PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (STUDI DI KELURAHAN BATU AMPAR KECAMATAN BALIKPAPAN UTARA KOTA BALIKPAPAN )

Authors

  • Firman Maulana Maulana Universitas Balikpapan
  • Hairul Anam Universitas Balikpapan

Keywords:

: UMKM, pemberdayaan ekonomi masyarakat, pengembangan masyarakat

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam mendorong pertumbuhan perekonomian Indonesia. Namun kenyataannya pemilik usaha hanya terfokus pada pendapatan dan keberlanjutan usahanya. Karena itulah pengembangan masyarakat dengan metode pendampingan sosial perlu dilakukan untuk membantu memecahkan persoalan yang sedang dihadapi. Pengembangan masyarakat mengandung upaya untuk meningkatkan partisipasi dan rasa memiliki terhadap program yang dilaksanakan. Pemberdayaan merujuk pada kemampuan seseorang, khususnya kelompok lemah untuk memiiki akses terhadap sumber- sumber produktif yang memungkinkan mereka untuk dapat meningkatkan pendapatannya dan berpartisipasi dalam proses pembangunan serta pengambilan keputusan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa potensi ekonomi di Kelurahan Batu Ampar Kecamatan Balikpapan Utara Kota Balikpapan adalah industri makanan, industri kerajinan, rumah makan dan restoran serta UMKM. Faktor pendukung dalam pengembangan masyarakat di bidang ekonomi ini meliputi  sumber  daya  alam  dan sumber daya manusia yang melimpah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah keterbatasan modal, sarana dan prasarana serta partisipasi masyarakat yang rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Hairul Anam, Universitas Balikpapan

Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Balikpapan | hairulanam@uniba-bpn.ac.id

References

Agus, Erwan. 2007. Mengkaji Potensi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk Pembuatan Kebijakan Anti Kemiskinan di Indonesia. JISIP. Vol 10, Nomor 3.

Andini, Ully Hikmah, dkk. 2015. Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat dari Desa Tertinggal Menuju Desa Tidak Tertinggal. Jurnal Administrasi Publik (JAP). Vol 2. No. 12.

Darwanto. 2013. Peningkatan Daya Saing UMKM Berbasis Inovasi dan Kreativitas. Jurnal Bisnis dan Ekonomi. Hal. 142-149. Vol 20, No. 2.

Diniaty, D, Agusrinal. 2014. Perancangan Strategi Pemasaran Pada Produk Anyaman Pandan. Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, 11, (2). 175-184

Hermawan, H, 2015. Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan, Kepuasan dan Loyalitas Konsumen dalam Pembelian Roti Ceria di Jember. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia. 1 (2)

Lantu, D.C., Triady. M.S., Utami, A.F., Ghazali, A. 2016. Pengembangan Model Peningkatan Daya Saing UMKM di Indonesia: Validasi Kuantitatif Model. Jurnal Manajemen Teknologi. Vol 15 No. 1. Hal 77-93.

Moorcy, N. H., Matyani, M., & Patmawati, P. (2018). Pengembangan Ekonomi Masyarakat Melalui Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Studi Di Kelurahan Sumber Rejo Kecamatan Balikpapan Tengah Kota Balikpapan). Jurnal Abdi Masyarakat Ilmu Ekonomi (Jamie), 1(01), Pages 30-39. Retrieved from https://jurnal.fem.uniba-bpn.ac.id/index.php/JAMIE/article/view/37

Sudjinan, S., & Juwari, J. (2018). Pemberdayaan Potensi Masyarakat Melalui Pendampingan UMKM Dan Koperasi Di Kelurahan Telaga Sari Kota Balikpapan. Jurnal Abdi Masyarakat Ilmu Ekonomi (JAMIE), 1(01), Pages 40-49. Retrieved from https://jurnal.fem.uniba-bpn.ac.id/index.php/JAMIE/article/view/32

Downloads

Published

2019-06-29

How to Cite

Maulana, F. M., & Anam, H. (2019). PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (STUDI DI KELURAHAN BATU AMPAR KECAMATAN BALIKPAPAN UTARA KOTA BALIKPAPAN ). Jurnal Abdi Masyarakat Ilmu Ekonomi (JAMIE), 1(2), 70–78. Retrieved from http://jurnal.fem.uniba-bpn.ac.id/index.php/JAMIE/article/view/47

Issue

Section

Articles