PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, FASILITAS, DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN PASIEN UPTD PUSKESMAS MARGOMULYO BALIKPAPAN
DOI:
https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v15i1.342Keywords:
Service Quality, Facilities, Location, Patient SatisfactionAbstract
Kepuasan pasien merupakan perbandingan antara harapan pasien terhadap pelayanan yang didapat dengan keadaan asli. Pasien sebagai konsumen akan mengukur kualitas pelayanan dari hasil penilaian kinerja yang diberikan dengan yang diterima konsumen dari penyedia jasa. Fasilitas merupakan hal penunjang dalam proses pelayanan kesehatan agar timbul rasa nyaman pasien saat menggunakan dan melakukan aktifitas di Puskesmas. lokasi merupakan salah satu faktor penting dalam hal bauran pemasaran, jika suatu penyedia layanan berhasil mendapatkan lokasi yang strategis maka akan menjadi suatu ancaman bagi pesaing. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetaui Pengaruh Kualitas Pelayanan,Fasilitas dan Lokasi terhadap Kepuasan Pasien UPTD Puskesmas Margomulyo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dikuantitatifkan serta data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder.
Hasil penelitian berdasarkan hasil uji F diketahui bahwa terdapat pengaruh simultan secara signifikan antara Kualitas Pelayanan (X1),Fasilitas (X2) dan Lokasi (X3) terhadap Kepuasan Pasien (Y). Serta berdasarkan hasil uji t diketahui bahwa hanya Kualitas Pelayanan (X1), dan Lokasi (X3) berpengaruh parsial secara signifikan terhadap Kepuasan Pasien (Y).
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Lokasi, Kepuasan Pasien
Downloads
References
Anam, K. d. (2017). Pengaruh Fasilitas Kerja, Lingkungan Kerja non fisik dan Kepuasan kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Diponegoro Journal of Management Vol 6.
Compton, L. Y. (2013). Applied Quantitative Analysis in Education and the Social Scienes. New York: Routledge.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete SPSS 25. Semarang: Universitas Diponegoro.
Gunawan, S. (2013). Statistika Terapan Berbasis Komputer. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Hardin, e. a. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu Group.
Harfika, J. d. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Umum Kabupaten Aceh Barat daya. Jurnal Balance Vol XIV.
Hasan, M. B. (2022). Pengaruh Ketersediaan Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Puskesmas Moncongloe. Journal of Management.
Hidayat, A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Tingkat Kepuasan Pasien di Puskesmas Cisolok Kabupaten Sukabumi. Jurnal Dialektika Politik Vol 6.
Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran jilid 1 dan 2. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.
Netriadi, L. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Harga dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Pada Puskesmas Tarusan. Jurnal Manajemen Vol 3.
Pambudy, A. P. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayana dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pasien di Dukun Gresik. Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen.
PERMENKES. (2019). Peraturan Pemerintah Kesehatan Republik Indonesia Nomor 43 tahun 2019 Pasal 1.
Radito, T. (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Dan Fasilitas Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Puskesmas. Jurnal Ilmu Manajemen Vol 11.
Rahadi, F. N. (2010). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap pada Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret, 19.
Rahmi. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pasien Puskesmas Langsa Lama. Niagawan Vol 8.
Rifqi, M. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pasien Rawat jalan pada UPTD Puskesmas Pringsewu. IBI Darmajaya.
Sugiono. (2016). Metode Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Alfabeta.
Sugiono. (2017). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta CV.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alvabeta.
Surasdiman. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Fasilitas dan Pengetahuan Terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Batu batu Kabuoaten Sompeng. Journal of Management vol 2.
Yuniasih, I. (2020). Pengaruh Kualitas pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Puskesmas Magunjaya K abupaten Bekasi. Mabiska jurnal Vol 5.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal GeoEkonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
You are free to:
Share - copy and redistribute the materials in any medium or format for any purpose, even for commercial purposes.
Adapt - compose, change and develop the material for any purpose, even for commercial purposes.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
With the following conditions:
Attribution - you must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes have been made. You may do so in a reasonable manner, but not in any way that suggests that the licensor endorses you or your use.
No additional restrictions - You may not implement legal provisions or technological measures that legally restrict others from doing anything permitted by the license.
Notice:
You do not have to comply with the license for elements of the material that are in the public domain or where your use is permitted by an applicable exclusion or restriction.
No warranties are given. This license may not grant all the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.