Pengaruh Kompetensi Profesional Guru, Motivasi Kerja, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Smk Negeri 2 Penajam Paser Utara
DOI:
https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v9i2.23Keywords:
Motivasi Kerja, Disiplin Kerja, Kinerja, Kompetensi Profesional GuruAbstract
Penelitian ini menggunakan sampel 60 responden. Ada tiga variabel yang dikaji dalam penelitian ini yaitu kompetensi profesional guru, motivasi kerja, disiplin kerja, dan kinerja guru. Metode pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan komputer program SPSS v23 for windows.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang diperoleh. terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi profesional guru, motivasi kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja guru, serta kompetensi professional guru yang berpengaruh dominan terhadap kinerja guru. Dari hasil secara simultan dan parsial yang berarti model regresi tersebut signifikan
Downloads
References
Ariani, Misna & Desi. 2018. The Importance of Teacher Performance: Case Study of Elementary School In West Balikpapan. Advances in Economics, Business and Management Research. Volume 35. Part of series: AEBMR, ISSN: 2352-5428. Publisher: ATLANTIS PRESS. Australia.
https://www.atlantis-press.com/proceedings/miceb-17/25892413
Baihaqi, M. I. (2015). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Ma Ma'Arif Selorejo Blitar. FKIP Universitas Islam Blitar Vol.7 No.2 ISSN:2445-2355.
Barnawi, & Arifin, M. (2012). Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Barnawi, & Arifin, M. (2014). Kinerja Guru Profesional: Instrumen Pembinaan Peningkatan dan penilaian. Yogyakarta: AR-RUZZ Media.
Bungawan, & Syafarudin. (2016). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru SMKN 7 Makassar. Jurnal Competitiveness Vo.10 No.2 ISSN:1978-3035.
Danim, S. (2010). Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Dessler, G. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Kesepuluh Jilid Satu. Jakarta Barat: PT. Indeks.
Dewi, T. A. (2015). Pengaruh Profesionalisme Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Ekonomi SMA Se-Kota Malang. Vol.3 No.1 ISSN: 2442-9449.
Ghozali, I. (2013). Analisis Mulltivariate dengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hadiyatno, D. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan pertama. Surakarta: Yuma Pustaka.
Hamalik, O. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, O. (2014). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Hani, H. T. (2011). Manajemen. Edisi Kedua. Yogyakarta: BPEE.
Hasibuan, M. S. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasibuan, M. S. (2009). Manajemen: Dasar, Pengertian Dan Masalah. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Idris, M., & Marno. (2009). Strategi dan Metode Pengajaran. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Jamaris, M. (2013). Orientasi dalam Pikologi Pendidikan. Bogor: Galia Indonesia.
Kadarisman, M. (2012). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Raja Gravindo Persada.
Khoiri, H. (2010). Jitu dan Mudah Lulus Sertifikasi Guru. Yogyakarta: Bening.
Kompri. (2014). Manajemen Sekolah: Teori dan Praktik. Bandung: ALFABETA.
Mangkunegara, A. P. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Roskadarya.
Payong, M. R. (2011). Sertifikasi Profesi Guru: Konsep Dasar, Problematika, dan Implementasinya. Jakarta: Indeks.
Priansa, D. J. (2014). Kinerja Dan Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabeta.
Priyatno, D. (2009). 5 Jam Belajar Olah Data dengan SPSS 17. Yogyakarta: Andi.
Rivai, V., & Sagala, E. J. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan: dari Teori Ke Praktik. Jakarta: Rajawali Pers.
Rahmah, N. Z. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja Dan Kompetensi Guru SD Negeri Se-Kecamatan Martapura Barat Kabupaten banjar. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Vol.3 No.2 ISSN:2442-4560. (e-journal.stiepancasetia.ac.id).
Rachmawati, T. (2013). Penilaian Kinerja Profesi Guru Dan Angka Kreditnya. Yogyakarta: Gava Media.
Sagala, S. (2009). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kpeendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sari, A. R. (2013). Hubungan Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru (Studi Pada SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta). Jurnal Program Sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
Siagian, S. P. (2012). Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudirman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sunyoto, D. (2015). Penelitian Sumberdaya Manusia. Jakarta: PT. Buku Seru.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Cetakan Ke-3. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Cetakan ke-22. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, A. (2010). Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Surya, M. (2014). Psikologi Guru: Konsep dan Aplikasi. Bandung: ALFABETA.
Suparno, & Sudarwati. (2014). Pengaruh Motivasi, Disiplin Kerja Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Sragen. Jurnal Paradigma Vol.12 No.01 ISSN:1693-0827.
Supardi. (2013). Kinerja Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Sutrisno, E. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Turangan, J. K. (2017). Pengaruh Kompetensi, Disiplin Kerja Dan Profesionalisme Terhadap Kinerja Guru Di SMA Negeri 1 Manado. Jurnal EMBA Vol.5 No.2 ISSN:2303-1174.
Uno, Hamzah B dan Nina Lamatenggo. (2012). Teori Kinerja dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara
Uno, Hamzah B dan Nina Lamatenggo. (2013). Teori Motivasi Dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Usman, M. U. (2011). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Wibowo. (2011). Manajemen Kinerja Edisi Ketiga. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Winardi. (2011). Motivasi dan Permotivasian Dalam Manajemen. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Yamin, M., & Maisah. (2010). Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Gaung Persada Press.
Undang-undang Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru.
Undang-undang Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Pasal 28. Tentang Guru Dan Dosen.
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen.
Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
You are free to:
Share - copy and redistribute the materials in any medium or format for any purpose, even for commercial purposes.
Adapt - compose, change and develop the material for any purpose, even for commercial purposes.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
With the following conditions:
Attribution - you must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes have been made. You may do so in a reasonable manner, but not in any way that suggests that the licensor endorses you or your use.
No additional restrictions - You may not implement legal provisions or technological measures that legally restrict others from doing anything permitted by the license.
Notice:
You do not have to comply with the license for elements of the material that are in the public domain or where your use is permitted by an applicable exclusion or restriction.
No warranties are given. This license may not grant all the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.