ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA PADA PT NUSANTARA SURYA SAKTI (NSS) DEALER BALIKPAPAN

Penulis

  • Alifah Shawalia1 Universitas Balikpapan
  • C. Prihandoyo Universitas Balikpapan
  • Nadi Hernadi Moorcy Universitas Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.36277/mreko.v2i2.275

Kata Kunci:

Culture, Social, Personality, Psycholog, Purchase Decisions

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kebudayaan, Sosial, Kepribadian, dan Psikologi terhadap Keputusan Pembelian sepeda motor honda pada PT. Nusantara Surya Sakti (NSS) Dealer Balikpapan. Penelitian ini dilaksanakan di PT Nusantara Surya Sakti (NSS) Dealer Balikpapan, dengan responden 210 orang, metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan penyebaran kuisioner melalui google form. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis linier berganda dengan melakukan uji instrument, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel Kebudayaan, Sosial, Kepribadian, dan Psikologi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda pada PT. Nusantara Surya Sakti (NSS) Dealer Balikpapan.

Biografi Penulis

Alifah Shawalia1 , Universitas Balikpapan

Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen

Referensi

Adnan. (2018). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Susu Morinaga di Kota Lhokseumawe. Jurnal Visioner & Strategis, 7(2).

Aldi M, H. Sanusi, S. R. (2018). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Motor Suzuki Satria F 150 Pada PT . Sinargalesong Pratama 2(1), 90–102.

Alimin, E., Diana, E., Nendy, A. O., Agusfianto, P., Yulianah, S., Rudy, M. Y., Agustinus, I., Astika, A., Sudarni, C., Fitria, O. B., & Suhadarliyah, E. (2022). Manajemen Pemasaran (Kajian Pengantar di Era Bisnis Modern).

Amanatuz Zuhriyah, T. W. (2020). Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian. 1, 232–243.

Dewanto, A. C., Manajemen, J., Sam, U., & Manado, R. (2018). Pengaruh Budaya , Sosial , Pribadi , Dan Psikologi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha ( Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado ) The Influence Of Culture , Social , Personal , And Pschylogical To. 6(3).

Ermeila, S. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor. Jemasi: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, 13(2), 197-210.

Firmansyah, M. A. (2019). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Penerbit: Qiara Media.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang : Universitas Diponegoro.

Sugiyono. (2017a). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2017b). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono, D. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Tanama, B. R. (2017). Manajemen Pemasaran. Fakultas Universitas Udayana.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service, Quality & satisfaction. Andi.

Tya Kartika Putri, B. D. P. (2022). Analisis Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Honda (Studi Pada Dealer Astra Motor Sumbawa Besar). 141–149.

Utami, I. W., Duta, U., & Surakarta, B. (2017). K o n s u m e n p e r i l a k u perilaku konsumen indah wahyu utami. Surakarta: CV Pustaka Bengawan.

Yusuf, Y. (2018). Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sepeda Motor Bekas Pada CV. Bagus Motor Di Kubang Raya (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).

Zainurossalamia, S. (2020). Manajemen Pemasaran teori dn strategi. Samarinda: Forum Pemuda Aswaja.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-04-30

Cara Mengutip

Shawalia, A., Prihandoyo, C. ., & Hernadi Moorcy, N. . . (2022). ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA PADA PT NUSANTARA SURYA SAKTI (NSS) DEALER BALIKPAPAN. MEDIA RISET EKONOMI [MR.EKO], 2(2), 79–94. https://doi.org/10.36277/mreko.v2i2.275

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama