Kajian KAJIAN USAHA BARU ASPEK PEMASARAN, PRODUKSI, KEUANGAN, DAN MAKRO EKONOMI

(STUDI DAN SURVEY PADA PDAM TIRTAMARTA YOGYAKARTA)

Penulis

  • Ferri Kuswantoro Universitas Janabadra Yogyakarta
  • Titop Dwiwinarno Universitas Janabadra Yogyakarta
  • Handoko Hasthoro Universitas Janabadra Yogyakarta
  • Erni Hasanah Universitas Janabadra Yogyakarta
  • Nurwiyanta Nurwiyanta Universitas Janabadra Yogyakarta
  • Burhanudin Burhanudin Universitas Janabadra Yogyakarta
  • Robid Lokananta Universitas Janabadra Yogyakarta
  • Toni Mardianto Universitas Janabadra Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.36277/mreko.v2i3.285

Kata Kunci:

Keywords : New Business, Aspects, Marketing, Production, Finance, And Macroeconomics

Abstrak

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan air mineral dalam kemasan (AMDK)  perusahaan daerah air minum (PDAM) Tirtamarta Kodya Yogyakarta melakukan terobosan usaha melalui pengembangan diversifikasi usaha baru AMDK dengan merk “Ayoâ€. Pangsa pasar memiliki potensi tinggi akan AMDK “Ayo†selain masyarakat umum juga instansi-instansi pemerintah di Yogyakarta dan sekitarnya. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji kelayakan usaha produksi AMDK merk “Ayo†dari segi pemasaran, produksi, finansial, dan makro ekonomi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari aspek pemasaran, dengan anjuran pemerintah kota untuk aparatur sipil negara (ASN) untuk mengkonsumsi AMDK “Ayo†serta potensi tinggi konsumen Yogyakarta, di indikasikan layak. Aspek produksi layak dengan dukungan sarana mesin produksi terkini dan sumber daya manusia memiliki kompetensi yang sesuai sehingga operasional produksi mampu berdaya saing. Aspek finansial di tunjukkan dengan pay back period lebih kecil dari target jangka waktu investasi, net present value (NPV) yang di hasilkan positif, benefit cost ratio (BCR) lebih besar dari 1(satu), dan internal rate of return (IRR) kisaran 14% lebih besar dari discount factor (DF) yang di gunakan yaitu 12% maka secara kajian finansial layak. Aspek makro ekonomi adanya kebijakan pemerintah yang mendukung serta tingginya daya beli masyarakat khususnya target pasar kemudian di dukung dengan sarana infrastruktur transportasi dan komunikasi juga keamanan. Dengan demikian studi kelayakan usaha AMDK merk “Ayo†PDAM Tirtamarta Yogyakarta keseluruhan di katakan layak untuk di operasionalkan.

 

Kata Kunci : Usaha Baru, Aspek, Pemasaran, Produksi, Keuangan, Dan Ekonomi Makro

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Aliefah.A.N dan Nandasari.A.E.2022. Analisis Kelayakan Bisnis Ditinjau Dari Aspek Pemasaran Dan Keuangan Pada Kedai Olan’z Food Kebumen. Labatila : Jurnal Ilmu Ekonomi Islam,5,pp.112-128.

Basher, Syed Abul, and David G. Raboy. 2018. The misuse of net present value in energy efficiency standards. Renewable and Sustainable Energy Reviews, 96, pp.218-225

Bulut.2013. The Impact Of Marketing Research Activities On Marketing Performance In Textile Companies: A Study In Denizli. Journal of Management Economics and Business, 9, pp. 259-274.

Eko Suwito Handjojo.S.E, Syarief.R, Dan Sugiyono.2017.Analisis Kelayakan Bisnis Usaha Teh Papuaâ€, Manajemen IKM,12,pp.145-150.

Faradiba.B Dan Musmulyadi.2020. Analisis Studi Kelayakan Bisnis Usaha Waralaba Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Alpokat kocok_Doubig Di Makassar. Jurnal Keuangan dan Perbankan,2,pp.52-61.

Gunawan.K.2018.Peran Studi Kelayakan Bisnis Dalam Peningkatan UMKM (Studi Kasus UMKM di Kabupaten Kudus). Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam,6,pp.101-115.

Haryotejo. 2012. Analisis Iklim Investasi Daerah (Studi Kasus: Kota Semarang). Jurnal Bina Praja, 4, pp.1 – 10.

Kusuma.w.2012.Analisis Kelayakan Finansial Pengembangan Usaha Kecil Menengah (Ukm) Nata De Coco Di Sumedang, Jawa Barat,1,pp.113-120.

Kuswantoro,F, Titop Dwiwinarno, Handoko Arwi Hasthoro,Erni Umi Hasanah, dan Toni Mardianto.2021. Laporan Akhir Studi Kelayakan Bisnis Usaha Produksi Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merk Ayo Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtamarta Yogyakarta.

Lock.M, Post.D, Dollman, dan Parfitt.G.2020. Feasibility and Process Evaluation of a Need-Supportive Physical Activity Program in Aged Care Workers: The Activity for Well-Being Project. Original Research Article,11.

Moghli dan Abdallah.2012.Market Analysis And The Feasibility Of Establishing Small Businesses. European Scientific Journal,8,pp.94-113.

Madan Dan Jain.2016. A Feasible Study of Lean Manufacturing : An expert approach. International Journal of Engineering Studies. 8, pp.107-115.

Muriuki.2019.Effect of Market Research on Organizational Performance among Commercial Banks in Eldoret Town, Kenya. International Journal of Strategic Management and Procurement ,1, pp.59- 69.

Noviani.Y , Bathara , Dan Arief.H.2020. Analisis Kelayakan Usaha Rendang Kerang Di Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau, Jurnal Sosial Ekonomi Pesisir,1,pp.67-73.

Mahardika.A.2021. Studi Kelayakan Bisnis Restauran Dessert. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi (Jmbi Unsrat), 8,pp.625-634.

Nyamanza.2021. The Importance of Marketing Research Practices on the Performance of Tanzanian Manufacturing SMEs. Journal of Economics, Finance and Management Studies, 4,pp.575-596.

Nicholas Dan Chinedum.2017. The Role Of Feasibility Studies On Project And Organizational Performance. International Journal of Research in Social Sciences, 7, pp.155-170.

Purnamasari.D Dan Hendrawan.B. 2013. Analisis Kelayakan Bisnis Usaha Roti Ceriwis sebagai Oleh-Oleh Khas Kota Batam. Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis,3,pp.83-87.

Puspaningrum.2020.Market Orientation, Competitive Advantage and Marketing Performance of Small Medium Enterprises (SMEs). Journal of Economics, Business, and Accountancy Ventura, 23,pp. 19 – 27.

Prakash.A, Jha.S, Prasad.K, Dan Singh.A.2017. Productivity, quality and business performance: an empirical study. International Journal of Productivity and Performance Management.

Rahmadani Dan Makmur.2019. Analisis Studi Kelayakan Bisnis Pada Pengembangan UMKM Usaha Tahu Dan Tempe Karya Mandiri Ditinjau Dari Aspek Produksi, Aspek Pemasaran Dan Aspek Keuangan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis,1,pp.76-83.

Sajidil, Putri.D, Dan Kurnia.D.2019. Analisis Finansial Untuk Kelayakan Usaha Ud. Prima Bakery. JITMI, 2, pp.68-74.

Sunyoto. D.2014. Studi Kelayakan Bisnis. Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publising Sevice).

Supriadi.2019. Analisis Potensi Daerah (Makro Ekonomi) Terhadap Kelayakan Pendirian Pt. Bpr Arta Waringin Jaya Situbondo Di Wilayah Kabupaten Banyuwangi,13,pp.46-60.

Wahyuni, Syahrani, Sakina, faith.M, Dan Suhairi.2022. Analisis Studi Kelayakan Bisnis Dalam Aspek Produksi. Journal of Visions and Ideas,2,pp.126-134.

Yanuar.D.2016.Analisis Kelayakan Bisnis Ditinjau dari Aspek Pasar, Aspek Pemasaran dan Aspek Keuangan pada UMKM Makanan Khas Bangka di Kota Pangkalpinang. Jurnal E-Kombisi.2,pp. 41-51.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-31

Cara Mengutip

Kuswantoro, F., Dwiwinarno , T. ., Hasthoro , H. ., Hasanah, E., Nurwiyanta, N., Burhanudin, B., Lokananta, R. . ., & Mardianto, T. . (2023). Kajian KAJIAN USAHA BARU ASPEK PEMASARAN, PRODUKSI, KEUANGAN, DAN MAKRO EKONOMI : (STUDI DAN SURVEY PADA PDAM TIRTAMARTA YOGYAKARTA) . MEDIA RISET EKONOMI [MR.EKO], 2(3), 112–130. https://doi.org/10.36277/mreko.v2i3.285