E-COMMERCE DAN PROMOSI MEDIA SOSIAL DALAM MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN
DOI:
https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v14i2.310Keywords:
E-Commerce, Promosi, Keputusan Pembelian, MixueAbstract
Riset ini menganalisis bagaimana keputusan pembelian dipengaruhi oleh e-commerce dan promosi di media sosial Instagram. Sementara bisnis telah menggunakan e-commerce sebagai alat penting untuk menjual produk mereka secara online, media sosial Instagram telah berkembang menjadi alat promosi yang berguna untuk menjangkau pelanggan potensial. Penelitian ini menggunakan metode survei. 105 mahasiswa Universitas Catur Insan Cendekia menerima kuesioner ini setelah mereka membeli produk Mixue Kesambi melalui platform e-commerce dan akun media sosial Instagram. Analisis dari data ini yakni regresi linier berganda untuk menemukan variabel promosi di Instagram dan variabel e-commerce memengaruhi keputusan seseorang untuk membeli produk. Hasilnya menunjukkan bahwa, secara bersamaan, promosi di Instagram dan e-commerce berdampak positif dan secara signifikan berdampak pada keputusan pembelian.
Downloads
References
Adhawiyah, Y. R., Anshori, M. I., & Fathor, A. (2019). Peran Pemasaran Media Sosial Dalam Menciptakan Keputusan Pembelian Melalui Kesadaran Merek (Studi pada Instagram Clothing Line Bangjo). 14(2).
BaubonienÄ—, Ž., & GuleviÄiÅ«tÄ—, G. (2015). E-Commerce Factors Influencing Consumers’ Online Shopping Decision E-Commerce Factors Influencing Consumers’ Online Shopping Decision. SocialinÄ—s Technologijos Social Technologies, 5(1), 74–81. https://doi.org/10.13165/ST-15-5-1-06
Chang, H. H., & Chen, S. W. (2008). The impact of online store environment cues on purchase intention: Trust and perceived risk as a mediator. Online Information Review, 32(6), 818–841. https://doi.org/10.1108/14684520810923953
Devi, D. A. C. R., & Indiani, N. L. P. (2023). Pengaruh E-Service Quality, Promosi Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Pada Lazada Di Era Covid-19. J-ESA (Jurnal Ekonomi Syariah), 6(1), 53–67.
Farih, A., Jauhari, A., & Widodo, E. (2019). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Terhadap Pengambilan Keputusan Kursus Bahasa Inggris Pare Dengan Viral Marketing Sebagai Variabel Intervening. JMK (Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan), 4(1), 41. https://doi.org/10.32503/jmk.v4i1.361
Fitriana, R., & Chadhiq, U. (2022). Pengaruh E-Commerce dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian melalui Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 17(1).
Fransiska, I., & Madiawati, P. N. (2022). Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Shopee Di Bandung. Jurnal Sekretaris & Administrasi Bisnis (JSAB), 6(1), 35. https://doi.org/10.31104/jsab.v6i1.271
Fredik, T. F., & Dewi, S. I. (2018). Analisis Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian. Dalam JISIP (Vol. 7, Nomor 2). www.publikasi.unitri.ac.id
Fuad, M., Nurbaya, S., & Amirullah. (2017). Pengantar Bisnis (Cet. 1). Indomedia Pustaka.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Universitas Diponegoro.
Harmadi, D. N., & Rizal, A. (2022). Pengaruh Citra Merek, Positive Word Of Mouth, dan Promosi Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Dessert Box. Inovator: Jurnal Manajemen, 11(1), 26–34. http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/INOVATOR/index
Indriastuty, N., Sukimin, S., & Chayrunina, S. (2023). PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MASKER ORGANIK ALBAMASK PADA STORE WARZUQNISHOP BALIKPAPAN. Jurnal GeoEkonomi, 14(1), 39–50. https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v14i1.259
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Merketing Manajemen (15 ed.). Pearson Education.
Linda, M. (2022). Analisis Faktor Sosial, Budaya, Pribadi Dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Di Modeshop Balikpapan. Jurnal GeoEkonomi, 13(2), 236–244. https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v13i2.211
Madden, T. J., Ellen, P. S., & Ajzen, I. (1992). A Comparison of the Theory of Planned Behavior and the Theory of Reasoned Action. Personality and Social Psychology Bulletin, 18(1), 3–9. https://doi.org/10.1177/0146167292181001
Paul, J., Modi, A., & Patel, J. (2016). Predicting green product consumption using theory of planned behavior and reasoned action. Journal of Retailing and Consumer Services, 29, 123–134. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2015.11.006
Pavlou, P. A., & Fygenson, M. (2006). Understanding and Predicting Electronic Commerce Adoption: An Extension of the Theory of Planned (Vol. 30, Nomor 1).
Pratiwi, N. K. A., & Ekawati, N. W. (2020). Brand Image Memediasi Hubungan E-Commerce Dengan Keputusan Pembelian Konsumen. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(6), 2268. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i06.p11
Saswiana, Hasmin, E., & Bustam. (2020). Pengaruh E-Commerce Terhadap Perilako Konsumen Dan Keputusan Pembelian Produk Online Shop (STUDI KASUS MAHASISWA STIEM BONGAYA). Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 5(1), 60–69.
Setiadi, N. J. (2013). Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer dalam Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen (5 ed.). Kencana Prenada Media Group.
Setyowati, T., & Nurdiana Widjayanti, F. (2021). Analisis E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Produk Olahan Tape Di Kabupaten Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 07(02), 62–73.
Sirait, S. K., & Sisnuhadi. (2021). Pengaruh Promosi Media Sosial, Celebrity Endorser, Dan Perceived Quality Terhadap Keputusan Pembelian. JRMB, 16(1), 45–56.
Vincent, P. C., Peplau2, L. A., & Hill, C. T. (1998). A Longitudinal Application of the Theory of Reasoned Action to Women’s Career Behavior’.
Wibowo, B. S., & Haryokusumo, D. (2020). Peluang Revolusi Industri 4.0 Bidang Pemasaran: Pemanfaatan Aplikasi E-commerce, Sosial Media Instagram dan Digital Marketing terhadap keputusan Instant Online Buying Konsumen Generasi Millenial. JURNAL EKONOMI DAN MANAJEMEN, 3(2), 86–99.
Zharfaningrum, D., Syarif Hidayatullah, Umu Khouroh, Irany Windhyastiti, & Abdul Waris. (2020). Determinan Keputusan Pembelian Online di Instagram: Perspektif Promosi, Kemudahan, Kualitas Informasi dan Kepercayaan. Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis, 7(2), 169–178.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal GeoEkonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
You are free to:
Share - copy and redistribute the materials in any medium or format for any purpose, even for commercial purposes.
Adapt - compose, change and develop the material for any purpose, even for commercial purposes.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
With the following conditions:
Attribution - you must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes have been made. You may do so in a reasonable manner, but not in any way that suggests that the licensor endorses you or your use.
No additional restrictions - You may not implement legal provisions or technological measures that legally restrict others from doing anything permitted by the license.
Notice:
You do not have to comply with the license for elements of the material that are in the public domain or where your use is permitted by an applicable exclusion or restriction.
No warranties are given. This license may not grant all the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.