PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO BUDI FROZEN DI BALIKPAPAN
DOI:
https://doi.org/10.36277/mreko.v2i4.333Kata Kunci:
Price, Buying decision, The Influence of Product, Location, Promotion.Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga, promosi dan lokasi terhadap keputusan pembelian pada toko Budi Frozen di Balikpapan. Penelitian ini dilakukan di toko Budi Frozen di Balikpapan dengan responden 144 orang. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data penelitian dengan cara menyebarkan kuesioner secara langsung. Teknik analisi data yang digunakan untuk meneliti adalah analisi linier berganda dengan melakukan uji instrument, uji asumsi klasik dan uji hipotesis secara parsial (uji-t). Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa kualitas produk, harga, promosi, dan lokasi mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian baik secara parsial ataupun simultan.
Referensi
Abdurrahman, Nana Herdina.. (2017). Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung: Pustaka Setia.
Acuan, K., & Pembelian, K. (2020). Pengaruh Word Of Mouth, Kelompok Acuan, Dan Life Style Terhadap Keputusan Pembelian. 2(6), 910–926.
Agung, I. G., & Sri, K. (2019). Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali Dikutip Dari Www.Nokiamob.Net Memperlihatkan Penurunan Penjualan. 8(3), 1374–1400.
Amilia, S. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi Di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 6(1), 660-669. Retrieved From
Anggraeni, A. R., & Soliha, E. . (2020). Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Kopi Lain Hati Lamper Kota Semarang). Al Tijarah, 6(3), 96. Https://Doi.Org/10.21111/Tijarah.V6i3.5612
Ardista, R., & Wulandari, A. (2020). Analisis Pengaruh Harga, Lokasi Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 15(2), 1–13. Https://Doi.Org/10.32534/Jv.V15i2.1156
Assael. (1992). Consumer Behavior. Edisi Bahasa Indonesia. New Jersey: Prenticehall
Atmosphere, S. (2023). Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi , Keuangan & Bisnis Syariah Pengaruh Price Discount , Store Atmosphere , Dan Display Product Terhadap Impulse Buying Pada Matahari Department Store Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi , Keuangan & Bisnis Syariah. 5, 2777–2788. Https://Doi.Org/10.47467/Alkharaj.V5i6.3646
Ayumi, B., & Budiatmo, A. (2021). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Hypermart Paragon Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(2), 1169-1176. Https://Doi.Org/10.14710/Jiab.2021.31511
Bagida, D. L., Tumbel, T. M., & Mukuan, D. (2021). Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat Pada Cv . Lion Jailolo. Jurnal Productivity, 2(2), 146–151.
Barcelona, O., Tumbel, T. M. And Kalangi, J. A. F. (2019). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Pada Cv. Justiti Motor Lembata. Jurnal Administrasi Bisnis. 8. 34. 10.35797/Jab.8.2.2019.23560.34-42.
Basu Swastha Dan Irawan, (2000), Manajemen Pemasaran Modern, Edisi 2, Yogyakarta : Liberty.
Basu Swastha. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Kedelapan. Jakarta: Penerbit Liberty Basu Swastha. (2009). Manajemen Penjualan. Yogyakarta : Bpfe Fandy Tjiptono. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta: Andi Offset
Darmanto, Dan Wardaya, S. (2016). Manajemen Pemasaran Untuk Mahasiswa,Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah. Yogyakarta: Deepublish
Duan, R. R., Kalangi, J. A. F., & Walangitan, O. F. C. (2019). Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha Mio Pada Pt. Hasjrat Abadi Tobelo. Jurnal Administrasi Bisnis, 9(1), 128. Https://Doi.Org/10.35797/Jab.9.1.2019.23710.128-136
Etzel, Michael J., Walker, Bruce J.. (1997). Marketing Michael J. Etzel, Bruce J. Walker [And] William J. Stanton (11th Ed). New York: The Mcgraw Hill.
Fariz, A. (2019). Effect Of Earning Management , Inventory Intensity And Capital Intensty On Tax Aggressiveness. 547–562.
Fure, H., Produk, K., Ekonomi, F., & Manajemen, J. (N.D.). No Title. 1(3), 273–283.
[email protected]. (2020). Industri Pangan Indonesia Bersiap Hadapi Covid-19 (P. 2). Https://Gapmmi.Id/Article/Read/7620/Industri-Pangan-Indonesia-Bersiap-Hadapi-Covid-19
Ghanimata, F., & Kamal, M. (2012). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pembeli Produk Bandeng Juwana Elrina Semarang). Diponegoro Journal Of Management, 1(4), 13-22. Retrieved From Https://Ejournal3.Undip.Ac.Id/Index.Php/Djom/Article/View/755
Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss 21 Update Pls Regresi.
Hindrayani, A. (2010). Manajemen Operasi. Yogyakarta: Pohon Cahaya.
Hutosoit, K., Suada, I., & Suarjana, I. (2013). Kualitas Daging Se’i Sapi Di Kota Kupang Ditinjau Dari Jumlah Bakteri Coliform Dan Kadar Air. Indonesia Medicus Veterinus, . Retrieved From Https://Ojs.Unud.Ac.Id/Index.Php/Imv/Article/View/5536
Istoto, S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Buah Melon Pt . Syafina Niaga. 6(2).
Jackson, P., & Viehoff, V. (2016) Reframing Convenience Food. Appetite, 98, 1–11. Https://Doi.Org/10.1016/J.Appet.2015.11.032
Jurnal, J., & Mea, I. (2021). Jimea | Jurnal Ilmiah Mea ( Manajemen , Ekonomi , Dan Akuntansi ). 5(3), 1171–1184.
Juwana, B., & Semarang, E. (2012). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian. 1, 1–10.
Kennedy, John E., 1972-; Dermawan Soemanagara, R. (Rizky), 1972-. (2006.). Marketing Communication : Taktik & Strategi / John E. Kennedy, R. Dermawan Soemanagara. Jakarta :: Bhuana Ilmu Populer,.
Kotler (2009), Manajemen Pemasaran Dan Bauran Pemasaran 2, Edisi Milinium Jakarta Pt. Prenhallindo. Kottler P. & Keller K. L. (2008) Manjemen Pemasaran 1, Edisi 12 Indonesia Pt. Indek
Kotler, P And Gary Armstrong (2012). Prinsip –Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Kotler, P. Dan K. L. K. (2017). Manajemen Pemasaran. Edisi 1.Alih Bahasa: Bob Sabran, Mm. Erlangga.
Kuncoro, M. (2009). Metode Riset Untuk Bisnis Dan Ekonomi. Edisi 3. Erlangga.
Laurens, S. K., Kalangi, J. A. F., & Walangitan, O. F. C. (2019). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Vario Pada Pt. Tridjaya Motor Manado. Jurnal Administrasi Bisnis, 9(1), 28. Https://Doi.Org/10.35797/Jab.9.1.2019.23528.28-34
Lubis, D. I. D., & Hidayat, R. (2017). Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan Policies For Admission Of New Students View Project. Ilman, 5(July), 15–24. Https://Www.Researchgate.Net/Publication/318463783
Lupiko, R. F., & W, H. D. (N.D.). Pengaruh Inovasi Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Supra X 125 Riza Fakhri Lupiko , Departemen Administrasi Bisnis , Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Handojo Djoko W ., Departemen Administrasi Bisnis , Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Riza Fakhri Lupiko , Departemen Administrasi Bisnis , Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Handojo Djoko W ., Departemen Administrasi Bisnis , Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu. 1–10.
Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi (Edisi 3).Salemba Empat.
Martindale, W., & Schiebel, W. (2017) The Impact Of Food Preservation On Food Waste. British Food Journal. 119 (12), 2510-2518
Panjaitan, H., & Cahyanto, H. (2017). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Pakan Ternak Ayam Pedaging Di Kabupaten Jombang Jawa Timur. 4(1).
Polla, Febriano Clinton. (2018). Analisis Pengaruh Harga , Promosi , Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Sea Analysis Of The Influence Of Price , Promotion , Location And Services Quality On Purchase Decisions In Pt . Indomaret Manado Unit Jalan Sea. 6(4), 3068–3077.
Priansa, D. J. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu: Pada Era Media Sosial. Cv Pustaka Setia.
Pt. Estika Tata Tiara. (2021). Panduan Lengkap Bisnis Frozen Food : Cara, Tips Dan Analisa Bisnisnya.
Riady, R., & Aspiranti, T. (N.D.). Penentuan Lokasi Alternatif Kantor Dan Pabrik Pt . Sublimindo Dengan Menggunakan Metode Center Of Gravity Dan Factor Rating.
Rohman, A., & Maryati, Y. S. (2021). Pengaruh Pemahaman Dihubungkan Dengan Keberhasilan Bisnis Online Pada Mahasiswa Stebismu Sumedang. Revenue: Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 2(2), 129-140. Https://Doi.Org/10.24042/Revenue.V2i2.9260
Rqdog, S., Rqr, V. D. U., & Sembiring, I. J. (2014). Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. 15(1), 1–10.
Santoso, I., S. A. Mustaniroh, & D. Pranowo. (2018). Keakraban Produk Dan Minat Beli Frozen Food : Peran Pengetahuan Produk, Kemasan Dan Lingkungan Sosial. J. Ilm. Kel. Kons. 11(2):134-144.
Seliwati, R. (2022). Consumer Purchase Decisions At Matahari Citimall Sampit : Product , Prices , And Promotions Keputusan Pembelian Konsumen Di Matahari Citimall Sampit : Produk , Harga , Dan Promosi. 3(2), 117–126.
Subagja, Iwan & Istoto, Slamet. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Buah Melon Pt. Syafina Niaga. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana. 6. 10.35137/Jmbk.V6i2.189.
Sugianto, A., & Rahman, S. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Lampu Shinyoku Di Cv. Sinar Abadi Pekanbaru
Sungkawati, E., Meliantari, D., Egim, S., & Mulyana, M. (2022). Perilaku Konsumen (Suatu Pengantar).
Supaartagorn, C. (2017). Marketing Mix Factors Toward Decision Making In The Purchasing Goods And Services Via Facebook : In The Case Of Muang District , Ubonrajchathani Province ,. 2, 50–54.
Supriyadi, D. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, Volume 3 N, 135–144.
Syatori, A. (2019). Wisata Priority ( Studi Kasus : Kereta Sembrani Di Stasiun Gambir ) Analysis Of Consumer Attitudes Sembrani Train Priority ( Survey : Sembrani Trains At Gambir Station ) Wisata Priority Analysis Of Consumer Attitudes Towards Ka.
Umar Husein. (2017). Untuk Variabel Kualitas Produk (X) Bertanda Positif, Artinya Variabel Tersebut Berpengaruh Positif Terhadap Keputusan Pembelian (Y). Variabel Kualitas Produk (X) Memiliki Nilai Koefisien Regresi (B. 1(2), 80–103.
Yulianto, A. D. (2017). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 MEDIA RISET EKONOMI [MR.EKO]
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Anda bebas untuk:
Membagikan - menyalin dan mendistribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun untuk tujuan apa pun, bahkan untuk tujuan komersial.
Mengadaptasi - menggubah, mengubah, dan mengembangkan materi untuk tujuan apa pun, bahkan untuk tujuan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti persyaratan lisensi.
Dengan ketentuan sebagai berikut:
Atribusi - Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan jika ada perubahan. Anda dapat melakukannya dengan cara yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
Tidak ada batasan tambahan - Anda tidak boleh menerapkan ketentuan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.
Pemberitahuan:
Anda tidak harus mematuhi lisensi untuk elemen-elemen materi yang berada dalam domain publik atau di mana penggunaan Anda diizinkan oleh pengecualian atau pembatasan yang berlaku.
Tidak ada jaminan yang diberikan. Lisensi ini mungkin tidak memberikan semua izin yang diperlukan untuk penggunaan yang Anda inginkan. Sebagai contoh, hak-hak lain seperti publisitas, privasi, atau hak moral dapat membatasi cara Anda menggunakan materi tersebut.