EVALUASI KINERJA TENAGA PENDIDIK MELALUI CLASSROOM ACTION RESEARCH

Authors

  • Hj. Misna Ariani Fakultas Ekonomi Universitas Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v12i1.147

Keywords:

Kegiatan belajar mengajar, Kehadiran dosen, Kemampuan mahasiswa, seminar MSDM

Abstract

Artikel ini, merupakan penelitian/evaluasi terhadap kinerja tenaga pendidik (dosen) ditinjau dari action research. Evaluasi dosen dilakukan terhadap kegiatan belajar mengajar mahasiswa A1 Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Balikpapan, selama 1 semester (6 bulan). Tujuan dari penelitian/evaluasi ini adalah untuk mengetahui kinerja dosen melalui: 1. Kegiatan belajar mengajar, 2. Kehadiran dosen. 3. Kemampuan mahasiswa dalam mengimplementasikan dalam bentuk presentasi di kelas. Data untuk mengevaluasi  merupakan aktivitas belajar mengajar selama 16 kali pertemuan selama 1 semester. Data berupa kegiatan mahasiswa dalam perkuliahan dan kehadiran dosen di dalam kelas. Perkuliahan saat pandemic covid-19 berbeda dengan saat sebelum ada pandemic. Sebelum pandemic perkuliahan dilakukan dikelas dengan cara tatap muka dan aksi kelas, sedangkan pada saat  pandemic perkuliahan tetap dengan cara tatap muka tetapi tidak di dalam kelas langsung, namun menggunakan aplikasi Zoom. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kehadiran mahasiswa tetap tinggi (rata-rata, 15 kali tatap muka) jumlah kehadirannya, Kehadiran dosen tetap seperti saat tatap muka di kelas secara langsung, Mahasiswa mampu menyerap materi kuliah, dengan bukti mampu mempresentasikan matakuliah yang ditempuh, yaitu Seminar MSDM.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Eka Zuliana. (2011). Karya Tulis Ilmiah Terdekat Bagi Guru. Karya Ilmiah Sebagai Sarana Peningkatan Keprofesionalan Guru SD/MI,. 4 Oktober 2011.
Haliza dan Ramli. (2017). Meningkatkan Hasil Belajr Geografi Siswakelas XI Ips SMA Negeri 10 Bombana Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Materi Pokok Sumberdaa alam. Jurnal Pendidikan Geofrafi., Volume 1 Nomor 1 April 2017.
Hopkins,D. (1993.). A Teacher's Guide to Classroom Reseach, 2nd ed. Buckingham Philadelphia:: Opern University Press.
Kemmis, S., & Mc Taggart, R. (1990.). The Action Research Reader. Victoria:: Deakin University.
Kusumah, W & Dwitagama,D. (2010.). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:: PT Indeks.
Musfiqon. (2012.). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta:: PT Prestasi Putakakarya.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Undang-Undang Nomor 1 tahun 2010 Tentang Disiplin Kerja. (2010).
Seri Erny Muliyani, Lalu Hulfian, Isyani, Intan Primayanti, Susi Yundarwati. (2019.). Pendampingan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Penelitian TIndakan Kelas (PTK) dan Open Journal System (OJS) Pada Guru MGMP Olahraga Lombok Timur. Abdi Masyarakat., http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/PB/issue/archive. Vol 1 No.1 Juni 2019 P-ISSN:2715-8799 e-ISSN: 2715-9108.
Suci Marselina. (2018.). Peningkatan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Melalui Strategi Belajar Kooperatif Tipe Group Investigation Siswa Kelas XI MAN I KotaSungai Penuh. Pentas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia., Vol. 4. No. (1) Mei 2018.
Sugiyono. (2017.). Metode Penelitian Kuantitatiaf, Kualitatif dan R & D. Bandung.: Alfabeta.
Trianto. (2007.). Model Pembelajaran dalam Teori dan Praktek. Jakarta:: Prestasi Pustaka Publisher.
Wagiran. (2012.). Penyusunan Proposal dan Laporan Penelitian Tindakan Kelas. Disampaikan dalam Pelaitah Tindakan Kelas, Pengembangan Instrumen, dan Analisis Data bagi Guru-guru SMK Provinsi Kalimantan Selatan. Program Pascasarjana UNY, 7 Oktober 2012.

Downloads

Published

2021-03-31

How to Cite

Ariani, H. M. A. (2021). EVALUASI KINERJA TENAGA PENDIDIK MELALUI CLASSROOM ACTION RESEARCH. Jurnal GeoEkonomi, 12(1), 53–66. https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v12i1.147

Issue

Section

Articles