The ANALISIS FAKTOR SOSIAL, BUDAYA, PRIBADI DAN PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MODESHOP BALIKPAPAN

Authors

  • Marlindawaty STIE Madani Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v13i2.211

Keywords:

Sosial, Budaya, Pribadi, Psikologis, Keputusan Pembelian

Abstract

This research aims to analyze social, cultural, personal and psychological variables on purchasing decisions. Method of data collection through the distribution of questionnaires to all consumers who shop at Modeshop Balikpapan as the object of this research. Non probability sampling technique with a sample size of 100 respondents. This type of research is descriptive quantitative using classical assumption test and multiple linear regression through SPSS.V.20 statistical test tool. The results of this research, simultaneously social, cultural, personal and psychological variables influence to purchasing decisions at Modeshop Balikpapan and partially, personal  variables have a significant and dominant influence on consumer purchasing decisions at Modeshop Balikpapan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Marlindawaty, STIE Madani Balikpapan

STIE Madani Balikpapan

References

Abdullah, Tamrin dan Francis Tantri. 2015. Manajemen Pemasaran. Edisi pertama. Cetakan keempat. Rajawali Pers. Jakarta.

Adim, Chairul. 2020. Analisis Faktor Budaya, Sosial, Pribadi Dan Psikologis Terhadap Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Pada Butik Yulia Grace. Jurnal Pendidikan Tambusai 4 (1) : 239-247.

Bachdar, Sausan. 2019. Pengaruh Faktor Sosial, Faktor Pribadi, Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Pasar Pandn Sari Balikpapan. Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Madani Balikpapan (STIE Madani). Balikpapan.

Ghozali, imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Edisi tujuh. Universtitas Diponegoro. Semarang.

Harianto, Rudy Pudjut. 2017. Panduan Praktis SPSS Untuk Penelitian. Cetakan pertama. Heart & Soul Media Aksara. Balikpapan.

Irwan, Andi Muhammad. 2019. Pengaruh Faktor Psikologis, Pribadi, Sosial Dan Budaya Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Secaraonline (Studi Kasus Pada Konsumen PT. Lazada Indonesia di Kota Makassar). Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen 1 (2) : 164-176.

Kotler, P., dan K.L Keller. 2009. Marketing Management. Thirteenth Edition. Pearson Educations. Terjemahan B. Sabran. Manajemen Pemasaran. Edisi ketigabelas. Jilid 1. Erlangga. Jakarta.

Nisya, Khoirun dan Akhmad Baidun. 2013. Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Terhadap Keputusan Membeli Busana Muslimah Modern. Journal of Psychology 2 (1) : 119-136.

Nurwahyulia. 2017. Analisis Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Matahari Department Store Balikpapan Super Blok. Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Madani Balikpapan (STIE Madani). Balikpapan.

Peberita, Zea dan Rosmayani. 2015. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Membeli Produk Oriflame Pada Pt. Orindo Alam Ayu Cabang Pekanbaru. Jurnal Valuta 1 (2) : 269-284.

Poernomo, Umi Dwi dan Nury Ariani Wulansari. 2015. Pengaruh Konflik Antara Pekerjaan Keluarga Pada Kinerja Karyawan Dengan Kelelahan Emosional Sebagai Variabel Pemediasi. Jurnal Management Analysis 4 (3) : 2252-6552.

Pratiwi, Ketut Indah dan Kastawan Mandala. 2015. Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi, Psikologis, Dan Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Kebaya Bordir Pada Jegeg Ayu Boutique Di Kuta. E-Jurnal Manajemen Unud 4 (11) : 3619-3645.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian dan Pengembangan. Cetakan Kesatu. Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Cetakan Keduapuluhtiga. Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. 2016. Statistik Untuk Penelitian. Cetakan Keduapuluhtujuh. Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Cetakan ke-26. Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Cetakan Kesatu. Alfabeta. Bandung.

Suharno, dan Yudi Sutarso. 2010. Marketing in Practice. Cetakan kesatu. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Sunyoto, Danang. 2014. Konsep Dasar Riset Pemasaran Dan Perilaku Konsumen. Cetakan ke-2. CAPS. Yogyakarta.

Umar, Husein. 2013. Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis. Edisi Kedua. Rajawali pers. Jakarta.

Downloads

Published

2022-09-27

How to Cite

Linda, M. (2022). The ANALISIS FAKTOR SOSIAL, BUDAYA, PRIBADI DAN PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MODESHOP BALIKPAPAN . Jurnal GeoEkonomi, 13(2), 236–244. https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v13i2.211

Issue

Section

Articles