PENGARUH BEBAN KERJA STRESS KERJA DAN KONFLIK KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN ( Studi Kasus Pada PDAM Tirta Manuntung Kota Balikpapan )

Authors

  • Murtasiyah Universitas Mulia Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v15i1.2024.473

Keywords:

Workload, Work Stress, Work Conflict, Employee Performance

Abstract

ABSTRAK

            Perusahaan Daerah Air Minum (disingkat PDAM) merupakan salah satu unit usaha milik daerah, yang bergerak dalam penyediaan air minum atau air bersih bagi masyarakat umum. PDAM terdapat di setiap provinsi, kabupaten, dan kota di seluruh Indonesia. Salah satu Perusahaan Daerah Air Minum yaitu PDAM Tirta Manutung Balikpapan, perusahaan ini meliputi daerah Balikpapan dengan mencakup daerah yang cukup luas maka akan berdampak pada tuntutan pelayanan yang tinggi dan bisa menimbulkan beban kerja, stres kerja dan konflik antar karyawan dan juga hubungan karyawan dengan atasan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besar nya pengaruh beban kerja, stres kerja dan konflik kerja terhadap kinerja karyawan PDAM Tirta Manuntung kota Balikpapan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan langkah-langkah mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dan menyebarkan kuesioner penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa beban kerja, stres kerja dan konflik kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Oleh sebab itu Perusahaan perlu memperhatikan aspek-aspek dari beban kerja yang dapat berpengaruh terhadap kinerja karyawan,   diharapkan pihak manajemen dapat melakukan evaluasi kembali dalam mengelola stres karyawan dan meninjau kembali mengenai cara pengendalian konflik berupa musyawarah yang berguna untuk meredam atau memberikan solusi kepada pegawai yang berkonflik, meningkatkan kinerja karyawannya.

 

Kata kunci: Beban kerja, Stres Kerja, Konflik Kerja, Kinerja Karyawan

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-06-30

How to Cite

Murtasiyah, M. (2024). PENGARUH BEBAN KERJA STRESS KERJA DAN KONFLIK KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN ( Studi Kasus Pada PDAM Tirta Manuntung Kota Balikpapan ). Jurnal GeoEkonomi, 15(1.2024), 251–260. https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v15i1.2024.473