PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DETERJEN DIVVA CLEAN BALIKPAPAN
DOI:
https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v15i1.2024.471Keywords:
Produk, Harga, Lokasi, Promosi, keputusan pembelianAbstract
Penelitian ini mempunyai beberapa tujuan, pertama untuk mengetahui variabel produk, harga, lokasi dan promosi secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian deterjen Divva Clean, kedua untuk mengetahui apakah variabel produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada deterjen Divva Clean, ketiga untuk mengetahui apakah variabel harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian deterjen Divva Clean, keempat untuk mengetahui apakah variabel lokasi berpengaruh terhadap keputusan pembelian deterjen Divva Clean, kelima untuk mengetahui apakah variabel promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian deterjen Divva Clean,. Sampel ditentukan dengan rumus slovin, sebanyak 98 responden. Alat analisis yang digunakan regresi linier berganda, uji hipotesis menggunakan uji F dan uji t. Hipotesis pertama terbukti bahwa variabel produk, harga, lokasi dan promosi secara bersama-sama mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hipotesis kedua terbukti bahwa variabel produk mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hipotesis ketiga terbukti bahwa variabel harga mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hipotesis keempat terbukti bahwa variabel lokasi mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hipotesis kelima terbukti bahwa variabel promosi mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kata kunci: Produk, Harga, Lokasi, Promosi, Keputusan Pembelian
Downloads
References
Angelica, D., & Cahyani, R. (2008). Dasar-Dasar Pemasaran : Pendekatan Manajerial Global. Jakarta: Buku 2, Edisi 16, Salemba Empat.
Assauri, S. (2013). Manajemen Pemasaran . Jakarta: Rajawali Pers.
Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro.
Ginting, Y. M., & Albert. (2016). Procuratio. Analisis Pengaruh Produk, Harga, Promosi Dan Tempat Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sparepart Sepeda Motor Merek Strong Di Pekanbaru , Vol.04, No.02, EISSN: 2580-3743.
http://Tu.LaporanPenelitian.com. (2019).
Kotler, P., & Amstrong, G. (2014). Principle Of Marketing. New Jersey Pearson Prentice Hall: 15th Edition.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. 15th Edition, Pearson Education, Inc.
Masrita. (2013). Jurnal Dinamika Manajemen . Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Batik Jambi (Suatu Studi Di Show Room Dekranasda Provinsi Jambi) , Vol.1, No.3, ISSN: 2338 – 123X.
Mongi, L. (2013). Jurnal EMBA. Kualitas Produk, Strategi Promosi Dan Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Kartu SIMPATI TELKOMSEL Di Kota Manado , Vol.1 No.4, Hal.2336-2346, ISSN : 2303-1174 .
Olson, P. L. (2011). Marketing Management: Knowledge and Skills. New York: McGraw-Hill.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya . Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Velamasari, A., & Nirawati, L. (2014). Jurnal Bisnis Indonesia. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat , Vol. 5, No. 1.
Walukow, A. L. (2014). Jurnal EMBA. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Bentenan Center Sonder Minahasa , Vol.2 No.3, Hal.1737-1749, ISSN : 2303-1174 .
Watae, R. H. (2017). Jurnal EMBA . Pengaruh Faktor-Faktor Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Kopi Billy Samrat Di Manado , Vol.5 No.3, Hal.4245-4254, ISSN 2303-1174 .
www.id.wikipedia.org. (2019).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal GeoEkonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
You are free to:
Share - copy and redistribute the materials in any medium or format for any purpose, even for commercial purposes.
Adapt - compose, change and develop the material for any purpose, even for commercial purposes.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
With the following conditions:
Attribution - you must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes have been made. You may do so in a reasonable manner, but not in any way that suggests that the licensor endorses you or your use.
No additional restrictions - You may not implement legal provisions or technological measures that legally restrict others from doing anything permitted by the license.
Notice:
You do not have to comply with the license for elements of the material that are in the public domain or where your use is permitted by an applicable exclusion or restriction.
No warranties are given. This license may not grant all the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.