ANALISIS MODEL BISNIS BERBASIS PLATFORM DI SEKTOR JASA PERIKLANAN DI BALIKPAPAN: STUDI KASUS TERHADAP KEBERHASILAN ENDORSEMENT LOKAL
DOI:
https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v15i1.2024.466Keywords:
model bisnis, platform, periklanan, endorsmentAbstract
Di Balikpapan, Indonesia, strategi periklanan digital semakin populer karena meningkatnya jumlah pengguna media sosial dan platform online lainnya. Dalam situasi seperti ini, endorsement oleh individu lokal telah menjadi model bisnis yang menarik perhatian, di mana selebriti atau influencer lokal berperan penting dalam mempromosikan barang dan jasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis model bisnis berbasis platform di industri jasa periklanan Balikpapan dengan penekanan khusus pada keberhasilan endorsement lokal. Untuk mencapai tujuan ini, studi kasus akan digunakan untuk meneliti secara menyeluruh beberapa kasus keberhasilan endorsement lokal. Data akan dikumpulkan melalui wawancara dan studi pustaka terhadap beberapa endorsement lokal yang berhasil dalam industri periklanan digital di Balikpapan. Analisis kualitatif akan dilakukan untuk menemukan komponen utama yang berkontribusi.
Downloads
References
Anisa, S., & Widjatmiko, A., "Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WOM), Celebrity Endorsement, dan Gaya Hidup Terhadap Minat Beli Produk: Studi Kasus di Jakarta," Jurnal Riset Pemasaran, vol. 12, no. 1, pp. 32-47, 2017.
Ezizwita, E. and Sukma, T. (2021). Dampak pandemi covid-19 terhadap bisnis kuliner dan strategi beradaptasi di era new normal. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Dharma Andalas, 23(1), 51-63. https://doi.org/10.47233/jebd.v23i1.169
Karmini, K., Saroyo, S., Karyati, K., Widiati, K., Widuri, N., & Sulichantini, E. (2022). Sektor unggulan di kabupaten kutai barat dan kontribusinya dalam penyerapan tenaga kerja di provinsi kalimantan timur. Jurnal Riset Pembangunan, 5(1), 22-32. https://doi.org/10.36087/jrp.v5i1.114
Nasution, L. (2021). Penguatan peran sektor keuangan bagi percepatan pemerataan kesejahteraan. Journal of Regional Economics Indonesia, 2(1), 71-91. https://doi.org/10.26905/jrei.v2i1.6183
Suryaningtyas, R. I., & Rivai, A. R. (2024). PENGARUH KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI, POPULARITAS, EXPERTISE DARI EXO TERHADAP BRAND AWARENESS DAN DAMPAKNYA PADA MINAT BELI SCARLETT WHITENING. Jurnal GeoEkonomi, 15(1), 87-97.
Permatasari, Y., "Strategi Endorsement sebagai Pemasaran Suatu Produk: Studi Kasus di Indonesia," Tesis Magister, Universitas Indonesia, 2019.
Sukmana, B., "Proses Endorsement Produk: Studi Kasus di Jawa Barat," Jurnal Bisnis dan Pemasaran, vol. 5, no. 2, pp. 45-58, 2020.
Suryaningtyas, R. I., & Rivai, A. R. (2024). PENGARUH KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI, POPULARITAS, EXPERTISE DARI EXO TERHADAP BRAND AWARENESS DAN DAMPAKNYA PADA MINAT BELI SCARLETT WHITENING. Jurnal GeoEkonomi, 15(1), 87-97.
Yunita, R., "Peran Endorser dalam Proses Pemasaran Produk: Pendekatan Kredibilitas dan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Konsumen," Jurnal Manajemen Bisnis, vol. 8, no. 3, pp. 112-125, 2018.
Yuriandhan, M., Yamani, A., & Karima, H. (2022). Implementasi e-sales berbasis open source
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal GeoEkonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
You are free to:
Share - copy and redistribute the materials in any medium or format for any purpose, even for commercial purposes.
Adapt - compose, change and develop the material for any purpose, even for commercial purposes.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
With the following conditions:
Attribution - you must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes have been made. You may do so in a reasonable manner, but not in any way that suggests that the licensor endorses you or your use.
No additional restrictions - You may not implement legal provisions or technological measures that legally restrict others from doing anything permitted by the license.
Notice:
You do not have to comply with the license for elements of the material that are in the public domain or where your use is permitted by an applicable exclusion or restriction.
No warranties are given. This license may not grant all the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.