Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Bakso Mama 1 Jombang
DOI:
https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v10i2.100Keywords:
Service quality, Price, Customer satisfactionAbstract
Bakso MAMA 1 jombang adalah suatu usaha rumah makan yang sudah sangat terkenal dan berkembang cukup pesat, bisnis makanan yang berdiri sejak tahun 1982 ini hingga sekarang sudah memiliki 6 outlet anak cabang di berbagai kota di jawa timur. Hasil observasi dan wawancara tersebut peneliti tertarik untuk mengupas kualitas pelayanan dan harga yang digunakan bakso mama yang hampir 4 dekade ini tetap bisa mempertahankan usahanya, bahkan sekarang ini sudah bisa memiliki outlet cabang sebanyak 6 cabang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di bakso Mama 1 jombang, 2) pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan di bakso Mama 1 jombang, 3) pengaruh kualitas pelayanan dan harga secara bersama-sama terhadap kepuasan pelanggan di bakso Mama 1 jombang.
Penelitian ini menggunakan 2 jenis data yaitu data primer dan sekunder, metode penelitian melibatkan 2 variabel: variabel (kepuasan pelanggan) independen, dan variabel dependen (kualitas pelayanan dan harga). Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif verifikatif yaitu menggambarkan suatu benar tidaknya fakta-fakta yang ada dan serta menjelaskan hubungan antar variabel dengan pendekatan kuantitatif, sampel yang diambil sebesar 75 pelanggan.
Berdasarkan hasil penelitian variabel kualitas pelayanan dan harga berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pelanggan, yaitu sebesar 86%. Hal ini juga dapat dibuktikan dengan Fhitung >Ftabel dan nilai signifikan pada uji hipotesis sebesar (0,000<0,05). variabel kualitas pelayanan dan harga mempunyai pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini ditunjukkan dengan besarnya koefisien regresi kualitas pelayanan sebesar 0,483 atau 48,3% dan harga sebesar 0,384 atau 38,4% serta nilai signifikan kualitas pelayanan sebesar 0,000 (0,000<0,05) dan harga sebesar 0,000 (0,000<0,05).
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Daefid. 2017. Pengaruh Experiental Marketin Terhadap Loyalitas Konsumen dan Dimediasi oleh Kepuasan Konsumen pada JOS CAFÉ Jombang Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STIE PGRI DEWANTARA Jombang.
Ghozali, Imam. 2016. Apilkasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23. Semarang:Undip.
Handoko Bagus.2016. Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen di Titipan Kilat JNE Medan.Prodi Manajemen STIE Harapan Medan.Vol.17 (01).
Haryanto. Resty Avita. 2013. Strategi Promosi, Kualitas Produk, Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Restoran MC DONALD’S Manado. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulagi Manado.
Hidayat Dedi. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Kelengkapan Produk Terhadap Kepuasan Pengungjung di Gembira Loka.
Hosang Natasha dkk (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pasien (Studi Kasus Pada Rumah Sakit Siloam Manado). Universitas Sam Ratulangi. Vol.16 (1).
Kotler. Philip Dan Kevin Lane Keller. 2011. MANAJEMEN PEMASARAN. Jakarta:Indeks.
Maulana Syarif Ade. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. TOI. Universitas Esa Unggul Jakarta. Vol.7 (02).
Muzayanah Indriani Vivi. 2017. Penagaruh Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Warung Kauman Surabaya. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya. Vol.6 (12).
Normasari.Selvy dkk. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan, Citra Perusahaan dan Loyalitas Pelanggan. Fakultas Ilmu administrasi Universitas Brawijaya Malang.
Panjaitan. Efendi Januar. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada JNE Cabang Bandung. Prodi Administrasi Bisnis, Fakultas Administrasi dan Bisnis Universitas Telkom.
Prasetio Ari. 2012. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Universitas Negeri Semarang.
Priansa Donni Junni. 2017. Prilaku Konsumen Dalam Bisnis Kontemporer. Bandung:Alfabeta.
Prihandoyo, C. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan JNE Cabang Balikpapan. Jurnal GeoEkonomi, 10(1), 116-129. Retrieved from https://fem.uniba-bpn.ac.id/jurnal/index.php/geoekonomi/article/view/59
Ransulangi Silvia dkk. 2015. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Servicescape Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Rumah Makan Ocean 27 Manado. Universitas Sam Ratulangi Manado. Vol.3 (03).
Rifai. Muhamad. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Makan Ayam Geprek Spesial Sambal Korek Cabang Kediri. Universitas Nusantara PGRI Kediri. Vol.01 (03).
Safrizal.2015. Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Restoran Ayam Penyet Pak Ulis di Kota Langsa. Universitas Samudra. Vol.4 (01).
Situmeang. Sari Lina. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Istana Hot Plate Medan. Univeritas Islam Negeri Sumetera Utara.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Penerbit CV. Alfabeta Bandung.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Penerbit CV. Alfabeta Bandung.
Tjiptono. Fandy. 2014. Pemasaran Jas Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Penerbit Andi. Yogyakarta.
Wahab. Wirdayani. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pengadaian Syariah di Kota Pekanbaru. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahaputra Riau.
Wijayanto. Kusuma. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah BANK. Universitas Muhamadiyah Surakarta.
Yuliati. Ai lili. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada JNE Cabang Bandung. Prodi Administrasi Bisnis, Fakultas Administrasi dan Bisnis Universitas Telkom.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
You are free to:
Share - copy and redistribute the materials in any medium or format for any purpose, even for commercial purposes.
Adapt - compose, change and develop the material for any purpose, even for commercial purposes.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
With the following conditions:
Attribution - you must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes have been made. You may do so in a reasonable manner, but not in any way that suggests that the licensor endorses you or your use.
No additional restrictions - You may not implement legal provisions or technological measures that legally restrict others from doing anything permitted by the license.
Notice:
You do not have to comply with the license for elements of the material that are in the public domain or where your use is permitted by an applicable exclusion or restriction.
No warranties are given. This license may not grant all the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.