dakwah, 1(1), 62–78. Https://Doi.Org/10.19109/Yonetim.V1i1.9147
Hilmi, R. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Pada 212 Mart Banjarmasin. Jurnal Mitra Manajemen, 4(4), 550–565. Https://Doi.Org/10.52160/Ejmm.V4i4.363
Kaltimprov. (2021). Menyelamatkan UMKM Di Tengah Kepungan Pandemi. Https://Kaltimprov.Go.Id/Berita/Menyelamatkan-Umkm-Di-Tengah-Kepungan-Pandemi
Khairat, M. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Rest Area Sasayya Kabupaten Bantaeng.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Ke 13). Penerbit Erlangga.
Musfar, F. T. (2020). Manajemen Pemasaran : Bauran Pemasaran Sebagain Materi Pokok Dalam Manajemen Pemasaran (Ke-1). CV. Media Sains Indonesia.
Nasruddin, R., & Haq, I. (2020). Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Dan Masyarakat Berpenghasilan Rendah. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(7). Https://Doi.Org/10.15408/Sjsbs.V7i7.15569
Nur Amalia, M., Panji, D., & Rizky Luthfian, R. S. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Keripik Kentang. 15(2012), 323–332.
Rohman, R., Hariyanto, D., & Kurniasari, F. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Honda Pada PMD Astra Motor Air Upas. Jurnal Produktivitas, 5(2). Https://Doi.Org/10.29406/Jpr.V5i2.1447
Siagian, A. O., & Cahyono, Y. (2021). Strategi Pemulihan Pemasaran UMKM Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Sektor Ekonomi Kreatif. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 206–217. Https://Doi.Org/10.47233/Jiteksis.V3i1.212
ST.MT, I., & Izzah, N. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Carrefour GKB Gresik. Matrik, 21(2), 127. Https://Doi.Org/10.30587/Matrik.V21i2.1663
Sugiyono. (2014). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Penerbit Alfabeta.
Tabelessy, W. (2021). Pengaruh Desain Produk , Harga , Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Rumahan Buket Bunga Victoria Di Kota Ambon. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 2(2), 89–97.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (Andi (Ed.); Edisi 2).
Widjaja, Y. R., & Rahmat, F. D. J. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Rumh Makan Kampoeng Sawah Kabupaten Bandung. Ekspansi, 9(1), 71–95.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
You are free to:
Share - copy and redistribute the materials in any medium or format for any purpose, even for commercial purposes.
Adapt - compose, change and develop the material for any purpose, even for commercial purposes.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
With the following conditions:
Attribution - you must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes have been made. You may do so in a reasonable manner, but not in any way that suggests that the licensor endorses you or your use.
No additional restrictions - You may not implement legal provisions or technological measures that legally restrict others from doing anything permitted by the license.
Notice:
You do not have to comply with the license for elements of the material that are in the public domain or where your use is permitted by an applicable exclusion or restriction.
No warranties are given. This license may not grant all the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.