PENGARUH SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEPEGAWAIAN (SIMPEG) DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA INSTALASI NARKOTIKA, PSIKOTROPIKA DAN ZAT ADIKTIF (NAPZA) RUMAH SAKIT JIWA PROVINSI JAWA BARAT

  • Wala Erpurini Universitas Nasional PASIM
Keywords: Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian, Lingkungan Kerja, Kinerja Karyawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem informasi manajemen kepegawaian, lingkungan kerja dan kinerja karyawan, serta untuk mengetahui besarnya pengaruh sistem informasi manajemen kepegawaian dan lingkungan kerja baik secara parsial maupun simultan terhadap kinerja karyawan pada Instalasi Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif (NAPZA) Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan metode asosiatif.Unit observasi penelitian ini adalah semua karyawan tetap Instalasi Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif (NAPZA) Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jawa Barat. Sampel mengambil 100% jumlah populasi yang ada pada Instalasi Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif (NAPZA) Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jawa Barat yaitu sebanyak 45 responden, yang diambil dari seluruh karyawan tetap. Untuk melihat hubungan antara 2 variabel, analisis yang digunakan yaitu analisis jalur. Penelitian ini menghasilkan bahwa pengaruh sistem informasi manajemen kepegawaian  terhadap kinerja karyawan secara parsial sebesar 47,7%, pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan 21,9%, sehingga lingkungan kerja berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan. Pengaruh sistem informasi manajemen kepegawaian dan lingkungan kerja secara bersama-sama (simultan) sebesar dengan nilai t hitung sebesar 6,127 dan t tabel sebesar 69,9%, sehingga berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan.

 

Kata Kunci :Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian, Lingkungan Kerja dan Kinerja Karyawan

Author Biography

Wala Erpurini, Universitas Nasional PASIM

Fakultas Ekonomi Universitas Nasional PASIM

References

A.A. Anwar Prabu Mangkunegara. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Penerbit PT. Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 2012. Metode Penelitian Suatu Tinjauan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Azhar Susanto. 2008. Sistem Informasi Akuntansi. Bandung. Lingga Jaya.
Bejo Siswato Sastrohadiwiryo. 2010. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administrative dan Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Bambang S.Soedibjo. 2013. Pengantar Metodologi Penelitian. Bandung: STIE-STMIK Pasim.
Edison, Emron, Anwar, Yohny dan Komariyah, Imas. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Ke-1. Bandung. Alfabeta.
Edy Sutrisno. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Ke-9. Jakarta. Kencana.
Gomes, Faustino Cardoso, 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Keempat. Yogyakarta. Penerbit Andi.
Gordon B. Davis. 2009. Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen. Jakarta. Pustaka Binaman Pressindo.
H.B Siswanto. 2008. Pengantar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.: PT salemba Empat.
Henry Fayol. 2010. Manajemen Public Relations. Jakarta. PT.Elex Media.
Irham Fahmi. 2015. Pengantar Manajemen Keuangan Teori Dan Soal Jawaban. Bandung. Alfabeta.
Jogiyanto. 2008. Metodologi Penelitian Sistem Informasi. CV. Andi Offset. Yogyakarta.
Lutvi Legi Maulana, Dr. Sri Suwarsi SE., M.Si. CGA, Dudung Abdurrahman SE., M.Si. Pengaruh Sistem Informasi Manajemen (Simpeg) dan Lingkungan Kerja terhadap kinerja Karyawan Pada PT. Pln (Persero) Bandung Distribusi Jawa Barat dan Banten. no indeks ISSN : 2460-7294
Malayu S.P. Hasibuan. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta : Bumi Aksara.
Peraturan Kepala Badan Pusat Statistik Republik Indonesia Nomor 95 Tahun 2015. Tentang Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia.
Raymond McLeod., J. P. 2012. Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.
Sedarmayanti. 2017. Perencanaan Dan Pengembangan SDM Untuk Meningkatkan Motivasi kerja, Kinerja, Dan Produktivitas Kerja. PT. Refika Aditama, Bandung.
Sugiyono. 2011. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV. ALFABETA.
Tri Widodo. 2010. “Pengaruh Lingkungan Kerja, Budaya Organisasi, Kepemimpinan terhadap Kinerja (Studi Pada Pegawai Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga)”. Among Makarti. Vol. 3. No. 5. Juli 2010. Hal. 14-35. STIE AMA. Salatiga.
Tien Utami. 2012. Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Kepuasan Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Primissima Di Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Skripsi S1, Universitas Negeri Yogyakarta.
Undang-Undang Tentang Penetapan Institusi Penerima Wajib Lapor Dan Fasilitas Pelayanan Kesehatan Pengampu Dan Satelit Program Terapi Rumatan Metadona. Mentri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/701/2018.
Veithzal Rivai. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan, Edisi ke 6, PT. Raja Grafindo Persada, Depok, 16956.
Published
2019-03-31
How to Cite
Erpurini, W. (2019). PENGARUH SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEPEGAWAIAN (SIMPEG) DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA INSTALASI NARKOTIKA, PSIKOTROPIKA DAN ZAT ADIKTIF (NAPZA) RUMAH SAKIT JIWA PROVINSI JAWA BARAT. Jurnal GeoEkonomi, 10(1), 86-101. https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v10i1.51
Section
Articles