E-Service Quality Kepuasan Konsumen Melalui E-Commerce Terhadap Loyalitas Konsumen
DOI:
https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v10i2.90Keywords:
E-Service Quality, Customer satisfaction, Customer loyalty, E-CommerceAbstract
Rakhmat Romadhan, E-Service Quality Kepuasan Konsumen Melalui E-Commerce Terhadap Loyalitas Konsumen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh E-Service Quality terhadap Kepuasan Konsumen dalam melakukan pembelian di Mobile Application Lazada serta dampaknya terhadap Loyalitas Konsumen. Populasi dalam penelitian adalah sebesar 1532 orang sedangkan sampel dalam penelitian adakah sebesar 94 orang responden pengguna Mobile Application Lazada. Analisis data menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS). dengan menggunakan SmartPLS versi 3.0. Hasil penelitian ini, ditemukan bahwa E-Service Quality memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen; Kepuasan Konsumen memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Loyalitas Konsumen; E-Service memiliki pengaruh yang positif tetapi tidak signifikan terhadap Loyalitas Konsumen ; dan E-Service Quality tidak berpengaruh langsung terhadap loyalitas konsumen pada pengguna Mobile Application Lazada melalui kepuasan konsumen.
Downloads
References
Anggraeni, N. S., & Yasa, N. K. (2012). E-Service Quality Terhadap Kepuasaan dan Loyalitas Pelanggan Dalam Penggunaan Internet Banking. Jurnal Keuangan dan Perbankan, Vol.16, No.2 Mei 2012, hlm. 293–306, 329-343.
Ghozali, I. (2015). Partial Least Square Konsep, Teknik, dan Aplikasi menggunakan Program SmartPLS3.0. Yogyakarta: Undip.
Husein, U. (2011). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Kotler, P., & Makens, J. (2003). Pemasaran Perhotelan dan Kepariwisataan, Edisi Kedua. Jakarta: PT. Prenhallindo.
Melinda. (2017). Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Loyality Pelanggan Go-Jek Melalui E-Satisfaction Pada Kategori Go-Ride. AGORA Vol. 5, No. 1, (2017), 1-6.
Money.id. (2016, April 28). Money.id. Retrieved Mei 13, 2019, from Money.id: https://www.money.id
Prihandoyo, C. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan JNE Cabang Balikpapan. Jurnal GeoEkonomi, 10(1), 116-129. Retrieved from https://fem.uniba-bpn.ac.id/jurnal/index.php/geoekonomi/article/view/59
Oliver, R. (1999). Whence Consumer Loyalty. Journal of Marketing., Volume, 33-44.
Swaid, S. I., & Wigand, R. T. (2009). Measuring The Quality of E-Service : Scale Development and Intitial Validation. Journal of Electronic Commerce Research, VOL 10, NO 1, 2009, 13-28.