PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEINGINAN BERPINDAH PENGGUNA JASA LAYANAN RUMAH KOS DI JATIMULYO MALANG DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIATING

Authors

  • Maqbulla Arochman Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Matheous Tamonsang Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v12i1.145

Keywords:

Service Quality, Customer Satisfaction, Switching Intention

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar kualitas layanan berpengaruh terhadap keinginan berpindah (switching intention)  mahasiswa pengguna rumah kos di Jatimulyo Malang dengan variabel kepuasan sebagai variabel mediating. Jumlah sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan metode purposive sampling sebanyak 100 responden. Dari hasil analisis, diperoleh kesimpulan bahwa kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa pengguna rumah kos di Jatimulyo Malang. Kualitas layanaan juga berpengaruh signifikan terhadap keinginan berpindah, tetapi variabel kepuasan tidak dapat digunakan sebagai variabel mediating untuk menjelaskan pengaruh kualitas layanan terhadap keinginan berpindah pengguna jasa layanan rumah kos di Jatimulyo Malang.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Maqbulla Arochman, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

References

Ariani, Y. P. 2014. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Perpindahan Merek Dengan Reference Group Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus pada Pengguna Provider Indosat M3 di Kota Semarang). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia. Vol. XIII No. 2. September 2014

Arif. 2007. Pemasaran Jasa dan Kualitas Pelayanan. Bayumedia Publishing. Malang

Atmawati dan Wahyudin. 2005. Analisa Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Matahari Departemen Store Solo Grand Mall. Surakarta : Jurnal Daya Saing, Program MM-UMS

Bansal, et.al. 2005. Migrating to New Service Provider : Toward Unifying Framework of Customer’s Switching Intention. Journal oj the Academy of Marketing Science. Vol. 2

Baron, R.M. dan Kenny, D. A. 1986. The Moderator – Mediator Variabel Distinction in Social Psychological Research : Conceptual, Strategic and Statistical Concideration. Journal of Personality and Social Psychological

Chatrin dan Karlina, Sherly. 2007. Analisia Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Melakukan Brand Switching Terhadap Bread Boutique di Supermall Pakuwon Indah Surabaya. http://www.digilib.petra.ac.id/jiunkpe/s1/mpar/2007/jiunk-pe-boutique-chapter2)

Durianto. 2013. Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Cetakan Kesepuluh. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang

Jasfar, Farida . 2005. Manajemen Jasa Pendekatan Terpadu. Ghalia Indonesia. Bogor

Kotler, Philip . 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid1. Edisi Milenium. PT. Indeks Gramedia. Jakarta

Kotler, Philip . 2006. Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama. PT. Indeks Gramedia. Jakarta

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi sembilan. Jakarta: PT. Indeks.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi 13. Erlangga. Jakarta

Liza dan Carolina. 2011. Analisis Switching Intention Pengguna Jasa Layanan Kos di Siwalan Kerto Perspektif Kualitas Layanan dan Kepuasan Pelanggan. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol. 6 No. 1

Lovelock, C. Wirtz dan Mussry, Jack. 2011. Pemasaran Jasa. Edisi 7. Erlangga. Jakarta

Malhotra, N.K., 2009, Riset Pemasaran, Edisi Keempat, Jilid 1, PT Indeks, Jakarta

Malik, Ehsan dan Naeem, Basharat. 2011. Role of Spiritualin Job of Satisfaction and Organozational Commitment Among Faculty of Institutes of Higher Learning in Pakistan. African Journal of Business Management. Vol. 5

Nasution, M.N., 2005, Manajemen Mutu Terpadu, Edisi Kedua, Ghalia Indonesia, Bogor

Parasuraman, Zeithaml, V dan Malhotra, A. 2005. E-S-QUAL : A Multiple-Item Scale for Assesing Electronic Service Quality. Journal of Service Research, Vol. 7

Roos, Edvarsson dan Gustafsson. 2004. Customer Club in a Relationship Perspective : A Telecom Care, Managing Service Quality. Journal Scientific Research

Saladin, Djaslim. 2003. Intisari Pemasaran dan Unsur-Unsur Pemasaran. Cetakan Ketiga. Linda Karya. Bandung

Saleh, A. Muwafik. 2010. Manajemen Pelayanan. Pustaka Pelajar. Jakarta

Sumarni, Murti. 2010. Pengantar Bisnis : Dasar-Dasar Ekonomi Perusahaan. Edisi 5. Liberty. Yogyakarta

Supramono dan Haryanto. 2005. Desain proposal Penelitian Studi Pemasaran. Andi Offset. Yogyakarta

Tjiptono, Fandy., 2005, Service, Quality and Satisfaction, Andi Offset, Yogyakarta

Tjiptono, Fandy., 2008, Strategi Pemasaran. Edisi Ketiga, Andi Offset. Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. dan Chandra, Gregorius. 2012. Pemasaran Strategik. Andi Offset. Yogyakarta.

Yuliana dan Musikawati. 2007. Analisa Pengaruh Dimensi Kualitas Layanan dan Loyalitas Pelanggan (Studi pada Jasa Bengkel Sepeda Motor Yogyakarta). Jurnal Ekonomi dan Manajemen. Vol. 8 No. 2

Zeithaml , V. 2013. Service Marketing. Mc. Graw-Hill Companies. Inc. Singapore

Downloads

Published

2021-03-31

How to Cite

Arochman, M., & Tamonsang, M. (2021). PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEINGINAN BERPINDAH PENGGUNA JASA LAYANAN RUMAH KOS DI JATIMULYO MALANG DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIATING. Jurnal GeoEkonomi, 12(1), 17–24. https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v12i1.145

Issue

Section

Articles