PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK NIRVANA BEAUTY SUMBEREJO BALIKPAPAN
DOI:
https://doi.org/10.36277/mreko.v2i1.247Kata Kunci:
produk; harga; promosi; tempat; keputusan pembelianAbstrak
Kemunculan skincare memberikan fenomena yang sangat baru di kehidupan masyarakat terkhusus kaum muda, secara khusus mereka menggunakan skincare sebagai cara agar terlihat sempurna secara fisik. Seiring dengan kebutuhan konsumen akan perawatan kulit maka produksi industri kosmetik skincare juga semakin bertambah sehingga memunculkan saluran pemasaran produk kosmetik seperti factory outlet skincare yang menyediakan produk skincare yang tidak hanya digunakan oleh perempuan tetapi juga laki-laki. Dengan fenomena tersebut maka diperlukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian Produk Nirvana Beauty Sumberejo Balikpapan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 1.472 orang selama 3 bulan terakhir pada tahun 2022 dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 305 responden. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan teknik sampel yang digunakan yaitu teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan penyebaran kuesioner. Alat uji yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis uji regresi linear berganda, uji asumsi klasik dan uji hipotesis secara parsial (uji-t). Hasil analisis dalam pengujian secara parsial variabel produk, promosi, dan tempat berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk, sedangkan variabel harga memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian produk Nirvana Beauty Sumberejo Balikpapan. Adapun variabel berpengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian adalah variabel promosi.
Referensi
Angelina, G., Massie, J. D. D., Gunawan, E., Gunawan, E., Manajemen, J., Ekonomi, F., Angelina, G., Massie, J. D. D., & Gunawan, E. (2022). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Produk The Body Shop Di Era Pandemi (Studi Pada Konsumen The Body Shop Kota Manado). Jurnal EMBA, 10(1), 208–219.
Damanik, P. Y., & Oktavani, F. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik “By Lizzie Parra†(Blp) (Studi Pada Tayangan Beauty Vlog Lizzie PARRA). Advanced Science Letters, 4(2), 1–3.
Daud, Z. U. (2018). Pengaruh Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Pada Green Avina Birem Puntong Langsa Baro. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 7(2), 174. Https://Doi.Org/10.33059/Jmk.V7i2.981
Indrasari, M. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan (1 Ed.). Unitomo Press.
Izanah, A., & Widiartono. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah (Studi Pada Mahasiswi FISIP Universitas Diponegoro). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), IX(Iii), 259–267.
Mansyur, H., Arifin, R., & Millaningtyas, R. (2021). Pengaruh Harga, Promosi, Pelayanan, Lokasi, Tata Letak Produk Dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Berbelanja (Studi Kasus Pada Konsumen …. Jurnal Ilmiah Riset …, 36–53.
Mukarromah, M., & Suyono, S. (2021). Pengaruh Produk, Harga, Promosi Dan Tempat Terhadap Keputusan Pembelian Produk Salon Kecantikan (Studi Pada Rumah Cantik Arlova Di Kec. Blega Kab. Bangkalan). Jurnal Kajian Ilmu Manajemen (JKIM), 1(1), 98–105. Https://Doi.Org/10.21107/Jkim.V1i1.11335
Prihandoyo, C., Abdiannur, & Indriastuty, N. (2018). Manajemen Pemasaran.
Sihotang, C. L., & Wijayanto, G. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Kosmetik The Body Shop Pekanbaru. 4(3), 162–165.
Sugiyono, P. D. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif (Sutopo (Ed.); 2 Ed.). Alfabeta.
Sunyoto, D. (2014). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (T. Admojo (Ed.); 3 Ed.). CAPS.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (Edisi 4). CV.Andi.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 MEDIA RISET EKONOMI [MR.EKO]
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.