ANALISIS PERILAKU PEMBELIAN PRODUK PANGAN SEGAR SECARA ONLINE PADA KONSUMEN DI KOTA BALIKPAPAN
DOI:
https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v15i1.2024.469Keywords:
consumer behavior, online shopping, fresh food productsAbstract
Berkembangnya era digital membuat persaingan di dunia bisnis semakin ketat, terutama akibat dinamika perilaku pembelian konsumen yang dapat saling terhubung melalui internet. Internet tidak hanya dimanfaatkan untuk memperoleh informasi dan mengakses jejaring sosial, tetapi juga untuk “belanja online”. Salah satu produk yang dibeli konsumen sadalah produk pangan segar, baik yang berasal dari hewani maupun nabati. Oleh karena pangan segar merupakan kebutuhan pokok manusia, maka penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana perilaku belanja pangan segar secara online yang dilakukan masyarakat Balikpapan sebagai salah satu kota penyangga IKN. Penelitian dengan metode analisis deskriptif ini melibatkan 72 responden yang dipilih dengan dua kriteria yaitu warga area Kota Balikpapan dan pernah belanja pangan segar secara online dalam 3 bulan terakhir. Mayoritas responden dalam penelitian ini berjenis kelamin perempuan, usia di kisaran 20-30 tahun, status bekerja, memiliki 4-5 orang anggota keluarga. Hasil penelitian menyatakan mayoritas konsumen memiliki motivasi ingin memperoleh efisiensi waktu sehingga ingin berbelanja online. Dalam memperoleh informasi, mayoritas konsumen melihat iklan digital di media sosial. Selanjutnya, aspek utama yang dipertimbangkan konsumen sebelum membeli adalah jarak lokasi pejual serta kesegaran produknya. Media yang digunakan konsumen dalam belanja online adalah Whatsapp dengan pembelian yang terencana sebanyak 1-2 kali per bulan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa warga Balikpapan sudah mulai beralih melakukan pembelian pangan segar secara online, pun dengn segala pertimbangan yang dilaluinya memberikan gambaran khususnya kepada para pelaku bisnis pangan segar untuk memperhatikan aspek-aspek tersebut agar kepuasan konsumen tercapai.
Downloads
References
Andes, RJ. & Sunaryanto, LT. 2020. “Peran Promosi Penjualan Melalui Instagram
Terhadap Penjualan Sayur Organik”. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 16 (1): 27-36.
APJII. 07 Februari 2024. Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang. Diakses dari https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia- tembus-221-juta-orang.
Ayu, S. & Lahmi, A. 2020. “Peran e-commerce terhadap perekonomian Indonesia selama pandemi Covid-19”. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 9 (2): 114-123
Badan Pusat Statistik. 20 September 2023. Persentase Penduduk Usia 5 Tahun ke Atas yang Pernah Mengakses Internet dalam 3 Bulan Terakhir Menurut Provinsi dan Kelompok Umur, 2021-2022. Diakses dari https://www.bps.go.id/id/statistics- table/2/NDIwIzI=/persentase-penduduk-usia-5-tahun-ke-atas-yang-pernah-mengakses- internet-dalam-3-bulan-terakhir-menurut-provinsi-dan-kelompok-umur.html
Bhinuri Darmawanti. 13 Desember 2022. Isi Piringku: Pedoman Makan Kekinian Orang Indonesia. https://ayosehat.kemkes.go.id/isi-piringku-pedoman-makan-kekinian-orang- indonesia
Cindy Mutia Anur. 08 September 2023. Belanja Online hingga Mencari Berita, Ini Sederet Tujuan Warga Indonesia Gunakan Internet. Diakses dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/09/08/belanja-online-hingga-mencari- berita-ini-sederet-tujuan-warga-indonesia-gunakan-internet
Elfa, MO., Utami, HN. & Saidah, Z. 2024. “Perilaku Pelanggan E-commerce Bahan Makanan Siap Masak dan Katering Sehat dalam Pemenuhan Kebutuhan Makanan Sehat pada Kondisi Pascapandemi Covid-19”. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 10 (1): 309-315.
Faisal, Indra & Romano. 2020. “Pengaruh E-Commerce Terhadap Minat Beli Konsumen
Pada Produk Sayuran Di Kota Banda Aceh”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian, 5 (4):
– 71.
Hanus, G. 2016. “Consumer Behaviour During Online Grocery Shopping”. CBU International Conference on Innovations in Science and Education, Prague: 23-25 Maret
: 10-13.
Hatumena, JY., Turukay, M., Parera, WB. & Lawalata, M. 2022. " Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sayuran Pada Pasar Moderen Studi Kasus di “Foodmart Ambon” Kota Ambon”. Jurnal Agrica, 15 (2): 182-194.
Iqtishodia. 19 Oktober 2023. Tren Belanja Sayur Daring Pascapandemi. Diakses dari https://www.republika.id/posts/46795/tren-belanja-sayur-daring-pascapandemi
Kartika, I., Surachman, AE., Nejal, T. & Mariono, E. 2023. “E-Commerce Dan Promosi Media Sosial Dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian”. Jurnal GeoEkonomi, 14 (02): 156-165.
Kotler, P. & Keller, KL. 2016. Marketing Management, 15th Global Edition. England: Pearson Education Ltd.
Mendrofa, NA. & Sunaryanto, LT. 2020. “Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Belanja Online Di Pasar Tradisional Kota Semarang (Studi Kasus Pada Konsumen Situs Tumbasin.Id)”. Agrika: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 14 (1): 21-32.
Muhammad Haikal. 5 Mei 2020. Tiga Pasar di Balikpapan Melayani Pembelian Online Lewat GoShop. Diakses dari https://kaltim.idntimes.com/news/kaltim/muhammad- haikal-2/tiga-pasar-di-balikpapan-melayani-pembelian-online-lewat-goshop
P.D. Shelbiana, A. & Trimo, L. 2022. “Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Sayuran Terhadap Pengguna E-Wallet Go-Pay Di Kota Jabodetabek”. Jurnal Agribisnis Indonesia, 10 (2): 211-221.
Pradiatiningtyas, D. 2022. “Preferensi dan Keputusan Pembelian Konsumen pada Aplikasi Belanja Online Saat Pandemi Covid 19 (Studi Kasus: Go Mart dan Aplikasi Sayur Online)”. Journal Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 12 (3): 51-55.
Rahmalia, D., Sari, RM., Kasymir, E. & Tantriadisti, S. 2022. “Keputusan Pembelian Bahan Pangan Online oleh Konsumen Rumah Tangga di Kota Bandar Lampung, Indonesia”. Agro Bali: Agricultural Journal, 5 (2): 384-391.
Romadhan, R., Indriastuty, HN. & Prihandoyo, C. 2019. “E-Service Quality Kepuasan
Konsumen Melalui E-Commerce Terhadap Loyalitas Konsumen”. Jurnal GeoEkonomi,
(02): 150-163.
Safitri, LS. & Fathurohman, F. 2024. “Keputusan Pembelian Pangan Segar Secara Online
Pada Masa Pandemi Covid-19”. Jurnal Agroindustri Terapan Indonesia (JATI), 01 (02):
-10.
Schiffman, L. & Kanuk, LL. 2008. Perilaku Konsumen (Terjemahan), Edisi Ketujuh. Jakarta: PT. Indeks.
Schiffman, L. & Wisenblit, J. 2019. Consumer Behavior, Twelfth Edition. New Jersey: Pearson.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit
Alfabeta.
We are social. 2024. Digital Indonesia, The Essential Guide to the Latest Connected
Behavior. Diakses dari https://wearesocial.com/id/blog/2024/01/digital-2024/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal GeoEkonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
You are free to:
Share - copy and redistribute the materials in any medium or format for any purpose, even for commercial purposes.
Adapt - compose, change and develop the material for any purpose, even for commercial purposes.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
With the following conditions:
Attribution - you must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes have been made. You may do so in a reasonable manner, but not in any way that suggests that the licensor endorses you or your use.
No additional restrictions - You may not implement legal provisions or technological measures that legally restrict others from doing anything permitted by the license.
Notice:
You do not have to comply with the license for elements of the material that are in the public domain or where your use is permitted by an applicable exclusion or restriction.
No warranties are given. This license may not grant all the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.