PEMBERDAYAAN POTENSI MASYARAKAT MELALUI PENDAMPINGAN UMKM DAN KOPERASI DI KELURAHAN TELAGA SARI KOTA BALIKPAPAN

Authors

DOI:

https://doi.org/10.36277/jamie.v1i01.32

Keywords:

Potensi Masyarakat, UMKM, Koperasi, Kesejahteraan

Abstract

Berbagai upaya dalam rangka pengembangan UMKM telah dilakukan oleh berbagai pihak antara lain dengan memperkenalkan pola pendekatan dalam rangka pembiayaan UMKM seperti pola PHBK, pola pendekatan klaster dan pola kemitraan. Terakhir ini, pendekatan yang dilakukan oleh Pemerintah yaitu dengan mengoptimalkan pemanfaatan tenaga BDSP yang dapat berfungsi sebagai jembatan penghubung antara UMKM dengan perbankan. Pemanfaatan tenaga BDSP ini diyakini pula dapat membantu pemerintah dalam mensukseskan program penanggulangan kemiskinan melalui optimalisasi penyaluran kredit perbankan kepada UMKM. Adapun tujuan dari program ini secara umum adalah membantu mengembangkan UMKM dan Koperasi di Kelurahan Telaga Sari Kota Balikpapan. Tujuan dari program ini secara khusus untuk masyarakat di wilayah Kelurahan Telaga Sari Kota Balikpapan adalah membantu pendampingan dalam meningkatkan produksi UMKM dan Koperasi; membantu pendampingan dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dalam mengelola potensi daerah yang dapat dikelola menjadi produk unggulan dalam UMKM dan Koperasi; membantu pendampingan dalam meningkatkan penjualan (pemasaran) produk UMKM dan Koperasi; membantu pendampingan dalam menyusun laporan keuangan UMKM dan Koperasi; membantu pendampingan dalam meningkatkan penjualan UMKM dan Koperasi; dan membantu meningkatkan potensi yang ada di Kelurahan Telaga Sari Kota Balikpapan.

Kata Kunci : Potensi Masyarakat, UMKM, Koperasi, Kesejahteraan

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Sudjinan Sudjinan, Universitas Balikpapan

Juwari Juwari, Universitas Balikpapan

References

Anggraini, D., & Nasution, S. H. (2013). Peranan kredit usaha rakyat (KUR) bagi pengembangan UMKM di Kota Medan (studi kasus Bank BRI). Ekonomi dan Keuangan, 1(3).
Anitah, W. (2014). Strategi Pembelajaran Ekonomi dan Koperasi.
Anoraga, P., & Sudantoko, H. D. (2002). Koperasi, kewirausahaan, dan usaha kecil. Penyalur tunggal, Rineka Cipta.
Ayuk, N. M. T., & Utama, I. M. S. (2013). Pengaruh Jumlah Anggota, Jumlah Simpanan, Jumlah Pinjaman dan Jumlah Modal Kerja terhadap Sisa Hasil Usaha (SHU) Koperasi Simpan Pinjam (KSP) di Kabupaten Badung Provinsi Bali. Jurnal Ekonomi Universitas Udayana.
Baswir, R. (2010). Koperasi Indonesia. BPFE, Fakultas Ekonomi UGM.
Chrismardani, Y. (2014). Komunikasi pemasaran terpadu: implementasi untuk UMKM. Neo-Bis, 8(2), 179-189.
Ganitri, P. T., Suwendra, I. W., Yulianthini, N. N., & SE, M. (2015). Pengaruh Modal Sendiri, Modal Pinjaman, dan Volume Usaha terhadap Selisih Hasil Usaha (SHU) pada Koperasi Simpan Pinjam. Jurnal Jurusan Manajemen, 2(1).
Hasbullah, R., Surahman, M., Yani, A., Almada, D. P., & Faizaty, E. N. (2014). Model pendampingan UMKM pangan melalui inkubator bisnis perguruan tinggi. Jurnal ilmu Pertanian indonesia, 19(1), 43-49.
Hutauruk, T. R., Salasiah, S., & Jamli, J. (2016). Kesiapan Pemerintah Kabupaten/kota Provinsi Kalimantan Timur Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (Mea). KINERJA, 20(2), 161-178.
Indrayati, K. (2012). ANALISIS KINERJA KEUANGAN BERDASARKAN METODE CAMEL PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM. Management Analysis Journal, 1(1).
Koperasi, K. (2011). UKM. 2012. Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), dan Usaha Besar (UB) Tahun, 2012.
Nurhanafi, A. (2013). Sistem Informasi Simpan Pinjam Pada Koperasi Sari Mulyo Kecamatan Ngadirojo. IJNS-Indonesian Journal on Networking and Security, 3(3).
Partomo, T. S., & Soejoedono, A. R. (2002). Ekonomi skala kecil/menengah & koperasi. Ghalia Indonesia.
Prasetyo, P. E. (2008). Peran usaha mikro kecil dan menengah (umkm) dalam kebijakan penanggulangan kemiskinan dan pengangguran. Akmenika Upy, 2(1), p1-13.
Purwanti, E. (2013). Pengaruh karakteristik wirausaha, modal usaha, strategi pemasaran terhadap perkembangan UMKM di Desa Dayaan dan Kalilondo Salatiga. Jurnal Ilmiah Among Makarti, 5(9).
Ridwan, M., & Hatuwe, M. (2017). Pembinaan Industri Kecil dan Menengah Pada Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kota Bontang. Jurnal Administrative Reform (JAR), 2(2), 187-199.
Rudiantoro, R., & Siregar, S. V. (2012). Kualitas laporan keuangan umkm serta prospek implementasi SAK ETAP. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia, 9(1), 1-21.
Sudaryanto, R., & Wijayanti, R. R. (2013). Strategi pemberdayaan UMKM menghadapi pasar bebas Asean. Pusat Kebijakan Ekonomi Makro. Badan Kebijakan Fiskal. Kementerian Keuangan, Jakarta.
Supardal, S., Utami, S., & Winarti, S. E. (2013). Manajemen UKM Berbasis Jejaring Produk Sejenis Dalam Rangka Menghadapi Pasar Global. Jurnal Siasat Bisnis, 17(2), 251-264.
Suprayitno, B. (2007). Kritik terhadap koperasi (serta solusinya) sebagai media pendorong pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Jurnal ekonomi & pendidikan, 4(2).
Suriana, I., Finanto, H., Setiarini, A., Ghozi, S., & Ismawanto, T. (2018). IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENJUALAN PRODUK-PRODUK USAHA KECIL BINAAN POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN. J-Dinamika, 3(1).
Susilo, Y. (2012). Strategi meningkatkan daya saing UMKM dalam menghadapi implementasi CAFTA dan MEA. Buletin Ekonomi.
Tedjasuksmana, B. (2014). Potret UMKM Indonesia menghadapi masyarakat ekonomi ASEAN 2015.

Downloads

Published

2018-12-31

How to Cite

Sudjinan, S., & Juwari, J. (2018). PEMBERDAYAAN POTENSI MASYARAKAT MELALUI PENDAMPINGAN UMKM DAN KOPERASI DI KELURAHAN TELAGA SARI KOTA BALIKPAPAN. Jurnal Abdi Masyarakat Ilmu Ekonomi (JAMIE), 1(01), Pages 40–49. https://doi.org/10.36277/jamie.v1i01.32

Issue

Section

Articles