KETAHANAN PANGAN BERKELANJUTAN DENGAN KONSEP WISATA ALAM DI KELURAHAN SUMBER REJO KOTA BALIKPAPAN

Authors

  • Didik Hadiyatno Universitas Balikpapan
  • Juwari Universitas Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.36277/jamie.v5i1.258

Keywords:

Ketahanan Pangan, Wisata Alam

Abstract

 

Beberapa tantangan dalam mewujudkan ketahanan pangan di Kota Balikpapan meliputi laju pertumbuhan penduduk yang tinggi yang berimplikasi pada tingkat konsumsi, luas lahan pertanian yang semakin menurun akibat konversi lahan, pemenuhan kebutuhan beberapa komoditas pangan strategis juga masih bergantung dari daerah sekitar Balikpapan permasalahan adopsi teknologi dalam rangka meningkatkan produktivitas juga masih terhambat karena rendanya transfer teknologi dari lembaga penelitian formal kepada petani. Tantangan dan permasalahan seperti diatas agar dapat dicapai ketahanan pangan berkelanjutan, perlu ada penyesuaian atau perubahan arah kebijakan yang saat ini diimplementasikan. Perubahan pendekatan arah kebijakan yang disarankan meliputi tujuan, cara, dan sasaran pembangunan ketahanan pangan, dengan strategi dan potensi di daerah yang mengembangkan wisata alam merupakan strategi ketahan pangan yang berkelanjutan

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Didik Hadiyatno, Universitas Balikpapan

Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Balikpapan

Juwari, Universitas Balikpapan

Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Balikpapan | http://orcid.org/0000-0002-6159-1524

References

Indonesia. Artikel Online. Staf Pengajar Fakultas Pertanian Universitas Wahid Hasyim Semarang.

Hery Suharyanto. 2011. Ketahanan Pangan. Jsh Jurnal Sosial Humaniora, Vol 4 No.2, November 2011.

Dewan Ketahanan Pangan. 2015. Kebijakan Strategis Pangan Dan Gizi. Buku Online.

I Gusti Ngurah Santosa. 2011. Dampak Alih Fungsi Lahan Sawah Terhadap Ketahanan Pangan Beras. Prosiding Seminar Nasional Budidaya Pertanian | Urgensi Dan Strategi Pengendalian Alih Fungsi Lahan Pertanian | Bengkulu 7 Juli 2011 Isbn 978-602-19247-0-9. Program Studi Agroekoteknologi, Fakultas Pertanian Universitas Udayana.

Anonim. 2012. Ketahanan Pangan Berbasis Sumber Daya Lokal. ArtikelOnline.

Suryanto Hadi. 2011. Membangun Ketahanan Pangan Dan TeknologiProduktivitas Pertanian. Artikel Online.

Erni Nurhayani 2015. Ketahanan Pangan Di Indonesia.Laporan Semester Ii. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Achmad Suryana. 2014. Ketahanan Pangan Indonesia Berkelanjutan 2025 : Tantangan Dan Penanganannya. Artikel Online. Pusat Sosial Ekonomi Dan Kebijakan Pertanian.

Gesthi Ika Janti.2016. Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan Guna Memperkokoh Ketahanan Pangan Wilayah. Artikel Online. Pemerintah Daerah Diy.

Samudra Ivan. 2016. Pemanfaatan Negara Penatagunaan Tanah DalamMendukung Penyusunan Sistem Informasi Ketahanan Pangan Pokok Wilayah. Artikel Online. Direktorat Jendral Penataan Agraria Kementerian Agraria Dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional.

Supardi Rusdiana, Dkk. 2017. Pertumbuhan Ekonomi Dan Kebutuhan Pangan Di Indonesia. Artikel Online. Balai Penelitian Ternak Ciawi-Bogor.

Suandi. 2012. Modal Sosial Dan Pembangunan Ketahanan Pangan Berkelanjutan. Artikel Online. Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Jambi.

Downloads

Published

2022-12-23

How to Cite

Hadiyatno, D., & Juwari, J. (2022). KETAHANAN PANGAN BERKELANJUTAN DENGAN KONSEP WISATA ALAM DI KELURAHAN SUMBER REJO KOTA BALIKPAPAN. Jurnal Abdi Masyarakat Ilmu Ekonomi (JAMIE), 5(1), 22–31. https://doi.org/10.36277/jamie.v5i1.258

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)