PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DETERJEN DIVVA CLEAN BALIKPAPAN

Authors

  • Ronald Setyowibowo Universitas Balikpapan
  • Erick Salim Lim Universitas Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v15i1.2024.471

Keywords:

Produk, Harga, Lokasi, Promosi, keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini mempunyai beberapa tujuan, pertama untuk mengetahui variabel produk, harga, lokasi dan promosi secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian deterjen Divva Clean, kedua untuk mengetahui apakah variabel produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada deterjen Divva Clean, ketiga untuk mengetahui apakah variabel harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian deterjen Divva Clean, keempat untuk mengetahui apakah variabel lokasi berpengaruh terhadap keputusan pembelian deterjen Divva Clean, kelima untuk mengetahui apakah variabel promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian deterjen Divva Clean,. Sampel ditentukan dengan rumus slovin, sebanyak 98 responden. Alat analisis yang digunakan regresi linier berganda, uji hipotesis menggunakan uji F dan uji t. Hipotesis pertama terbukti bahwa variabel produk, harga, lokasi dan promosi secara bersama-sama mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hipotesis kedua terbukti bahwa variabel produk mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hipotesis ketiga terbukti bahwa variabel harga mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hipotesis keempat terbukti bahwa variabel lokasi mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hipotesis kelima terbukti bahwa variabel promosi mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

Kata kunci: Produk, Harga, Lokasi, Promosi, Keputusan Pembelian

Downloads

Download data is not yet available.

References

Angelica, D., & Cahyani, R. (2008). Dasar-Dasar Pemasaran : Pendekatan Manajerial Global. Jakarta: Buku 2, Edisi 16, Salemba Empat.

Assauri, S. (2013). Manajemen Pemasaran . Jakarta: Rajawali Pers.

Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro.

Ginting, Y. M., & Albert. (2016). Procuratio. Analisis Pengaruh Produk, Harga, Promosi Dan Tempat Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sparepart Sepeda Motor Merek Strong Di Pekanbaru , Vol.04, No.02, EISSN: 2580-3743.

http://Tu.LaporanPenelitian.com. (2019).

Kotler, P., & Amstrong, G. (2014). Principle Of Marketing. New Jersey Pearson Prentice Hall: 15th Edition.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. 15th Edition, Pearson Education, Inc.

Masrita. (2013). Jurnal Dinamika Manajemen . Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Batik Jambi (Suatu Studi Di Show Room Dekranasda Provinsi Jambi) , Vol.1, No.3, ISSN: 2338 – 123X.

Mongi, L. (2013). Jurnal EMBA. Kualitas Produk, Strategi Promosi Dan Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Kartu SIMPATI TELKOMSEL Di Kota Manado , Vol.1 No.4, Hal.2336-2346, ISSN : 2303-1174 .

Olson, P. L. (2011). Marketing Management: Knowledge and Skills. New York: McGraw-Hill.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya . Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Velamasari, A., & Nirawati, L. (2014). Jurnal Bisnis Indonesia. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat , Vol. 5, No. 1.

Walukow, A. L. (2014). Jurnal EMBA. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Bentenan Center Sonder Minahasa , Vol.2 No.3, Hal.1737-1749, ISSN : 2303-1174 .

Watae, R. H. (2017). Jurnal EMBA . Pengaruh Faktor-Faktor Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Kopi Billy Samrat Di Manado , Vol.5 No.3, Hal.4245-4254, ISSN 2303-1174 .

www.id.wikipedia.org. (2019).

Published

2024-06-30

How to Cite

Setyowibowo, R., & Salim Lim, E. (2024). PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DETERJEN DIVVA CLEAN BALIKPAPAN. Jurnal GeoEkonomi, 15(1.2024), 291–300. https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v15i1.2024.471