ANALISIS PENGARUH PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA CV. HARWI PRATAMA

  • Rahajeng Cahyaning Putri Cipto STIE Madani Balikpapan
  • Yulian Puspita Huda STIE Madani Balikpapan
Keywords: product, price, promotion, costumer loyalty

Abstract

This study aims to determine and analyze whether there is an influence of product, price, promotion and location to customer’s loyalty in CV. Harwi Pratama. The research method used descriptive quantitative research with primary data as the source of data. The sampling technique used saturated samples so that the number of samples is the total population which are 89 respondents and the data was processed with SPSS 20 program. Data analysis techniques in this study consisted of F test, t test and multiple linear regression analysis test. The result of research are : (1) product, price, and promotion influence the costumer loyalty simultaneously in CV. Harwi Pratama, (2) the product not influence the costumer loyalty partially, but  price and promotion are influence the consumer loyalty partially in CV. Harwi Pratama, (3) among product, price, and promotion, the price is the most influence the costumer loyalty in CV. Harwi Pratama.

References

Abdullah dan Tantri, Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Anggia, Tulandi Riry, Lotje Kawet, dan Imelda Ogi. 2015. Analisis Pengaruh Strategi Promosi, Harga dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Konsumen Surat Kabar Manado Post. Jurnal EMBA 3 (2). 1041-1050.
Boral, USG. 2016. Produk Jayaboard. https://www.usgboral.com/in_id/. Diakses pada tanggal 20 Oktober 2017, pukul 11.15 WITA.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 23. Undip. Semarang.
Hasan, Ali. 2008. Marketing. Yogyakarta: MedPress.
Kakasih S.CH., S.L. Mandey., dan W.J. F.A Tumbuan. 2014. Produk, Harga, Promosi dan Filosofi Terhadap Loyalitas Konsumen Meubel Bambu Batik Tekun Jaya di Kabupaten Kepulauan Sangihe. Jurnal EMBA 2 (3). 379-388.
Kalsiboard. 2016. Produk Kalsiboard. http://kalsi.co.id/id/kategori-produk/kalsi/. Diakses pada tanggal 20 Oktober 2017, pukul 11.15 WITA.
Kotler, Philip dan Kevin L. Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Indeks.
Kurnia, Eddy. 2013. Customer Is Change. Jakarta: Buku Republika.
Marsono, Shandy, Budhi Poniman, dan Endang Saryanti. 2015. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyatitas Konsumen Pada Pasar Tradisional di Kota Surakarta. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Perbankan 1 (1).
Murwani, Danardana. 2007. Faktor-Faktor Penentu Loyalitas Pembeli pada Supermarket Go Publik di Kota Malang. Jurnal Ekonomi.
Priyatno, Duwi. 2012. Belajar Cepat Olah Data Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: Andi.
Priyatno, Duwi. 2014. SPSS 22 Pengolah Data Terpraktis. Yogyakarta: Andi.
Oetomo, H. Widi, dan Diasari S. Setya. 2016. Pengaruh Harga, Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen 5 (12).

Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi.
Selang, Christian A.D. 2013. Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Fresh Mart Bahu Mall Manado. Jurnal EMBA 1 (3). 71-80.
Sopiah dan Syihabudhin. 2008. Bisnis Ritel. Yogyakarta: Andi.
Subroto, Budiarto. 2011. Pemasaran Industri. Yogyakarta: Andi.
Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran. Tangerang: Andi.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Manajemen. Cetakan Kedelapan. Bandung: Alfabeta.
. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Method). Cetakan Keempat. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, Wiratna. 2015. SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Sunyoto, Danang. 2012. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CAPS.
Tjiptono, Fandy, dan G. Chandra. 2012. Pemasaran Strategik. Edisi Kedua. Yogyakarta : Andi.
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi Ketiga. Yogyakarta: Andi.
Umar, Husein. 2013. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Edisi ke dua. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Wijayanto, Bebet, Apriatni Endang P., dan Sari Listyorini. 2013. Pengaruh Bauran Ritel Terhadap Loyalitas Konsumen di Supermarket Sri Ratu Peterongan. Diponegoro Journal of Social and Politic. 1-10.
Published
2020-03-30
How to Cite
Cipto, R. C. P., & Puspita Huda, Y. (2020). ANALISIS PENGARUH PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA CV. HARWI PRATAMA. Jurnal GeoEkonomi, 11(1), 16-30. https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v11i1.105
Section
Articles