PERAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT DALAM PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM)
DOI:
https://doi.org/10.36277/jamie.v7i2.557Keywords:
Balikpapan tengah, SiApik, UMKMAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran pengabdian pada masyarakat prioritas untuk memajukan perubahan lingkungan keberlanjutan pada upaya peningkatan kinerja usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Dengan pengabdian masyarakat di harapkan terdapat perubahan yang signifikan dan terdapat pengaruh positif pada lingkungan wilayah Balikpapan Tengan dalam meningkatkan kinerja keberlanjutan UMKM. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dimaksudkan untuk menyempurnakan dan mengembangkan sistem penganalisisan keuangan UMKM dengan menggunakan SiApik . Si Apik adalah sistem yang dikembangan oleh Bank Indonesia Untuk Membantu UMKM dalam mememudahkan pelaporan keuangan demi keberlanjutan pengembangan Usahanya.
Downloads
References
Febriyantoro, M. T. & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76
Hendriadi, Ade Andri., Sari, Betha Nurina., & Padilah, Tesa Nur. (2019). Pelatihan Digital (UMKM) di Kabupaten Karawang. Jurnal Pengabdian Masyarakat J-DINAMIKA, 4(2), 120-124
Pradiani, T. (2018). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53.
Sarfiah, S. N., Atmaja, H. E., & Verawati, D. M. (2019). UMKM sebagai pilar membangunekonomi bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(2), 137-146
Yasmin A, Tasneem S, Fatema K. 2015. Effectiveness of Digital Marketing in the Challenging Age: An Empirical Study. International Journal of Management Science and Business Administration, 1 (5), 69-80.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Abdi Masyarakat Ilmu Ekonomi (JAMIE)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.