PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO BUDI FROZEN DI BALIKPAPAN

Authors

  • Amir Iskandar universitas balikpapan
  • Dwi Taufik universitas balikpapan
  • C Prihandoyo universitas balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.36277/mreko.v2i4.333

Keywords:

Harga, Keputusan Pembelian, Kualitas Produk, Lokasi, Promosi

Abstract

The purpose of this study was The Influence of Product, Price, Promotion and Location  on Consumer Purchasing Decisions of Budi Frozen Stores in Balikpapan. To determine This research was conducted at Budi Frozen Stores in Balikpapan, with 144 respondents. This research method uses quantitative methods. Collecting data by distributing questionnaires directly. The data analysis technique used to research is multiple linear analysis by conducting instrument tests, classical assumption tests, and partial hypothesis testing (t-test). The results showed that product, price, location, and promotion variables had a positive and significant effect on purchasing decisions at Budi Frozen Stores in Balikpapan.

References

Abdurrahman, Nana Herdina.. (2017). Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung: Pustaka Setia.

Acuan, K., & Pembelian, K. (2020). Pengaruh Word Of Mouth, Kelompok Acuan, Dan Life Style Terhadap Keputusan Pembelian. 2(6), 910–926.

Agung, I. G., & Sri, K. (2019). Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali Dikutip Dari Www.Nokiamob.Net Memperlihatkan Penurunan Penjualan. 8(3), 1374–1400.

Amilia, S. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi Di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 6(1), 660-669. Retrieved From

Anggraeni, A. R., & Soliha, E. . (2020). Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Kopi Lain Hati Lamper Kota Semarang). Al Tijarah, 6(3), 96. Https://Doi.Org/10.21111/Tijarah.V6i3.5612

Ardista, R., & Wulandari, A. (2020). Analisis Pengaruh Harga, Lokasi Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 15(2), 1–13. Https://Doi.Org/10.32534/Jv.V15i2.1156

Assael. (1992). Consumer Behavior. Edisi Bahasa Indonesia. New Jersey: Prenticehall

Atmosphere, S. (2023). Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi , Keuangan & Bisnis Syariah Pengaruh Price Discount , Store Atmosphere , Dan Display Product Terhadap Impulse Buying Pada Matahari Department Store Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi , Keuangan & Bisnis Syariah. 5, 2777–2788. Https://Doi.Org/10.47467/Alkharaj.V5i6.3646

Ayumi, B., & Budiatmo, A. (2021). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Hypermart Paragon Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(2), 1169-1176. Https://Doi.Org/10.14710/Jiab.2021.31511

Bagida, D. L., Tumbel, T. M., & Mukuan, D. (2021). Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat Pada Cv . Lion Jailolo. Jurnal Productivity, 2(2), 146–151.

Barcelona, O., Tumbel, T. M. And Kalangi, J. A. F. (2019). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Pada Cv. Justiti Motor Lembata. Jurnal Administrasi Bisnis. 8. 34. 10.35797/Jab.8.2.2019.23560.34-42.

Basu Swastha Dan Irawan, (2000), Manajemen Pemasaran Modern, Edisi 2, Yogyakarta : Liberty.

Basu Swastha. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Kedelapan. Jakarta: Penerbit Liberty Basu Swastha. (2009). Manajemen Penjualan. Yogyakarta : Bpfe Fandy Tjiptono. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta: Andi Offset

Darmanto, Dan Wardaya, S. (2016). Manajemen Pemasaran Untuk Mahasiswa,Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah. Yogyakarta: Deepublish

Duan, R. R., Kalangi, J. A. F., & Walangitan, O. F. C. (2019). Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha Mio Pada Pt. Hasjrat Abadi Tobelo. Jurnal Administrasi Bisnis, 9(1), 128. Https://Doi.Org/10.35797/Jab.9.1.2019.23710.128-136

Etzel, Michael J., Walker, Bruce J.. (1997). Marketing Michael J. Etzel, Bruce J. Walker [And] William J. Stanton (11th Ed). New York: The Mcgraw Hill.

Fariz, A. (2019). Effect Of Earning Management , Inventory Intensity And Capital Intensty On Tax Aggressiveness. 547–562.

Fure, H., Produk, K., Ekonomi, F., & Manajemen, J. (N.D.). No Title. 1(3), 273–283.

[email protected]. (2020). Industri Pangan Indonesia Bersiap Hadapi Covid-19 (P. 2). Https://Gapmmi.Id/Article/Read/7620/Industri-Pangan-Indonesia-Bersiap-Hadapi-Covid-19

Ghanimata, F., & Kamal, M. (2012). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pembeli Produk Bandeng Juwana Elrina Semarang). Diponegoro Journal Of Management, 1(4), 13-22. Retrieved From Https://Ejournal3.Undip.Ac.Id/Index.Php/Djom/Article/View/755

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss 21 Update Pls Regresi.

Hindrayani, A. (2010). Manajemen Operasi. Yogyakarta: Pohon Cahaya.

Hutosoit, K., Suada, I., & Suarjana, I. (2013). Kualitas Daging Se’i Sapi Di Kota Kupang Ditinjau Dari Jumlah Bakteri Coliform Dan Kadar Air. Indonesia Medicus Veterinus, . Retrieved From Https://Ojs.Unud.Ac.Id/Index.Php/Imv/Article/View/5536

Istoto, S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Buah Melon Pt . Syafina Niaga. 6(2).

Jackson, P., & Viehoff, V. (2016) Reframing Convenience Food. Appetite, 98, 1–11. Https://Doi.Org/10.1016/J.Appet.2015.11.032

Jurnal, J., & Mea, I. (2021). Jimea | Jurnal Ilmiah Mea ( Manajemen , Ekonomi , Dan Akuntansi ). 5(3), 1171–1184.

Juwana, B., & Semarang, E. (2012). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian. 1, 1–10.

Kennedy, John E., 1972-; Dermawan Soemanagara, R. (Rizky), 1972-. (2006.). Marketing Communication : Taktik & Strategi / John E. Kennedy, R. Dermawan Soemanagara. Jakarta :: Bhuana Ilmu Populer,.

Kotler (2009), Manajemen Pemasaran Dan Bauran Pemasaran 2, Edisi Milinium Jakarta Pt. Prenhallindo. Kottler P. & Keller K. L. (2008) Manjemen Pemasaran 1, Edisi 12 Indonesia Pt. Indek

Kotler, P And Gary Armstrong (2012). Prinsip –Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Kotler, P. Dan K. L. K. (2017). Manajemen Pemasaran. Edisi 1.Alih Bahasa: Bob Sabran, Mm. Erlangga.

Kuncoro, M. (2009). Metode Riset Untuk Bisnis Dan Ekonomi. Edisi 3. Erlangga.

Laurens, S. K., Kalangi, J. A. F., & Walangitan, O. F. C. (2019). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Vario Pada Pt. Tridjaya Motor Manado. Jurnal Administrasi Bisnis, 9(1), 28. Https://Doi.Org/10.35797/Jab.9.1.2019.23528.28-34

Lubis, D. I. D., & Hidayat, R. (2017). Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan Policies For Admission Of New Students View Project. Ilman, 5(July), 15–24. Https://Www.Researchgate.Net/Publication/318463783

Lupiko, R. F., & W, H. D. (N.D.). Pengaruh Inovasi Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Supra X 125 Riza Fakhri Lupiko , Departemen Administrasi Bisnis , Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Handojo Djoko W ., Departemen Administrasi Bisnis , Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Riza Fakhri Lupiko , Departemen Administrasi Bisnis , Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Handojo Djoko W ., Departemen Administrasi Bisnis , Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu. 1–10.

Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi (Edisi 3).Salemba Empat.

Martindale, W., & Schiebel, W. (2017) The Impact Of Food Preservation On Food Waste. British Food Journal. 119 (12), 2510-2518

Panjaitan, H., & Cahyanto, H. (2017). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Pakan Ternak Ayam Pedaging Di Kabupaten Jombang Jawa Timur. 4(1).

Polla, Febriano Clinton. (2018). Analisis Pengaruh Harga , Promosi , Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Sea Analysis Of The Influence Of Price , Promotion , Location And Services Quality On Purchase Decisions In Pt . Indomaret Manado Unit Jalan Sea. 6(4), 3068–3077.

Priansa, D. J. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu: Pada Era Media Sosial. Cv Pustaka Setia.

Pt. Estika Tata Tiara. (2021). Panduan Lengkap Bisnis Frozen Food : Cara, Tips Dan Analisa Bisnisnya.

Riady, R., & Aspiranti, T. (N.D.). Penentuan Lokasi Alternatif Kantor Dan Pabrik Pt . Sublimindo Dengan Menggunakan Metode Center Of Gravity Dan Factor Rating.

Rohman, A., & Maryati, Y. S. (2021). Pengaruh Pemahaman Dihubungkan Dengan Keberhasilan Bisnis Online Pada Mahasiswa Stebismu Sumedang. Revenue: Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 2(2), 129-140. Https://Doi.Org/10.24042/Revenue.V2i2.9260

Rqdog, S., Rqr, V. D. U., & Sembiring, I. J. (2014). Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. 15(1), 1–10.

Santoso, I., S. A. Mustaniroh, & D. Pranowo. (2018). Keakraban Produk Dan Minat Beli Frozen Food : Peran Pengetahuan Produk, Kemasan Dan Lingkungan Sosial. J. Ilm. Kel. Kons. 11(2):134-144.

Seliwati, R. (2022). Consumer Purchase Decisions At Matahari Citimall Sampit : Product , Prices , And Promotions Keputusan Pembelian Konsumen Di Matahari Citimall Sampit : Produk , Harga , Dan Promosi. 3(2), 117–126.

Subagja, Iwan & Istoto, Slamet. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Buah Melon Pt. Syafina Niaga. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana. 6. 10.35137/Jmbk.V6i2.189.

Sugianto, A., & Rahman, S. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Lampu Shinyoku Di Cv. Sinar Abadi Pekanbaru

Sungkawati, E., Meliantari, D., Egim, S., & Mulyana, M. (2022). Perilaku Konsumen (Suatu Pengantar).

Supaartagorn, C. (2017). Marketing Mix Factors Toward Decision Making In The Purchasing Goods And Services Via Facebook : In The Case Of Muang District , Ubonrajchathani Province ,. 2, 50–54.

Supriyadi, D. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, Volume 3 N, 135–144.

Syatori, A. (2019). Wisata Priority ( Studi Kasus : Kereta Sembrani Di Stasiun Gambir ) Analysis Of Consumer Attitudes Sembrani Train Priority ( Survey : Sembrani Trains At Gambir Station ) Wisata Priority Analysis Of Consumer Attitudes Towards Ka.

Umar Husein. (2017). Untuk Variabel Kualitas Produk (X) Bertanda Positif, Artinya Variabel Tersebut Berpengaruh Positif Terhadap Keputusan Pembelian (Y). Variabel Kualitas Produk (X) Memiliki Nilai Koefisien Regresi (B. 1(2), 80–103.

Yulianto, A. D. (2017). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan

Downloads

Published

2023-10-30

How to Cite

Iskandar, A. ., Taufik, D., & Prihandoyo, C. (2023). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO BUDI FROZEN DI BALIKPAPAN. MEDIA RISET EKONOMI [MR.EKO], 2(4), 175–188. https://doi.org/10.36277/mreko.v2i4.333