ANALISIS MODEL BISNIS BERBASIS PLATFORM DI SEKTOR JASA PERIKLANAN DI BALIKPAPAN: STUDI KASUS TERHADAP KEBERHASILAN ENDORSEMENT LOKAL

Authors

  • Nandha Narendra Muvano Universitas Mulia Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v15i1.2024.466

Keywords:

model bisnis, platform, periklanan, endorsment

Abstract

Di Balikpapan, Indonesia, strategi periklanan digital semakin populer karena meningkatnya jumlah pengguna media sosial dan platform online lainnya. Dalam situasi seperti ini, endorsement oleh individu lokal telah menjadi model bisnis yang menarik perhatian, di mana selebriti atau influencer lokal berperan penting dalam mempromosikan barang dan jasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis model bisnis berbasis platform di industri jasa periklanan Balikpapan dengan penekanan khusus pada keberhasilan endorsement lokal. Untuk mencapai tujuan ini, studi kasus akan digunakan untuk meneliti secara menyeluruh beberapa kasus keberhasilan endorsement lokal. Data akan dikumpulkan melalui wawancara dan studi pustaka terhadap beberapa endorsement lokal yang berhasil dalam industri periklanan digital di Balikpapan.  Analisis kualitatif akan dilakukan untuk menemukan komponen utama yang berkontribusi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anisa, S., & Widjatmiko, A., "Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WOM), Celebrity Endorsement, dan Gaya Hidup Terhadap Minat Beli Produk: Studi Kasus di Jakarta," Jurnal Riset Pemasaran, vol. 12, no. 1, pp. 32-47, 2017.

Ezizwita, E. and Sukma, T. (2021). Dampak pandemi covid-19 terhadap bisnis kuliner dan strategi beradaptasi di era new normal. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Dharma Andalas, 23(1), 51-63. https://doi.org/10.47233/jebd.v23i1.169

Karmini, K., Saroyo, S., Karyati, K., Widiati, K., Widuri, N., & Sulichantini, E. (2022). Sektor unggulan di kabupaten kutai barat dan kontribusinya dalam penyerapan tenaga kerja di provinsi kalimantan timur. Jurnal Riset Pembangunan, 5(1), 22-32. https://doi.org/10.36087/jrp.v5i1.114

Nasution, L. (2021). Penguatan peran sektor keuangan bagi percepatan pemerataan kesejahteraan. Journal of Regional Economics Indonesia, 2(1), 71-91. https://doi.org/10.26905/jrei.v2i1.6183

Suryaningtyas, R. I., & Rivai, A. R. (2024). PENGARUH KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI, POPULARITAS, EXPERTISE DARI EXO TERHADAP BRAND AWARENESS DAN DAMPAKNYA PADA MINAT BELI SCARLETT WHITENING. Jurnal GeoEkonomi, 15(1), 87-97.

Permatasari, Y., "Strategi Endorsement sebagai Pemasaran Suatu Produk: Studi Kasus di Indonesia," Tesis Magister, Universitas Indonesia, 2019.

Sukmana, B., "Proses Endorsement Produk: Studi Kasus di Jawa Barat," Jurnal Bisnis dan Pemasaran, vol. 5, no. 2, pp. 45-58, 2020.

Suryaningtyas, R. I., & Rivai, A. R. (2024). PENGARUH KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI, POPULARITAS, EXPERTISE DARI EXO TERHADAP BRAND AWARENESS DAN DAMPAKNYA PADA MINAT BELI SCARLETT WHITENING. Jurnal GeoEkonomi, 15(1), 87-97.

Yunita, R., "Peran Endorser dalam Proses Pemasaran Produk: Pendekatan Kredibilitas dan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Konsumen," Jurnal Manajemen Bisnis, vol. 8, no. 3, pp. 112-125, 2018.

Yuriandhan, M., Yamani, A., & Karima, H. (2022). Implementasi e-sales berbasis open source

Published

2024-06-30

How to Cite

Narendra Muvano, N. (2024). ANALISIS MODEL BISNIS BERBASIS PLATFORM DI SEKTOR JASA PERIKLANAN DI BALIKPAPAN: STUDI KASUS TERHADAP KEBERHASILAN ENDORSEMENT LOKAL . Jurnal GeoEkonomi, 15(1.2024), 161–170. https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v15i1.2024.466