PENGARUH RASIO MARJIN LABA KOTOR DAN RASIO PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP RASIO MARJIN LABA BERSIH DI PT SERASI AUTORAYA CABANG BANJARMASIN

Penulis

  • Gusti Marliani Universitas Achmad Yani Banjarmasin
  • Suntoro Universitas Achmad Yani Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.36277/mreko.v2i3.282

Kata Kunci:

Gross Profit Marjin, Sales Growth, Net Profit

Abstrak

Artikel ini dilatarbelakangi oleh kondisi pergerakan pendapatan yang tidak stabil dan mengindikasikan situasi atau kondisi perusahaan, pengambilan keputusan dan kebijakan dalam mengelola kegiatan operasi untuk meningkatkan profitabilitas. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui apakah rasio Marjin laba kotor dan rasio pertumbuhan penjualan menjadi faktor yang mempengaruhi rasio laba bersih pada PT. Serasi Autoraya cabang Banjarmasin. Artikel ini disusun menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kuantitatif. Data penelitian merupakan data sekunder yang diambil dari laporan keuangan PT. Serasi Autoraya dan dilengkapi dengan studi kepustakaan dan dokumentasi, yang diolah secara statistik dan kuantitatif menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini menyimpulkan variabel rasio marjin laba kotor berpengaruh secara parsial terhadap rasio marjin laba bersih, sementara itu variabel rasio pertumbuhan penjualan secara parsial tidak berpengaruh terhadap rasio laba bersih. Secara simultan, rasio Marjin laba kotor dan rasio pertumbuhan penjualan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap rasio marjin laba bersih di PT. Serasi Autoraya cabang Banjarmasin. Implikasi dari penelitian ini adalah perusahaan harus memperhatikan faktor lain untuk meningkatkan laba bersih perusahaan, selain itu perusahaan juga harus memperhatikan situasi, kondisi dan trend market, portofolio pelanggan, manajemen aset dan operasional agar laba bersih perusahaan dapat dicapai maksimal.

 

Referensi

Agus, Harjito dan Martono, 2007. Manajemen Keuangan. Yogyakarta: Ekonisia.

Hartono. 2008 Analisis Data Statistika dan Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Hery. 2016. Analisis Laporan Keuangan Integrated and Comprehensive Edition. Jakarta: Grasindo

Kasmir. 2019. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Martono,Nanang. 2015 .Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Sudana I Made. 2011 .Manajemen Keuangan Perusahaan Teori dan Praktik. Jakarta : Erlangga

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Suharyadi dan Purwanto. 2009. Statistika Untuk Ekonomi dan Keuangan Modern. Jakarta : Salemba Empat

Sujarweni, V. Wiranata. 2015. Strategi Untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta : Pustaka Baru Press

Toto Prihadi. 2019. Analisis Laporan Keuangan: Konsep dan Aplikasi. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-31

Cara Mengutip

Marliani, G. ., & Suntoro, S. (2023). PENGARUH RASIO MARJIN LABA KOTOR DAN RASIO PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP RASIO MARJIN LABA BERSIH DI PT SERASI AUTORAYA CABANG BANJARMASIN. MEDIA RISET EKONOMI [MR.EKO], 2(3), 107–111. https://doi.org/10.36277/mreko.v2i3.282