PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MINYAK GORENG TAWON DI TOKO ADIT BALIKPAPAN
DOI:
https://doi.org/10.36277/mreko.v3i1.367Kata Kunci:
: Product, , Price, , Location, Promotion, Purchase DecisionAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh secara parsial dan simultan antara variabel bauran pemasaran (produk, harga, lokasi, dan promosi) terhadap keputusan pembelian produk minyak goreng Tawon pada Toko Adit Balikpapan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini 323 orang konsumen akhir dan bukan pengusaha toko retail yang membeli minyak goreng Tawon untuk diperjual belikan kembali. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Alat uji yang digunakan adalah uji instrumen, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel produk, harga, lokasi, dan promosi mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian baik secara parsial ataupun simultan. Variabel harga mempunyai pengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian produk minyak goreng Tawon pada Toko Adit Balikpapan.
Referensi
Ismanto, J. (2020). Manajemen Pemasaran. Tangerang: Unpam Press.
Kelvinia, K., Putra, M. U. M., & Efendi, N. (2021). Pengaruh Lokasi, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 11(2), 85–98. https://doi.org/10.55601/jwem.v11i2.795
Kotler, P., & Amstrong, G. (2018). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Manajemen Pemasaran. Jakarta:PT Indeks.
Listighfaroh, M. I. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sabun Cair Feira White Shower Cream Di Surabaya. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 1–17.
Malau, H. (2018). Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabeta.
Manullang, M. (2018). Dasar-Dasar Manajemen. Bogor: Ghalia Indonesia.
Mulyani, C. D., Ellyawati, N., & Haidar, K. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Minyak Goreng Kunci Mas Pada Toko H. Aan Tanah Grogot. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 4(2).
Nadiya, F. H., & Wahyuningsih, S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Fashion 3second Di Marketplace (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Fashion 3second Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(2), 1–20.
Nasution, A. E., Putri, L. P., & Lesmana, M. T. (2019). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kepercayaan dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada 212 Mart di Kota Medan. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 194–199.
Pasaribu, R. F. A., Kakana, L. A., Hutahuruk, T. E., & Hutasoit, E. A. (2019). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Minyak Goreng Bimoli Pada PT. Salim Ivomas Pratama, Tbk Lubuk Pakam. Jurnal Ilmiah Socio Secretum, 9(1).
Permana, J., & Adji, W. H. (2021). Pengaruh Lokasi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian DI Khanza Barokah Minimarket. Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi Dan Akuntansi, Vol.5(No.2), 1692–1701.
Prabawa, I. K. A., & Hartati, P. S. (2022). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Minyak Goreng Merek Bimoli. Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 2(3).
Pratama, I., & Rahmidani, R. (2020). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Produk Minyak Goreng Sulaman Khas Kota Padang. EcoGen, 3(1).
Prihatiningtyas, G., & Chasanah, U. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Blanco Coffee Yogyakarta. Jurnal Riset Manajemen, 9(2), 1–18.
Putra, A. R., & Mashariono. (2019). Pengaruh Produk, Harga, Lokasi dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 8(12).
Rosita, R. D., Budiarto, & Kismantoroadji, T. (2020). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran 7P Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Luwak Mataram. Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi, 21(1), 1–9.
Sari, F. Y., & Utomo, S. B. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Grandfather Coffeeshop Surabaya). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 19.
Shinta, A. (2020). Manajemen Pemasaran. Malang: UB Press.
Sudaryono. (2018). Pengantar Manajemen: Teori dan Kasus. Jakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, F., & Diana, A. (2019). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.
Wulansari, R. (2019). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Boga Sejahtera Di Cikarang. Jurnal Ekonomi Efektif, 1(4), 255. https://doi.org/10.32493/jee.v1i4.10706
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 MEDIA RISET EKONOMI [MR.EKO]
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Anda bebas untuk:
Membagikan - menyalin dan mendistribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun untuk tujuan apa pun, bahkan untuk tujuan komersial.
Mengadaptasi - menggubah, mengubah, dan mengembangkan materi untuk tujuan apa pun, bahkan untuk tujuan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti persyaratan lisensi.
Dengan ketentuan sebagai berikut:
Atribusi - Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan jika ada perubahan. Anda dapat melakukannya dengan cara yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
Tidak ada batasan tambahan - Anda tidak boleh menerapkan ketentuan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.
Pemberitahuan:
Anda tidak harus mematuhi lisensi untuk elemen-elemen materi yang berada dalam domain publik atau di mana penggunaan Anda diizinkan oleh pengecualian atau pembatasan yang berlaku.
Tidak ada jaminan yang diberikan. Lisensi ini mungkin tidak memberikan semua izin yang diperlukan untuk penggunaan yang Anda inginkan. Sebagai contoh, hak-hak lain seperti publisitas, privasi, atau hak moral dapat membatasi cara Anda menggunakan materi tersebut.