PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI SERUNI COFFEE BALIKPAPAN
DOI:
https://doi.org/10.36277/mreko.v3i1.373Kata Kunci:
Product, Price, Place, Promotion, People, Physical Evidence, Process, Purchase DecisionAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh secara parsial dan simultan antara variabel bauran pemasaran (produk, harga, lokasi, promosi, orang, bukti fisik, dan proses) terhadap keputusan pembelian di Seruni Coffee Balikpapan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini 373 orang konsumen yang melakukan transaksi pembelian di Seruni Coffee Balikpapan. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan accidental sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Alat uji yang digunakan adalah uji instrumen, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel produk, harga, lokasi, promosi, orang, bukti fisik, dan proses mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian baik secara parsial ataupun simultan. Variabel produk mempunyai pengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian di Seruni Coffee Balikpapan.
Referensi
Alma, B. (2019). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta.
Aryani, E., & Zanaria, Y. (2022). Analisis Perkembangan Coffee Shop Sebagai Salah Satu Peranan UMKM. Jurnal Akuntansi AKTIVA, 3(2), 139–145.
Brubahan, G., Utara, K. P., & Banyumas, K. (2021). Praktik Keruangan dan Keterasingan: Studi Warung Kopi di Kota Purwokerto, Banyumas Jawa Tengah. Indonesia Jurnal Pengem Jurnal Pengembangan Kota, 12(2), 215–230. https://doi.org/10.14710/jpk.9.2.215-230
Chasanah, U., & Prihatiningtyas, G. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Blanco Coffee Yogyakarta. Jurnal Riset Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Program Magister Manajemen, 9(2), 1–18. https://doi.org/10.32477/jrm.v9i2.369
Endang, Sugianto, & Valentino, Y. B. (2023). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kafe Cupfee di Pontianak. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 5(1).
Erlangga, R. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Kopi Pada Halu Kopinspirasi. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 3(2).
Fathurrohman, M. A. (2022). Penentuan Strategi Pengelolaan Coffee Shop di Yogyakarta dengan Mengidentifikasi Perilaku dan Karakteristik Konsumen Menggunakan Metode Association Rules dan Clustering (Studi Kasus Pada Mahasiswa Yogyakarta). Jurnal Ekonomi Industri, 4(2).
Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek. Qiara Media.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Dipnegoro.
Ismanto, J. (2020). Manajemen Pemasaran. Unpam Press.
Kauzar, D. S., & Palopo, D. (2023). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Tuuk Coffee Kota Palopo. Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Terapan , 1(1). http://ojs.inclic.org/index.php/jmet
Kotler, P., & Amstrong, G. (2018). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Salemba Empat.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Manajemen Pemasaran. PT Indeks.
Malau, H. (2018). Manajemen Pemasaran. Alfabeta.
Penalosa, K., & Mugiono. (2019). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Pada KL Express Cafe Tidar Kota Malang. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 3(1). http://radarmalang.co.id/pertumbuha
Rosita, R. D. (2020). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran 7P Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Luwak Mataram. Jurnal Ekonomi Pertanian, 2(1).
Rosita, R. D., Budiarto, & Kismantoroadji, T. (2020). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran 7P Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Luwak Mataram. Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi, 21(1), 1–9.
Saleh, M. Y., & Said, M. (2019). Konsep dan Strategi Pemasaran. CV Sah Media.
Sari, P. A. (2023). Coffee Shop Sebagai Ruang Diskusi Bagi Masyarakat Digital Untuk Meminimalisir Berkembangnya Berita Hoax Di Kota Pontianak. Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 6(1).
Satriadi, W., Hendrayani, E., Siwiyanti, L., & Nursaidah. (2021). Manajemen Pemasaran. Samudra Biru.
Shinta, A. (2020). Manajemen Pemasaran. UB Press.
Sudaryono. (2018). Pengantar Manajemen: Teori dan Kasus. CAPS (Center for Academic Publishing Service).
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suryani, C. D., & Kristiyani, D. N. (2021). Gaya Hidup Baru Kaum Muda Gemar Mengunjungi Coffee Shop (Studi Fenomenologi Pada Anak Muda Pengunjung Coffee Shop di Kota Salatiga). PRecious: Public Relations Journal, 1(2), 177–201.
Tjiptono, F., & Diana, A. (2019). Strategi Pemasaran. Andi Offset.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 MEDIA RISET EKONOMI [MR.EKO]
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Anda bebas untuk:
Membagikan - menyalin dan mendistribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun untuk tujuan apa pun, bahkan untuk tujuan komersial.
Mengadaptasi - menggubah, mengubah, dan mengembangkan materi untuk tujuan apa pun, bahkan untuk tujuan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti persyaratan lisensi.
Dengan ketentuan sebagai berikut:
Atribusi - Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan jika ada perubahan. Anda dapat melakukannya dengan cara yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
Tidak ada batasan tambahan - Anda tidak boleh menerapkan ketentuan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.
Pemberitahuan:
Anda tidak harus mematuhi lisensi untuk elemen-elemen materi yang berada dalam domain publik atau di mana penggunaan Anda diizinkan oleh pengecualian atau pembatasan yang berlaku.
Tidak ada jaminan yang diberikan. Lisensi ini mungkin tidak memberikan semua izin yang diperlukan untuk penggunaan yang Anda inginkan. Sebagai contoh, hak-hak lain seperti publisitas, privasi, atau hak moral dapat membatasi cara Anda menggunakan materi tersebut.