Pengaruh Iklan Televisi terhadap Perilaku Pembelian Anak-Anak Di Kabupaten Pati
DOI:
https://doi.org/10.36277/mreko.v3i2.418Kata Kunci:
iklan, perilaku pembelian, anak-anak, anak, kabupaten pati, artisAbstrak
Penelitian ini ini mengkaji pengaruh iklan televisi terhadap keputusan pembelian anak-anak di Kabupaten Pati. Populasi yang diteliti dalam penelitian ini adalah anak-anak berdomisili di Kabupaten Pati berusia 13 hingga 17 tahun yang menonton iklan televisi. Dari 225 responden yang menjadi sampel penelitian, 202 respon, atau 89,78%, diterima dan layak untuk dianalisis. Data dikumpulkan melalui kuesioner. Sampel diambil dengan metode convenience dan purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan IBM Statistical Program for Social Sciences (SPSS) menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa informasi berkualitas, intrusivitas informasi, dan iklan yang disukai berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pembelian anak-anak. Penelitian ini menyarankan agar informasi yang disajikan berkualitas, akurat, dapat diandalkan, dan tepat waktu tentang produk serta penggunaan artis yang populer dan disukai dalam iklan televisi.
Referensi
Anggraeni, Dinny. 2022. “Pengaruh Iklan, Slogan, Duta Merek, Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Kesadaran Merek Tokopedia.” Sekolah Tinggi Ilmu EKonomi Indonesia.
Bamfo, Bylon Abeeku, Jerry Jay Kraa, Perdita Asabere, and Bede Akorige Atarah. 2019. “Effect of Television Adverts on Children’s Purchase Behaviour: Evidence from Ghana.” Cogent Business and Management 6(1). doi: 10.1080/23311975.2019.1614740.
Cortini, Michela, Raffaella Giordano, Paula Benevene, Sara Cervai, Teresa Galanti, Stefania Fantinelli, and Teresa Di Fiore. 2021. “How Power Is Pester Power? A Mix-Method Study.” TPM - Testing, Psychometrics, Methodology in Applied Psychology 28(1):37–46. doi: 10.4473/TPM28.1.3.
Fauzi, Andri Afrialdi, and Erni Martini. 2021. “Pengaruh Iklan Di Televisi Terhadap Perilaku Pembelian Produk Dan Jasa Liburan Pada Anak-Anak Usia 13-18 Tahun (the Influence of Television Advertising on Purchase Behavior of Products and Holiday Services At Children Aged 13-18 Years Old).” 8(2):935–43.
Ghozali, Imam. 2019. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. 8th ed. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gulla, A., and H. Purohit. 2013. “Children’s Attitude towards Television Advertisements and Influence on the Buying Behavior of Parents.” International Journal of Marketing, Financial Services 2(6):103–17.
Gunardi, Ardi, Swati Mathur, and Eddy Jusuf. 2023. “Television Advertisements: Children’S Pestering Power Influence on Parents Buying Behaviour.” International Journal of Professional Business Review 8(4):1–29. doi: 10.26668/businessreview/2023.v8i4.1852.
Ho Nguyen, Hai, Bang Nguyen-Viet, Yen Thi Hoang Nguyen, and Tin Hoang Le. 2022. “Understanding Online Purchase Intention: The Mediating Role of Attitude towards Advertising.” Cogent Business and Management 9(1). doi: 10.1080/23311975.2022.2095950.
Ikpefan, O., O. Folashade, E. Agwu, and D. A. Odunaike. 2014. “Working Capital Management and Profitability of the Manufacturing Sector: An Empirical Investigation of Nestle Nigeria Plc and Cadbury Nigeria Plc.”
Kumalasari, Nur, and Niken Febrina Ernungtyas. 2020. “Televisi Dan Remaja: Implikasi Televisi Pada Interaksi Sosial, Pembelajaran Dan Politik Remaja.” KOMUNIDA : Media Komunikasi Dan Dakwah 10(01):66–85. doi: 10.35905/komunida.v10i01.1207.
Manawardhana, Maheshika. 2022. “A Comprehensive Literature Review on Marketing Strategies Adopted by Various Industries.” SSRN Electronic Journal 1–14. doi: 10.2139/ssrn.4307653.
Muchardie, Brian Garda, and Gilna Eka Pujiansyah. 2020. “E-Commerce Endorser Profiling With Viscap Model And Its Impact On Brand Personality And Purchase Intention.” PalArch’s Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology 17(7):2347–57.
Nazara, Desman Serius. 2021. “Pengaruh Periklanan Terhadap Volume Penjualan Pada Toko Tricomsel Gunungsitoli.” Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Dan Akuntansi 9(3):1386–1401.
Nurhalim, Andres Dharma. 2021. “Peran Iklan Terhadap Perilaku Konsumen : Kampanye Iklan Gojek Terhadap Perilaku Konsumen Di Kota Tangerang.” Jurnal Ekombis 7(1):12–26.
Octavina, Larissa Adella, and Maria Rio Rita. 2021. “Digitalisasi UMKM, Literasi Keuangan, Dan Kinerja Keuangan : Studi Pada Masa Pandemi Covid-19.” STIE Perbanas Press 2021 11:73–92. doi: 10.14414/jbb.v11i1.2552.
Pelet, Jean Éric, and Saïd Aboubaker Ettis. 2022. “Social Media Advertising Effectiveness: The Role of Perceived Originality, Liking, Credibility, Irritation, Intrusiveness, and Ad Destination.” International Journal of Technology and Human Interaction 18(1). doi: 10.4018/IJTHI.2022010106.
Pratiwiningsih, Ika. 2018. “Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Brand Image (Studi Pada Konsmuen Honda Vario Di CV. Sumber Makmur Abadi).” Unnes 1–60.
Presiden Republik Indonesia. 2002. Anak, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan. Jakarta.
Puspaningrum, Astrid. 2020. “The Influence of Brand Image on Satisfaction To Improve Customer Retention Towards Batik Keris in Malang City.” Jurnal Aplikasi Manajemen 18(1):142–51. doi: 10.21776/ub.jam.2020.018.01.14.
Putra, Fikry Pradana Restu. 2023. “Pengaruh Social Media Dan E-WOM Terhadap Minat Beli Ulang (Survei Pada Konsumen Kopi Janji Jiwa Transmart Buah Batu).” Universitas Pasundan Bandung.
Silviadewi, S. 2021. “Pengaruh Iklan Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Persepsi Konsumen Sebagai Variabel Intervening.” Publikasi Ilmiah Program Studi Manajemen Universitas Muhammadiyah Surakarta 1–15.
Singarimbun, M., and S. Effendi. 2015. Metode Penelitian Survai. Jakarta: LP3ES.
Sudrajat, Alfreninda. 2018. “Pengaruh Kemenarikan Iklan Humor Terhadap Niat Beli, Word Of Mouth, Dan Recall (Studi Pada Iklan Televisi Bukalapak Versi Emang Cincai).” 11–31.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tantuah, Naldo Noviyan, Muhamad Heychael, and Adam Esfahan Burhanuddin. 2023. “Strategi Branding Pada Komunikasi Korporat PT Wargi Santosa.” Jurnal Sosial Humaniora Terapan 5(2). doi: 10.7454/jsht.v5i2.1022.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 MEDIA RISET EKONOMI [MR.EKO]
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Anda bebas untuk:
Membagikan - menyalin dan mendistribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun untuk tujuan apa pun, bahkan untuk tujuan komersial.
Mengadaptasi - menggubah, mengubah, dan mengembangkan materi untuk tujuan apa pun, bahkan untuk tujuan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti persyaratan lisensi.
Dengan ketentuan sebagai berikut:
Atribusi - Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan jika ada perubahan. Anda dapat melakukannya dengan cara yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
Tidak ada batasan tambahan - Anda tidak boleh menerapkan ketentuan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.
Pemberitahuan:
Anda tidak harus mematuhi lisensi untuk elemen-elemen materi yang berada dalam domain publik atau di mana penggunaan Anda diizinkan oleh pengecualian atau pembatasan yang berlaku.
Tidak ada jaminan yang diberikan. Lisensi ini mungkin tidak memberikan semua izin yang diperlukan untuk penggunaan yang Anda inginkan. Sebagai contoh, hak-hak lain seperti publisitas, privasi, atau hak moral dapat membatasi cara Anda menggunakan materi tersebut.