PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA TOKO KINANTHA KIDS STORE KOTA BALIKPAPAN

Authors

  • Juhairiyah Mahasiswa
  • Sukimin Universitas Balikpapan
  • Nina Indriastuty Universitas Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.36277/mreko.v3i4.526

Keywords:

Service Quality, Customer Satisfaction, Customer Loyalty

Abstract

The Objective of the research to the effect of Service Quality on Customer Loyalty with Customer Satisfaction as an intervening variable. This research was conducted on customers who have visited and made transactions at least twice.  Sampling technique with non probability sampling. The analysis method used in this research is regression analysis of the causal step method and questionnaires as a means of collecting respondent data and then processed with the help of the SPSS Statistics programme with a sample size of 315. The data analysis techniques used in this study are validity test, reliability test, normality test, F-test, t-test, R-test, regression analysis of intervening variables and sobel test to see how much the independent variable affects the related variable through the intervening variable. Based on the results obtained from this study, service quality has a positive and significant influence on customer loyalty with customer satisfaction as an intervening variable at Kinantha Kids Store Balikpapan City. Service quality, customer satisfaction have an influence of 18.9% on customer loyalty, while the remaining 81.1% is influenced by other variables not examined in this study.

References

Chandra, H., & Santoso, T. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Di Toko Tas Serui Makassar. Agora, 9(2). https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/11709

Ekasari, R., & Pramudita, R. A. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Ecopreneur.12, 3(1). https://doi.org/10.51804/econ12.v3i1.678

Fatihudin, firmansyah. (2019). Pemasaran Jasa. In strategi, mengukur kepuasan, dan loyalitas pelanggan. deepublish.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. badan penerbit universitas diponegoror.

Halim, F., Kurniullah, A. Z., & Butarbutar, M. (2021). Manajemen Pemasaran jJsa. Yayasan Kita Menulis.

Hanapi, A., & Arianto, N. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening pada CV RJ Depok. Jurnal Ilmiah Swara Manajemen, 1(1), 97–112.

Hanifah, fuaida nur. (2019). Pengembangan Usaha Pakaian Anak Perempuan “Zhafirakids.” https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/8494/LAPORAN TUGAS AKHIR FUAIDA NUR HANIFAH.pdf?sequence=1

Hartono, R. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Di Toko Kalimas. https://media.neliti.com/media/publications/287284-analisis-pengaruh-kualitas-pelayanan-ter-1d6cbca7.pdf

Hermanto. (2019). Faktor Pelayanan, Kepuasan, dan Loyalitas Pelanggan. jakad publishing surabaya.

Indrasari, meithiana. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. unitomo press.

Instagram.com. (2023). No Title. https://www.instagram.com

Khoirunnisa, A., & Wijayanto. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Indihome Di Kota Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(1), 672–680. https://doi.org/10.14710/jiab.2021.29180

Kotler, K. (2016). Severo Ochoa, Winner Of The Nobel Prize For Physiology And Medicine. His Life And Work. In Boletin cultural e informativo - Consejo General de Colegios Medicos de España (Vol. 22).

Lailah, salsa nurnajmi. (2022). Industri Pakaian Dan Fashion Di Indonesia. Kumparan.Com. https://kumparan.com/salsanurnajmi14/industri-pakaian-dan-fashion-di-indonesia-1zPlgWD84PX/full

Limakrisna, N., & Susilo, W. H. (2012). Manajemen Pemasaran Teori Dan Aplikasi Dalam Bisnis. Penerbit Mitra Wacana Media.

Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa (edisi keti). selemba empat.

Munawaroh, Yuniarti, D., & Nor Hayati, M. (2015). Analisis Regresi Variabel Mediasi dengan Metode Kausal Step (Studi Kasus: Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Perkapita di Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2011-2013). Jurnal EKSPONENSIAL, 6(2), 193–199.

Nutaella, C., & Anisa, F. (2020). Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Individual dengan Self Efficacy sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(3), 349–360. https://doi.org/10.37641/jimkes.v8i3.400

Pasianus, O., & Kana, any agus. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Swalayan Pamella Enam Yogyakarta. Pasianus & Any Agus Kana, 2(2), 197–216.

Prihandoyo, abdiannur, indriastuty, N. (2018). manajemen pemasaran. Nusa literasi inspirasi.

Prihandoyo, Abdiannur, & Indriastuty, N. (2018). Manajemen Pemasaran. Nusa Litera Inspirasi.

Putri, puput melinda, & Soegesti, dwi gema. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Bisnis Retail Di Lampung. 1(3), 1–15.

Putri, F. K., Tumbel, A. L., & Djemly, W. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT. Matahari Department Store Di Mantos 2. Jurnal EMBA, 9(1), 1428–1438. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/33202

Rondhi, m. (2016). Analisis Kuantitatif (1st ed). universitas jember.

Sambodo, R. (2021). Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(1), 104–114. https://doi.org/10.31933/jimt.v3i1.707

Sinolla, M. (2019). Pengukuran Kualitas Pelayanan (Servqual-Parasuraman) Dalam Membentuk Kepuasan Pelanggan Sehingga Tercipta Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Toko Mayang Collection Cabang Kepanjen).

Sugiyono. (2017). metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D (26th ed.). Alfabeta.

Suharno, & Sutarso, Y. (2015). marketing in practice. Graha Ilmu.

Tirtayasa, S., Lubis, A. P., & Khair, H. (2021). Keputusan Pembelian : Sebagai Variabel Mediasi Hubungan Kualitas Produk Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen. Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 5(1), 67–86.

Tjiptono, F., & Adriana, D. (2017). Manajemen Pemasaran Strategik.

widyana, A. Nurhidayati, M. (2022). Pengaruh Display Produk, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Swalayan Surya Mandiri Siwalan Mlarak Ponorogo. Niqosiya: Journal of Economics and Business Research, 2(1), 157–174. https://doi.org/10.21154/niqosiya.v2i1.749

Wiradarma, I. G. N., & Gede Suasana, I. G. A. K. (2019). Peran Kepuasan Pelanggan Memediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pull&Bear Kuta – Bali. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(6), 3987. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i06.p25

Yudhanto, B., Waloejo, H. D., & Farida, N. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Konsumen melalui Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Susuku Café Ungaran). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(2), 142–150. https://doi.org/10.14710/jiab.2022.34203

Downloads

Published

2024-10-30

How to Cite

Juhairiyah, J., Sukimin, S., & Indriastuty, N. (2024). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA TOKO KINANTHA KIDS STORE KOTA BALIKPAPAN. MEDIA RISET EKONOMI [MR.EKO], 3(4), 177–188. https://doi.org/10.36277/mreko.v3i4.526