PENGARUH KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI, POPULARITAS, EXPERTISE DARI EXO TERHADAP BRAND AWARENESS DAN DAMPAKNYA PADA MINAT BELI SCARLETT WHITENING

Authors

  • Rahajeng Indah Suryaningtyas Universitas Stikubank Semarang
  • Alimuddin Rizal Rivai universitas stikubank semarang

DOI:

https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v15i1.341

Keywords:

Kemampuan Berkomunikasi, Popularitas, Expertise, Brand Awareness, Minat Beli

Abstract

Scarlett Whitening adalah perusahaan local Indonesia yang menjual berbagai produk perawatan tubuh, wajah, rambut, dan parfum. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana pengaruh kemampuan bekomunikasi, popularitas, dan expertise Exo mempengaruhi brand awareness dan dampaknya pada minat beli. Metode penelitian deskriptif kuantitaif dengan analisis regresi linear berganda menggunakan SPSS 25. Populasi penelitierdiri dari responden yang mengetahui tentang Exo sebagai Glow Ambassador untuk Scarlett Whitening. Sampel sebanyak 100 responden dipilih menggunakan rumus Cochran dengan purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan google form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa popularitas Exo memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap brand awareness. Sebaliknya, kemampuan berkomunikasi dan expertise Exo memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap brand awareness serta berdampak terhadap minat beli. Temuan ini memberikan wawasan penting bagi Scarlett Whitening dalam mengelola strategi pemasaran dan meningkatkan hubungan dengan brand ambassador.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aaker, D. A. (1996). Building Strong Brands. New York: The Free Press.

Aaker David.A. (1991). Managing Brand Equity: Capitalizing on the Value of A Brand Name. New York: The Free Press.

Abdianur, A., & Sukimin, S. (2019). CELEBRITY ENDORSER (BINTANG IKLAN) SEBAGAI KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI OLI FASTRON DI KOTA BALIKPAPAN. Jurnal GeoEkonomi, 15–28.

Andarista, F., Hariyani, D. S., Ula, R., & Fauzi, A. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Dan Promosi Terhadap Minat Beli Brand Erigo Melalui Brand Image Sebagai Variabel Intervening. 01(02), 36–44.

Andini, P. N., & Lestari, M. T. (2021). PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN BRAND IMAGE TERHADAP MINAT BELI PENGGUNA APLIKASI TOKOPEDIA Praditha Nurul Andini 1 , Martha Tri Lestari S . Sos ., MM 2 Abstrak A . Pendahuluan Saat ini masyarakat sebagai konsumen di era modern ini cenderung memiliki kebias. E-Proceeding of Management, 8(2), 2074–2082.

Aprianto, N., & Candraningrum, D. A. (2019). Pengaruh Personal Selling terhadap Minat Beli Produk PRUlink Generasi Baru Nasabah Prudential Life Assurance Indonesia. 313–319.

Chrismardani, Y. (2014). KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU : IMPLEMENTASI UNTUK UMKM. Jurnal NeO-Bis, 8, 176–189. https://doi.org/10.37726/ee.v4i1.101

Citra, D. A., & Oktavani, F. (2022). Pengaruh Brand Ambassador , Brand Image , Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Produk Skincare Everwhite Di Kota Bandung The Effect Of Ambassador ’ s Brand , Brand Image , And Product Quality On Interest To Buy Everwhite Skincare Products In Bandung Ci. 9(3), 1491–1495.

Driessens, O. (2013). Celebrity capital: Redefining celebrity using field theory. Theory and Society, 42(5), 543–560. https://doi.org/10.1007/s11186-013-9202-3

Edzorna Dzisah, W., & Elikem Ocloo, C. (2013). Celebrity Endorsement and Consumer Buying Behaviour; Enhancing the Promotion Function of Marketing in the Central Business Area of Accra, Ghana. European Journal of Business and Management, 5(25), 2222–2839.

Endri, E. P., & Prasetyo, K. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Produk Kopi Kawa Daun Tanah Datar dalam Membangun Brand Awareness. Jurnal Audiens, 2(1). https://doi.org/10.18196/jas.v2i1.9836

Fitri Anggraini Gunawan, D. D. (2014). Analisis Pengaruh Iklan Televisi Dan Endorser Terhadap Purchase Intention Pond’S Men Dengan Brand Awareness Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 1–14.

Hariyanto, D. (2016). Buku Komunikasi Pemasaran. In Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Vol. 6, Issue August).

Indah, K., & Budiatmo, A. (2018). Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Minat Beli Sepeda Motor Honda Scopy Dengan MInat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 1–10.

Kartika, I., Surachman, A. E., Nejal, O. R. T., & Mariono, E. (2023). E-COMMERCE DAN PROMOSI MEDIA SOSIAL DALAM MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN. Jurnal GeoEkonomi, 14.

Keke, Y., & Trisakti, S. (2022). Komunikasi Pemasaran Terpadu Terhadap Brand Awareness. 172–186.

Kevin, K., & Paramita, S. (2020). Komunikasi Pemasaran Terhadap Brand Awareness Brand Rockickz. Prologia, 4(1), 147. https://doi.org/10.24912/pr.v4i1.6456

Kotler, P., &Amstrong., G. (2018). Principles of Marketing. Person.

Kotler, P. & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12. Jakarta : Erlangga.

Kotler, P. & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kurniati, N. Y. (2023). Pengaruh Influencer Marketing Terhadap Brand Awareness Suatu Produk. Co-Value:Jurnal Ekonomi, Koperasi & Kewirausahaan, 14(5), 537–548.

Lestari, V. W., & Nurhadi. (2023). Pengaruh Brand Ambassador dan Tagline Terhadap Brand Awareness Shopee Indonesia di Surabaya. Jurnal Administrasi Bisnis, 13(1), 9–16. https://doi.org/10.35797/jab.13.1.9-16

Mardiani, A. S., & Wardhana, A. (2018). PENGARUH BRAND AMBASSADOR TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN BANDUNG KUNAFE CAKE THE EFFECT OF BRAND AMBASSADOR TOWARDS BUYERS INTEREST OF BANDUNG KUNAFE CAKE. 5(2), 2577–2583.

Nathani, D., & Budiono, H. (2021). Pengaruh kepercayaan, popularitas, dan citra merek terhadap minat beli produk kamera sony. III(4), 953–961.

Prabowo, Y. W. (2014). PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP MINAT BELI ( Survei pada Pengunjung 3Second Store di Jalan Soekarno Hatta Malang ). 14(2), 1–7.

Prihandoyo, C., Abdiannur, Sukimin, & Nugroho, D. (2022). PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSANPEMBELIAN KRIPIK SHINGKONG SHIDDIQLESTARI DI KOTA BALIKPAPAN. Jurnal GeoEkonomi, 13, 67–78.

Rosyadi, A. (2021). PERAN BRAND AMBASSADOR TERHADAP MINAT BELI MELALUI BRAND AWARENESS. Jurnal Manajemen Dan Bisnis: Performa, 18(2), 20–31.

Sagia, A., & Situmorang, S. H. (2018). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Personality Dan Korean Wave Terhadap Keputusan Pembelian Produk Nature Republic Aloe Vera. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 5(2), 286–298. https://doi.org/10.31843/jmbi.v5i2.168

Santoso, D. A., Erdiansyah, R., & Pribadi, M. A. (2019). Pengaruh Brand Awareness dan Brand Image terhadap Minat Beli Produk Kecantikan Innisfree. Prologia, 2(2), 286. https://doi.org/10.24912/pr.v2i2.3589

Shimp, T. A., & Andrews, J. C. (2013). Integrated Marketing Communications (ninth edit).

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (Edisi 4). Andi Offset, Yogyakarta.

Downloads

Published

2024-03-29

How to Cite

Indah Suryaningtyas, R. ., & Rivai, A. R. (2024). PENGARUH KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI, POPULARITAS, EXPERTISE DARI EXO TERHADAP BRAND AWARENESS DAN DAMPAKNYA PADA MINAT BELI SCARLETT WHITENING. Jurnal GeoEkonomi, 15(1), 87–97. https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v15i1.341

Issue

Section

Articles