PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT. SIMPATIK CABANG UNAAHA KABUPATEN KONAWE
DOI:
https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v12i1.132Keywords:
Promosi, Kualitas Produk, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan Pengaruh Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Simpatik Cabang Unaaha Kabupaten Konawe. Populasi dalam penelitian ini adalah Populasi dalam penelitian ini adalah sebagian konsumen PT. Simpatik Cabang Unaaha periode Januari s/d Desember 2015 yang berjumlah 482 Orang. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan variabel promosi dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Fakta ini menunjukkan bahwa semakin baik promosi dan kualitas produk maka semakin tinggi pula keputusan pembelian pada PT.Simpatik Cabang Unaaha.Variabel promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Semakin baik promosi yang diberikan maka semakin tinggi pula keputusan pembelian pada PT.Simpatik Cabang Unaaha. Fakta ini menunjukkan bahwa semakin baik citra merek yang diberikan memiliki kontribusi dalam peningkatan keputusan pembelian.Variabel kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Semakin baik kualitas produk yang diberikan maka semakin tinggi pula keputusan pembelian pada PT.Simpatik Cabang Unaaha. Fakta ini menunjukkan bahwa semakin baik kualitas produk yang diberikan memiliki kontribusi dalam peningkatan keputusan pembelian.
Downloads
References
Buchari, Alma. 2006. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta, Bandung.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi VI. PT Rineke Cipta, Jakarta.
Djaslim, Saladin. 2004. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan dan Pengendalian. Edisi Ketiga. CV. Linda Karya, Bandung.
Feigenbaum, A.V. 2000. Kendali Mutu Terpadu, Jilid 1 Edisi Ketiga. Erlangga, Jakarta.
Ghozali, Imam. 2001. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
J. Setiadi, Nugroho. 2003. Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Kencana, Jakarta.
Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran Perspektif Asia. Jilid I. CV Andi, Yogyakarta
_____________¬¬_2008. Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. PT. Prenhallindo, Jakarta
Kottler, Philip dan Amstrong, Gerry. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran jilid I. Edisi kedua belas. Erlangga, Jakarta.
_________2004. Dasar-Dasar Pemasaran, Alih Bahasa oleh Alexander Sindoro dan Tim Mark Plus. Jilid 1. Edisi Kesembilan. PT Index Gramedia, Jakarta.
_________2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran jilid I. Edisi kedua belas. Erlangga, Jakarta.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin L. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 2. Penerbit Erlangga, Jakarta.
_________2012. Manajemen Pemasaran jilid II. Edisi ketigabelas. Erlangga. Jakarta
Lamb, H. 2001. Pemasaran. Salemba Empat, Yogyakarta.
Lupiyoadi dan Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. Salemba Empat, Jakarta.
Marius P. Angiopora. 2002. Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi kedua. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Sekaran, Uma. 1992. Research Methods for Business. A Skill Buiding Approach 2ndedition. John Wiley and Sond, New York.
Setiawan, Bekti. 2006. Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kerupuk Rambak “Dwijoyo†di Desa Pananggulan Kec. Pegandon Kab. Kendal. Ekonomi Manajemen, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang.
Stanton, William J. 1996. Prinsip Pemasaran jilid I. Edisi ketujuh. Erlangga. Jakarta.
Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Bisnis. Penerbit CV. Alfabeta, Bandung.
_____________¬¬_2006. Metode Penelitian Bisnis. CV Alfabeta, Bandung.
_____________¬¬_2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. CV.Alfabeta, Bandung.
Suharyadi dan Purwanto. 2003. Statistika untuk Ekonomi dan Keuangan Modern. Jilid 1. Salemba Empat, Jakarta.
Sutisna. 2003. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. PT Remaja Posdakarya Offset, Bandung.
Suti, Intan. 2010. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Esia (Studi Kasus pada Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.
Swasta, Basu dan Irawan. 1990. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty, Yogyakarta.
_____________¬¬_2003. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty, Yogyakarta.
_____________¬¬_2005. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty, Yogyakarta.
Swastha, Basu dan T. Hani Handoko. 2000. Manajemen Pemasaran, Analisa Perilaku Konsumen. BPFE,Yogyakarta.
Tambunan, krystia dan Widiyanto, Ibnu. 2012. Analisis Pengaruh Citra Merek, Persepsi Kualitas, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Bandeng Presto. Diponegoro Journal of Management. Vol : 1(2), 58-66.
Tjiptono, Fandy. 2007. Pemasaran Jasa. Bayu Media, Malang.
_____________¬¬_2008. Pemasaran Jasa. Bayu Media Publishing, Malang.
Umar, Husain. 2003. Metode Riset Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Yamit, Zulian. 2004. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Ed. 1, Cet. 4. Ekonisia Kampus Fakultas Ekonomi, UII Yogyakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
You are free to:
Share - copy and redistribute the materials in any medium or format for any purpose, even for commercial purposes.
Adapt - compose, change and develop the material for any purpose, even for commercial purposes.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
With the following conditions:
Attribution - you must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes have been made. You may do so in a reasonable manner, but not in any way that suggests that the licensor endorses you or your use.
No additional restrictions - You may not implement legal provisions or technological measures that legally restrict others from doing anything permitted by the license.
Notice:
You do not have to comply with the license for elements of the material that are in the public domain or where your use is permitted by an applicable exclusion or restriction.
No warranties are given. This license may not grant all the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.