ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMUNGUTAN PAJAK REKLAME DI BADAN PENGELOLAAN PAJAK DAERAH KOTA PALEMBANG
Pajak Reklame, Pemungutan Pajak
DOI:
https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v14i1.261Keywords:
Pajak Reklame, Pemungutan PajakAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pemungutan Pajak Reklame di Badan Pengelolaan Pajak Daerah Kota Palembang Efektif/ tidak Efektif. Populasi dalam penelitian ini adalah laporan target dan realisasi penerimaan pajak daerah di Badan Pengelolaan Pajak Daerah Kota Palembang Periode 2015-2021. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dan studi pustaka, sampel yang digunakan laporan target dan realisasi penerimaan pajak Periode 2019-2021. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode Analisis Komparatif. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan metode kuantitatif, dimana proses menganalisa perhitungan yang telah dilakukan Badan Pengelolaan Pajak Daerah Kota Palembang terkait tentang pemungutan pajak reklame yang efektif/tidak efektif. Hasil pembahasan dapat diketahui bahwa pemungutan pajak reklame di Badan Pengelolaan Pajak Daerah Kota Palembang sudah terealisasi dengan baik. Berdalsalrkaln halsil perhitungaln ralsio efektifitals dalri talhun 2019-2021 penerimalaln paljalk reklalme yalng salngalt efektif aldallalh paldal talhun 2021 dengaln persentalse 127,44 % (salngalt efektif). Halsil ini menunjukaln balhwal talrget yalng direallisalsikaln oleh pemerintalh telalh tercalpali balhkaln melebihi dalri talrget yalng diinginkaln. Paldal 2019 penerimalaln paljalk reklalme efektif dengaln persentalse 97,81 %. Sedalngkaln penerimalaln paljalk reklalme yalng tidalk efektif aldallalh paldal talhun 2020 dengaln persentalse 61,03% (tidalk efektif). Halsil ini menunjukaln balnwal paldal talhun 2020 reallisalsi belum mencalpali talrget yalng dinginkaln
Downloads
References
D.jaenuri, A. (2012). Hubungan Keuangan Pusat Daerah. Jakarta: Indonesia Ghalia
Delima, P., Rismansyah, R., & Nurmala, N. (2022). Pengaruh Penerimaan Pajak Air Permukaan Terhadap Pendapatan Asli Daerah Pada Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sumatera Selatan. Jurnal Media Akuntansi (Mediasi), 4(2), 248-262.
Hadidia, N. (2013). ANALISIS RASIO EFEKTIVITAS PAJAK PENERANGAN JALAN TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH KOTA PALEMBANG. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 9(4), 46-63.
Mardiasmo. (2016). Pajak dan Perapajakan. Yogyakarta: TMBooks.
Peraturan Daerah Kota Palembang Nomor 14 Tahun 2010 tentang Pajak Reklame
Peraturan Walikota Palembang Nomor 18 Tahun 2013 tentang Persyaratan Mekanisme dan Prosedur Penerapan Pemungutan Pajak Reklame
Rahayu, S. K. (2017). Perpajakan Konsep dan Aspek Formal. Bandung: Rekayasa Sains.
Resmi, S. (2019). Perpajakan Teori & Kasus. Jakarta: Salemba Empat.
Ramadani, A. (2015). MEKANISME PEMBAYARAN DAN PENAGIHAN PAJAK AIR TANAH DI DINAS PENDAPATAN DAERAH KOTA PEKANBARU (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&d. Bandung: Alfabeta.
SE, N. H., & SE, R. (2016). ANALISIS RASIO EFEKTIVITAS PAJAK PENERANGAN JALAN TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH KOTA PALEMBANG. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 9(4).
SE, Rismansyah; SE, Maman Suryaman. ANALISIS KONTRIBUSI PAJAK REKLAME DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) DI KABUPATEN OGAN ILIR. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 2016,
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2010 tentang Pajak Reklame Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara
Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah sebagai Perubahan dari Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2000 dan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 1997
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal GeoEkonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
You are free to:
Share - copy and redistribute the materials in any medium or format for any purpose, even for commercial purposes.
Adapt - compose, change and develop the material for any purpose, even for commercial purposes.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
With the following conditions:
Attribution - you must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes have been made. You may do so in a reasonable manner, but not in any way that suggests that the licensor endorses you or your use.
No additional restrictions - You may not implement legal provisions or technological measures that legally restrict others from doing anything permitted by the license.
Notice:
You do not have to comply with the license for elements of the material that are in the public domain or where your use is permitted by an applicable exclusion or restriction.
No warranties are given. This license may not grant all the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.