PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, KECERDASAN EMOSIONAL, DAN PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP PEMAHAMAN AKUNTANSI PADA MAHASISWA AKUNTANSI

Authors

  • Olbaroh Nikida Romadhoni Universitas Balikpapan
  • Wiwik Saraswati Universitas Balikpapan
  • Ika Makherta Sutadji Universitas Balikpapan
  • Hairul Anam Universitas Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v15i1.2024.460

Keywords:

Learning Motivation, Emotional Intelligence, Accounting Understanding, Online Learning

Abstract

This research aims to determine the influence of learning motivation, emotional intelligence, and online learning on accounting understanding. Data was collected from this research by distributing questionnaires to respondents which were filled out online. The population used in this research was 66 students who were considered to adequately represent the population studied which was processed using SPSS. The analysis technique used is the multiple linear analysis method. The results of this research show that learning motivation has been proven to have a significantly positive effect on the level of understanding of accounting in accounting students, while emotional intelligence has no effect on understanding of accounting and online learning has no effect on understanding of accounting.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agmerda, V. D., & Rohayati, S. (2022). Pengaruh Google Classroom, Intensitas Pemberian Tugas, dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Manajemen pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1498–1509. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2243

Aulia, A., & Subowo. (2016). Pengaruh Pengendalian Diri, Motivasi, Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa. Economic Education Analysis Journal, 5(1), 18–23.

Baradja, L., & Oktaviani, A. A. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) Mahasiswa dan Metode Pengajaran Dosen Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. 08(1), 41–50.

Cahya, M. S., & Listiadi, A. (2021). Peran Motivasi Belajar Dalam Memoderasi Hasil Belajar Pengantar Akuntansi Dan Matematika Ekonomi Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 19(1), 35–48. https://doi.org/10.21831/jpai.v19i1.39613

Dalimunthe, M. I. (2020). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi. Jurnal Mutiara Akuntansi, 5(2), 99–108. http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JMA/article/view/1381/1183

Eko, N. N., & Riadhos, S. M. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Online (Whatsapp dan Zoom) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9. https://doi.org/10.32528/gammath.v6i1.5396

Hardani, Auliya, N. H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode penelitian kualitatif & kuantitatif (H. Abadi (ed.); Cetakan I). Pustaka Ilmu.

Leunupun, E. G., Limba, F. B., & Sapulette, S. G. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar dan Psychological Well-Being terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa FEB UNPATTI. Kupna Akuntansi: Kumpulan Artikel Akuntansi, 1(2), 81–96. https://doi.org/10.30598/kupna.v1.i2.p81-96

Nasution, S. L., Windari, F., Harahap, S. Z., & Elvina, E. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Online Dalam Pemahaman Dan Minat Belajar Mahasiswa Pada Bidang Studi Akutansi Di Feb Universitas Labuhanbatu. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 8(1), 67–75. https://doi.org/10.36987/ecobi.v8i1.2068

NHK, F., Pamungkas, E., & Moozanah, S. (2022). Analisis Tercapainya Sistem Pembelajaran Online dan Offline terhadap Pemahaman Akuntansi Siswa Kelas XII di SMAN 1 Nyalindung Periode Genap Tahun 2021-2022. 1–9.

Octavia, S. A. (2020). Motivasi Belajar dalam perkembangan remaja. Deepublish.

Puspito, A., Kusubagio, R., & Qomariah, N. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Motivasi Belajar dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Pemahaman Mata kuliah Akuntansi Keperilakuan. 7(1), 96–113.

Rahayu, P. (2016). Pengaruh Minat Belajar, Perilaku Belajar, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual Dan Motivasi Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Keuangan. Correspondencias & Análisis, 15018, 1–113.

Rahmat Saleh, I. F. (2022). Dasar Akuntansi (cetakan 1,). PT Penerbit IPB Press.

Rokhana, L. A., & Sutrisno, S. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Media Ekonomi Dan Manajemen, 31(1), 26–38.

Rusmiyati, E., & Aufa, M. (2022). Pengaruh Perilaku Belajar, Kecerdasan Emosional Dan Sistem Pembelajaran Online Terhadap Pemahaman Akuntansi. Journal of Culture Accounting and Auditing, 1(1), 39. https://doi.org/10.30587/jcaa.v1i1.4018

Sakdiyah, L., Effendi, R., & Kustono, A. S. (2019). Analisis Penerimaan Penggunaan E-Learning dengan Pendekatan Theory of Planned Behavior (TPB) pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Jember. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 6(1), 120–126.

Santoso, R. (2021). Pengaruh Motivasi dan Sarana Belajar Online Terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 14(1), 25–36.

Satria, M. R., & Fatmawati, A. P. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Akuntansi Di Kota Bandung. Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 1(1), 66–80. https://doi.org/10.29313/amwaluna.v1i1.2022

Sitinjak, M. (2022). Pengaruh Pembelajaran Daring Dan Perilaku Belajar Terhadap Pemahaman Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pengantar Akuntansi STIE Mahaputra Riau. Jotika Journal in Education, 1(2), 47–54. https://doi.org/10.56445/jje.v1i2.36

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Romadhoni, O. N., Saraswati, W., Makherta Sutadji, I., & Anam, H. (2024). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, KECERDASAN EMOSIONAL, DAN PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP PEMAHAMAN AKUNTANSI PADA MAHASISWA AKUNTANSI . Jurnal GeoEkonomi, 15(1.2024), 351–360. https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v15i1.2024.460

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2