ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA PADA PT NUSANTARA SURYA SAKTI (NSS) DEALER BALIKPAPAN
DOI:
https://doi.org/10.36277/mreko.v2i2.275Kata Kunci:
Culture, Social, Personality, Psycholog, Purchase DecisionsAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kebudayaan, Sosial, Kepribadian, dan Psikologi terhadap Keputusan Pembelian sepeda motor honda pada PT. Nusantara Surya Sakti (NSS) Dealer Balikpapan. Penelitian ini dilaksanakan di PT Nusantara Surya Sakti (NSS) Dealer Balikpapan, dengan responden 210 orang, metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan penyebaran kuisioner melalui google form. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis linier berganda dengan melakukan uji instrument, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel Kebudayaan, Sosial, Kepribadian, dan Psikologi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda pada PT. Nusantara Surya Sakti (NSS) Dealer Balikpapan.
Referensi
Adnan. (2018). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Susu Morinaga di Kota Lhokseumawe. Jurnal Visioner & Strategis, 7(2).
Aldi M, H. Sanusi, S. R. (2018). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Motor Suzuki Satria F 150 Pada PT . Sinargalesong Pratama 2(1), 90–102.
Alimin, E., Diana, E., Nendy, A. O., Agusfianto, P., Yulianah, S., Rudy, M. Y., Agustinus, I., Astika, A., Sudarni, C., Fitria, O. B., & Suhadarliyah, E. (2022). Manajemen Pemasaran (Kajian Pengantar di Era Bisnis Modern).
Amanatuz Zuhriyah, T. W. (2020). Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian. 1, 232–243.
Dewanto, A. C., Manajemen, J., Sam, U., & Manado, R. (2018). Pengaruh Budaya , Sosial , Pribadi , Dan Psikologi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha ( Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado ) The Influence Of Culture , Social , Personal , And Pschylogical To. 6(3).
Ermeila, S. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor. Jemasi: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, 13(2), 197-210.
Firmansyah, M. A. (2019). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Penerbit: Qiara Media.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang : Universitas Diponegoro.
Sugiyono. (2017a). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2017b). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono, D. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Tanama, B. R. (2017). Manajemen Pemasaran. Fakultas Universitas Udayana.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service, Quality & satisfaction. Andi.
Tya Kartika Putri, B. D. P. (2022). Analisis Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Honda (Studi Pada Dealer Astra Motor Sumbawa Besar). 141–149.
Utami, I. W., Duta, U., & Surakarta, B. (2017). K o n s u m e n p e r i l a k u perilaku konsumen indah wahyu utami. Surakarta: CV Pustaka Bengawan.
Yusuf, Y. (2018). Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sepeda Motor Bekas Pada CV. Bagus Motor Di Kubang Raya (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).
Zainurossalamia, S. (2020). Manajemen Pemasaran teori dn strategi. Samarinda: Forum Pemuda Aswaja.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 MEDIA RISET EKONOMI [MR.EKO]
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Anda bebas untuk:
Membagikan - menyalin dan mendistribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun untuk tujuan apa pun, bahkan untuk tujuan komersial.
Mengadaptasi - menggubah, mengubah, dan mengembangkan materi untuk tujuan apa pun, bahkan untuk tujuan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti persyaratan lisensi.
Dengan ketentuan sebagai berikut:
Atribusi - Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan jika ada perubahan. Anda dapat melakukannya dengan cara yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
Tidak ada batasan tambahan - Anda tidak boleh menerapkan ketentuan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.
Pemberitahuan:
Anda tidak harus mematuhi lisensi untuk elemen-elemen materi yang berada dalam domain publik atau di mana penggunaan Anda diizinkan oleh pengecualian atau pembatasan yang berlaku.
Tidak ada jaminan yang diberikan. Lisensi ini mungkin tidak memberikan semua izin yang diperlukan untuk penggunaan yang Anda inginkan. Sebagai contoh, hak-hak lain seperti publisitas, privasi, atau hak moral dapat membatasi cara Anda menggunakan materi tersebut.