ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN DI KEDAI KOPI HITAM MANIS BONTO BULAENG
DOI:
https://doi.org/10.36277/mreko.v3i4.541Kata Kunci:
SWOT, Marketing Mix, Sales VolumeAbstrak
Tujuan penelitian ini untuk menganalisa Strategi Pemasaran Kedai Kopi Hitam Manis dalam meningkatkan volume penjualannya ditengah tengah persaingan yang sangat ketat dengan menggunakan analisis SWOT, dengan mengindetifikasi faktor faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi keberhasilan pemasaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui analisis SWOT yang dilakukan oleh Kedai Kopi Hitam Manis dalam melakukan bauran pemasaran dan mengetahui implementasi pemasaran dalam upaya meningktakan voulme penjualan. Alat yang digunakan adalah pendekatan kualititatif yang tergolong sebagai penelitian lapangan (field research) dan dalam pengumpulan datanya menggunakan metode observasi , wawancara dan dokumentasi
. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil kesimpulan penelitian ini menunjukkan dalam implentasi SWOT di kedai kopi Hitam Manis Bonto Bulaeng dalam kekuatan terdapat kualitas produk yang dihasilkan, harga terjangkau , promosi penjualan langsung melalui media online dan lokasi yang strategis ditengah tengah pemukiman padat penduduk. Untuk kelemahan terdapat sulitnya mendapat kualitas sumber daya manusia yang baik dan terbatasnya lahan parkir bagi pengunjung. Dalam peluangnya terdapat luasnya pangsa pasar, memperbanyak tempat usaha karena minum kopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat, namun dalam ancaman terdapat munculnya pesaing pesaing baru yang tentunya mempunyai strategi strategi baru yang jauh lebih baik.
Selain itu dalam implementasinya , strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan Kedai Kopi Hitam Manis Bonto Bulaeng menjalankan strategi produk dengan mencari supplier yang murah, strategi harga dengan membuat harga terjangkau , strategi tempat dengan meningkatkan fasilitas tempat yang menempatkan pemain musik dan strategi promosinya dengan metode promosi word of mouth serta melalui media sosial.
Referensi
Atmoko, T. P. H. (2018). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Di Cavinton Hotel Yogyakarta. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, 1(2), 83–96.
Hasibuan, Z., Manumono, D., & Ambarsari, A. (2019). Usaha Tani Kopi Robusta (Studi Kasus di Desa Madigondo, Kecamatan Samigaluh). Jurnal Masepi, 1(1).
Komalig, A. L. (2013). Manajemen Hubungan Pelanggan dan Promosi Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Debitor Pada PT. Bank Sulut Cabang Calaca Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4).
Kotler, P., & Amstrong, G. (2014). Principles of Marketing, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.
Kurnain, R. N., & Marlena, N. (2021). Pengaruh Cafe Atmosphere Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Fruts Cafe Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2), 1279–1285.
Lestari, W., Musyahidah, S., & Istiqamah, R. (2019). Strategi Marketing Mix Dalam Meningkatkan Usaha Percetakan Pada CV. Tinta Kaili dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(1), 63– 84.
Nugraha, A. (2022). Analisis Bauran Pemasaran Dalam Pembelian Mobil Bekas Di Perkasa Mobil. Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL, 10(4), 273– 278.
Rahmawati, A., & Huda, A. (2018). Senam Pagi untuk Membangun Motivasi Belajar Siswa Tunagrahita. Jurnal Ortopedagogia, 4(1), 26–32.
Tania, A. E., Hermawan, H., & Izzuddin, A. (2022). Pengaruh Lokasi Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 9(1), 75–84.
Veronica, M. T., & Ilmi, I. M. B. (2020). Minuman kekinian di kalangan mahasiswa Depok dan Jakarta. Indonesian Journal of Health Development, 2(2), 83–91. Widharta, W. P., &
Rosita, R. D., Budiarto, & Kismantoroadji, T. (2020). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran 7P Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Luwak Mataram. Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi, 21(1), 1–9.
Sari, F. Y., & Utomo, S. B. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Grandfather Coffeeshop Surabaya). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 19.
Shinta, A. (2020). Manajemen Pemasaran. Malang: UB Press.
Sudaryono. (2018). Pengantar Manajemen: Teori dan Kasus. Jakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, F., & Diana, A. (2019). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.
Wulansari, R. (2019). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Boga Sejahtera Di Cikarang. Jurnal Ekonomi Efektif, 1(4), 255. https://doi.org/10.32493/jee.v1i4.10706
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 C. Prihandoyo, Stepanus Dedy Deomedes, Adi Hermawansyah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Anda bebas untuk:
Membagikan - menyalin dan mendistribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun untuk tujuan apa pun, bahkan untuk tujuan komersial.
Mengadaptasi - menggubah, mengubah, dan mengembangkan materi untuk tujuan apa pun, bahkan untuk tujuan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti persyaratan lisensi.
Dengan ketentuan sebagai berikut:
Atribusi - Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan jika ada perubahan. Anda dapat melakukannya dengan cara yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
Tidak ada batasan tambahan - Anda tidak boleh menerapkan ketentuan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.
Pemberitahuan:
Anda tidak harus mematuhi lisensi untuk elemen-elemen materi yang berada dalam domain publik atau di mana penggunaan Anda diizinkan oleh pengecualian atau pembatasan yang berlaku.
Tidak ada jaminan yang diberikan. Lisensi ini mungkin tidak memberikan semua izin yang diperlukan untuk penggunaan yang Anda inginkan. Sebagai contoh, hak-hak lain seperti publisitas, privasi, atau hak moral dapat membatasi cara Anda menggunakan materi tersebut.