PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEINGINAN BERPINDAH PENGGUNA JASA LAYANAN RUMAH KOS DI JATIMULYO MALANG DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIATING
DOI:
https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v12i1.145Keywords:
Service Quality, Customer Satisfaction, Switching IntentionAbstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar kualitas layanan berpengaruh terhadap keinginan berpindah (switching intention) mahasiswa pengguna rumah kos di Jatimulyo Malang dengan variabel kepuasan sebagai variabel mediating. Jumlah sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan metode purposive sampling sebanyak 100 responden. Dari hasil analisis, diperoleh kesimpulan bahwa kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa pengguna rumah kos di Jatimulyo Malang. Kualitas layanaan juga berpengaruh signifikan terhadap keinginan berpindah, tetapi variabel kepuasan tidak dapat digunakan sebagai variabel mediating untuk menjelaskan pengaruh kualitas layanan terhadap keinginan berpindah pengguna jasa layanan rumah kos di Jatimulyo Malang.
Downloads
References
Ariani, Y. P. 2014. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Perpindahan Merek Dengan Reference Group Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus pada Pengguna Provider Indosat M3 di Kota Semarang). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia. Vol. XIII No. 2. September 2014
Arif. 2007. Pemasaran Jasa dan Kualitas Pelayanan. Bayumedia Publishing. Malang
Atmawati dan Wahyudin. 2005. Analisa Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Matahari Departemen Store Solo Grand Mall. Surakarta : Jurnal Daya Saing, Program MM-UMS
Bansal, et.al. 2005. Migrating to New Service Provider : Toward Unifying Framework of Customer’s Switching Intention. Journal oj the Academy of Marketing Science. Vol. 2
Baron, R.M. dan Kenny, D. A. 1986. The Moderator – Mediator Variabel Distinction in Social Psychological Research : Conceptual, Strategic and Statistical Concideration. Journal of Personality and Social Psychological
Chatrin dan Karlina, Sherly. 2007. Analisia Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Melakukan Brand Switching Terhadap Bread Boutique di Supermall Pakuwon Indah Surabaya. http://www.digilib.petra.ac.id/jiunkpe/s1/mpar/2007/jiunk-pe-boutique-chapter2)
Durianto. 2013. Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Cetakan Kesepuluh. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta
Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang
Jasfar, Farida . 2005. Manajemen Jasa Pendekatan Terpadu. Ghalia Indonesia. Bogor
Kotler, Philip . 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid1. Edisi Milenium. PT. Indeks Gramedia. Jakarta
Kotler, Philip . 2006. Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama. PT. Indeks Gramedia. Jakarta
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi sembilan. Jakarta: PT. Indeks.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi 13. Erlangga. Jakarta
Liza dan Carolina. 2011. Analisis Switching Intention Pengguna Jasa Layanan Kos di Siwalan Kerto Perspektif Kualitas Layanan dan Kepuasan Pelanggan. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol. 6 No. 1
Lovelock, C. Wirtz dan Mussry, Jack. 2011. Pemasaran Jasa. Edisi 7. Erlangga. Jakarta
Malhotra, N.K., 2009, Riset Pemasaran, Edisi Keempat, Jilid 1, PT Indeks, Jakarta
Malik, Ehsan dan Naeem, Basharat. 2011. Role of Spiritualin Job of Satisfaction and Organozational Commitment Among Faculty of Institutes of Higher Learning in Pakistan. African Journal of Business Management. Vol. 5
Nasution, M.N., 2005, Manajemen Mutu Terpadu, Edisi Kedua, Ghalia Indonesia, Bogor
Parasuraman, Zeithaml, V dan Malhotra, A. 2005. E-S-QUAL : A Multiple-Item Scale for Assesing Electronic Service Quality. Journal of Service Research, Vol. 7
Roos, Edvarsson dan Gustafsson. 2004. Customer Club in a Relationship Perspective : A Telecom Care, Managing Service Quality. Journal Scientific Research
Saladin, Djaslim. 2003. Intisari Pemasaran dan Unsur-Unsur Pemasaran. Cetakan Ketiga. Linda Karya. Bandung
Saleh, A. Muwafik. 2010. Manajemen Pelayanan. Pustaka Pelajar. Jakarta
Sumarni, Murti. 2010. Pengantar Bisnis : Dasar-Dasar Ekonomi Perusahaan. Edisi 5. Liberty. Yogyakarta
Supramono dan Haryanto. 2005. Desain proposal Penelitian Studi Pemasaran. Andi Offset. Yogyakarta
Tjiptono, Fandy., 2005, Service, Quality and Satisfaction, Andi Offset, Yogyakarta
Tjiptono, Fandy., 2008, Strategi Pemasaran. Edisi Ketiga, Andi Offset. Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy. dan Chandra, Gregorius. 2012. Pemasaran Strategik. Andi Offset. Yogyakarta.
Yuliana dan Musikawati. 2007. Analisa Pengaruh Dimensi Kualitas Layanan dan Loyalitas Pelanggan (Studi pada Jasa Bengkel Sepeda Motor Yogyakarta). Jurnal Ekonomi dan Manajemen. Vol. 8 No. 2
Zeithaml , V. 2013. Service Marketing. Mc. Graw-Hill Companies. Inc. Singapore
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
You are free to:
Share - copy and redistribute the materials in any medium or format for any purpose, even for commercial purposes.
Adapt - compose, change and develop the material for any purpose, even for commercial purposes.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
With the following conditions:
Attribution - you must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes have been made. You may do so in a reasonable manner, but not in any way that suggests that the licensor endorses you or your use.
No additional restrictions - You may not implement legal provisions or technological measures that legally restrict others from doing anything permitted by the license.
Notice:
You do not have to comply with the license for elements of the material that are in the public domain or where your use is permitted by an applicable exclusion or restriction.
No warranties are given. This license may not grant all the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.