KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRATIF PUBLIK DI KELURAHAN SEPINGGAN RAYA KOTA BALIKPAPAN

Authors

  • Marlindawaty Linda STIE Madani Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v11i2.124

Keywords:

Service, Quality of Service, Public Administrative

Abstract

The goal to be achieved through this research is to find out and analyze how far the impact of the transfer of some tasks from Kelurahan Sepinggan Raya to The Department of Population and Civil Registration (DISDUKCAPIL) on the quality of services provided which results in satisfaction or not community members of the services provided by The Kelurahan Sepinggan Raya. The type of this research is quantitative descriptive with the method of data analysis techniques frequency table and Likert scale 4 points. Data collection was carried out through the distribution of questionnaires to 97 respondents. The results showed that in general the quality of public administrative services in Kelurahan Sepinggan Raya Balikpapan using the theory proposed by Payne regarding human resources, service processes and facilities and infrastructure was better but not yet optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Marlindawaty Linda, STIE Madani Balikpapan

Program Studi Manajemen STIE Madani Balikpapan | marlinda@stiemadani.ac.id

References

A.Batinggi dan Badu Ahmad. 2013. Manajemen Pelayanan Publik. Yogyakarta : CV. Andi Offset.

Bilgah. 2018. Pengaruh Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Dinas Perhubungan Kota Depok. Cakrawala. Vol. 17, No.2 (117-122)

Halim, Abdul dan Kusufi, Muhammad Syam. 2014. Teori, Konsep dan Aplikasi Sektor Publik Dari Anggaran Hingga Laporan Keuangan, Dari Pemerintah Hingga Tempat Ibadah. Edisi Kedua. Jakarta : Salemba Empat.

Hardiansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta : Gava Media.

Ibrahim, Amin. 2008. Teori dan Konsep Pelayanan Publik serta Implementasinya. Jakarta : Mandar Maju.

Jasfar, Farida. 2009. Manajemen Jasa Pendekatan Terpadu. Cetakan Kedua. Bogor : Ghalia Indonesia.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lan. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketigabelas. Jakarta : Erlangga.

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Ketiga. Jakarta : Salemba Empat.

Nawawi, Zaidan. 2015. Manajemen Pemerintahan. Cetakan Kedua. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.

Nawawi, Juanda. 2012. Desentralisasi dan Kinerja Pelayanan Publik.

Ratminto dan Winarsih, Atik Septi. 2014. Manajemen Pelayanan Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizen’s Charter Dan Standar Pelayanan Minimal. Cetakan Keduabelas. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Samudri. A. 2017. Kualitas Pelayanan E-KTP di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Makassar. Universitas Hasanuddin. Makassar.

Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Edisi Kesatu. Yogyakarta : ANDI.

Septiany. S. R., Maksudi B. I., Purnamasari I. 2016. Kualitas Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik di Kecamatan Cisarua Kabupaten Bogor. Jurnal Governansi. Vol. 2, No.1 (31-41). Bogor.

Singarimbun. M, Sofian. E. 1995. Metode Penelitian Survey. Jakarta : LP3ES.

Sudaryono. 2017. Metode Penelitian. Cetakan Kesatu. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Cetakan Ketiga. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian dan Pengembangan. Cetakan Kesatu. Bandung : Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratna. 2015. Metode Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Cetakan Kesatu. Yogyakarta : PUSTAKABARUPRESS.

Sunyoto, Danang. 2014. Konsep Dasar Riset Pemasaran Dan Perilaku Konsumen. Cetakan Kesatu. Yogyakarta : Buku seru.

Tjiptono, Fandy. 2019. Pemasaran Jasa Prinsip, Penerapan Dan Penelitian. Edisi Terbaru. Yogyakarta : ANDI.

Tjiptono, Fandy., Chandra, Gregorius. 2016. Service, Quality dan Satisfaction. Edisi Keempat. Yogyakarta : ANDI.

Downloads

Published

2020-09-29

How to Cite

Linda, M. (2020). KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRATIF PUBLIK DI KELURAHAN SEPINGGAN RAYA KOTA BALIKPAPAN. Jurnal GeoEkonomi, 11(2), 229–240. https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v11i2.124

Issue

Section

Articles