PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, FASILITAS, DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN PASIEN UPTD PUSKESMAS MARGOMULYO BALIKPAPAN

Authors

  • Ovigeria Subroto Sinaga STIE MADANI Balikpapan
  • Reviana Safitri STIE Madani Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v15i1.342

Keywords:

Service Quality, Facilities, Location, Patient Satisfaction

Abstract

Kepuasan pasien merupakan perbandingan antara harapan pasien terhadap pelayanan yang didapat dengan keadaan asli. Pasien sebagai konsumen akan mengukur kualitas pelayanan dari hasil penilaian kinerja yang diberikan dengan yang diterima konsumen dari penyedia jasa. Fasilitas merupakan hal penunjang dalam proses pelayanan kesehatan agar timbul rasa nyaman pasien saat menggunakan dan melakukan aktifitas di Puskesmas. lokasi merupakan salah satu faktor penting dalam hal bauran pemasaran, jika suatu penyedia layanan berhasil mendapatkan lokasi yang strategis maka akan menjadi suatu ancaman bagi pesaing.  Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetaui Pengaruh Kualitas Pelayanan,Fasilitas dan Lokasi terhadap Kepuasan Pasien UPTD Puskesmas Margomulyo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dikuantitatifkan serta data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder.

Hasil penelitian berdasarkan hasil uji F diketahui bahwa terdapat pengaruh simultan secara signifikan antara Kualitas Pelayanan (X1),Fasilitas (X2) dan Lokasi (X3) terhadap Kepuasan Pasien (Y). Serta berdasarkan hasil uji t diketahui bahwa hanya Kualitas Pelayanan (X1), dan Lokasi (X3) berpengaruh parsial secara signifikan  terhadap Kepuasan Pasien (Y).

 

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Lokasi, Kepuasan Pasien

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anam, K. d. (2017). Pengaruh Fasilitas Kerja, Lingkungan Kerja non fisik dan Kepuasan kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Diponegoro Journal of Management Vol 6.

Compton, L. Y. (2013). Applied Quantitative Analysis in Education and the Social Scienes. New York: Routledge.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete SPSS 25. Semarang: Universitas Diponegoro.

Gunawan, S. (2013). Statistika Terapan Berbasis Komputer. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Hardin, e. a. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu Group.

Harfika, J. d. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Umum Kabupaten Aceh Barat daya. Jurnal Balance Vol XIV.

Hasan, M. B. (2022). Pengaruh Ketersediaan Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Puskesmas Moncongloe. Journal of Management.

Hidayat, A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Tingkat Kepuasan Pasien di Puskesmas Cisolok Kabupaten Sukabumi. Jurnal Dialektika Politik Vol 6.

Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran jilid 1 dan 2. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Netriadi, L. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Harga dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Pada Puskesmas Tarusan. Jurnal Manajemen Vol 3.

Pambudy, A. P. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayana dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pasien di Dukun Gresik. Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen.

PERMENKES. (2019). Peraturan Pemerintah Kesehatan Republik Indonesia Nomor 43 tahun 2019 Pasal 1.

Radito, T. (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Dan Fasilitas Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Puskesmas. Jurnal Ilmu Manajemen Vol 11.

Rahadi, F. N. (2010). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap pada Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret, 19.

Rahmi. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pasien Puskesmas Langsa Lama. Niagawan Vol 8.

Rifqi, M. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pasien Rawat jalan pada UPTD Puskesmas Pringsewu. IBI Darmajaya.

Sugiono. (2016). Metode Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Alfabeta.

Sugiono. (2017). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta CV.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alvabeta.

Surasdiman. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Fasilitas dan Pengetahuan Terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Batu batu Kabuoaten Sompeng. Journal of Management vol 2.

Yuniasih, I. (2020). Pengaruh Kualitas pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Puskesmas Magunjaya K abupaten Bekasi. Mabiska jurnal Vol 5.

Published

2024-03-31

How to Cite

Subroto Sinaga, O., & Safitri, R. (2024). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, FASILITAS, DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN PASIEN UPTD PUSKESMAS MARGOMULYO BALIKPAPAN. Jurnal GeoEkonomi, 15(1), 148–158. https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v15i1.342

Issue

Section

Articles