EVALUASI KINERJA TENAGA PENDIDIK MELALUI CLASSROOM ACTION RESEARCH
DOI:
https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v12i1.147Keywords:
Kegiatan belajar mengajar, Kehadiran dosen, Kemampuan mahasiswa, seminar MSDMAbstract
Artikel ini, merupakan penelitian/evaluasi terhadap kinerja tenaga pendidik (dosen) ditinjau dari action research. Evaluasi dosen dilakukan terhadap kegiatan belajar mengajar mahasiswa A1 Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Balikpapan, selama 1 semester (6 bulan). Tujuan dari penelitian/evaluasi ini adalah untuk mengetahui kinerja dosen melalui: 1. Kegiatan belajar mengajar, 2. Kehadiran dosen. 3. Kemampuan mahasiswa dalam mengimplementasikan dalam bentuk presentasi di kelas. Data untuk mengevaluasi merupakan aktivitas belajar mengajar selama 16 kali pertemuan selama 1 semester. Data berupa kegiatan mahasiswa dalam perkuliahan dan kehadiran dosen di dalam kelas. Perkuliahan saat pandemic covid-19 berbeda dengan saat sebelum ada pandemic. Sebelum pandemic perkuliahan dilakukan dikelas dengan cara tatap muka dan aksi kelas, sedangkan pada saat pandemic perkuliahan tetap dengan cara tatap muka tetapi tidak di dalam kelas langsung, namun menggunakan aplikasi Zoom. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kehadiran mahasiswa tetap tinggi (rata-rata, 15 kali tatap muka) jumlah kehadirannya, Kehadiran dosen tetap seperti saat tatap muka di kelas secara langsung, Mahasiswa mampu menyerap materi kuliah, dengan bukti mampu mempresentasikan matakuliah yang ditempuh, yaitu Seminar MSDM.
Downloads
References
Haliza dan Ramli. (2017). Meningkatkan Hasil Belajr Geografi Siswakelas XI Ips SMA Negeri 10 Bombana Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Materi Pokok Sumberdaa alam. Jurnal Pendidikan Geofrafi., Volume 1 Nomor 1 April 2017.
Hopkins,D. (1993.). A Teacher's Guide to Classroom Reseach, 2nd ed. Buckingham Philadelphia:: Opern University Press.
Kemmis, S., & Mc Taggart, R. (1990.). The Action Research Reader. Victoria:: Deakin University.
Kusumah, W & Dwitagama,D. (2010.). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:: PT Indeks.
Musfiqon. (2012.). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta:: PT Prestasi Putakakarya.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Undang-Undang Nomor 1 tahun 2010 Tentang Disiplin Kerja. (2010).
Seri Erny Muliyani, Lalu Hulfian, Isyani, Intan Primayanti, Susi Yundarwati. (2019.). Pendampingan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Penelitian TIndakan Kelas (PTK) dan Open Journal System (OJS) Pada Guru MGMP Olahraga Lombok Timur. Abdi Masyarakat., http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/PB/issue/archive. Vol 1 No.1 Juni 2019 P-ISSN:2715-8799 e-ISSN: 2715-9108.
Suci Marselina. (2018.). Peningkatan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Melalui Strategi Belajar Kooperatif Tipe Group Investigation Siswa Kelas XI MAN I KotaSungai Penuh. Pentas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia., Vol. 4. No. (1) Mei 2018.
Sugiyono. (2017.). Metode Penelitian Kuantitatiaf, Kualitatif dan R & D. Bandung.: Alfabeta.
Trianto. (2007.). Model Pembelajaran dalam Teori dan Praktek. Jakarta:: Prestasi Pustaka Publisher.
Wagiran. (2012.). Penyusunan Proposal dan Laporan Penelitian Tindakan Kelas. Disampaikan dalam Pelaitah Tindakan Kelas, Pengembangan Instrumen, dan Analisis Data bagi Guru-guru SMK Provinsi Kalimantan Selatan. Program Pascasarjana UNY, 7 Oktober 2012.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
You are free to:
Share - copy and redistribute the materials in any medium or format for any purpose, even for commercial purposes.
Adapt - compose, change and develop the material for any purpose, even for commercial purposes.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
With the following conditions:
Attribution - you must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes have been made. You may do so in a reasonable manner, but not in any way that suggests that the licensor endorses you or your use.
No additional restrictions - You may not implement legal provisions or technological measures that legally restrict others from doing anything permitted by the license.
Notice:
You do not have to comply with the license for elements of the material that are in the public domain or where your use is permitted by an applicable exclusion or restriction.
No warranties are given. This license may not grant all the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.