Efek Religiusitas dan Work Family Conflict Terhadap Niat Turnover Intention Karyawan Dengan Work Engagement Sebagai Variable Intervening

Authors

  • Rahmi Fauzana Institut Teknologi dan Bisnis Haji Agus Salim (ITBHAS) Bukittinggi
  • Yulihasri Institut Teknologi dan Bisnis Haji Agus Salim Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v14i2.295

Keywords:

Religiusitas, Work Family Conflict, Turnover Intention, Work Engagement

Abstract

PT. Bank Mandiri (persero) adalah salah satu badan usaha milik Negara (BUMN) dan merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia. PT. Bank Mandiri (persero) bermula sebagai bagian dari program restrukturisasi perbankan yang dilaksanakan oleh pemerintah Indonesia yang dimana empat bank pemerintah digabung menjadi PT. Bank Mandiri (persero) sehingga memiliki organisasi yang gemuk. Dengan bentuk organisasi yang seperti ini perusahaan dituntut untuk dapat mempertahankan karyawannya, sebab kecenderungan karyawan memiliki keinginan untuk keluar dari organisasi (turnover intention) apabila perusahaan tidak dapat mengelola sumber daya manusianya dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efek religiusitas dan work family conflict terhadap niat turnover intention karyawan dengan work engagement sebagai variabel intervening (Studi Pada Karyawan Bank Mandiri Di Cluster Pasaman) . Metode yang digunakan adalah survei analisis atau resepsional. Sampel adalah 94 orang pegawai yang ada pada Bank Mandiri di Cluster Pasaman. Hasil diperoleh bahwa ada pengaruh Religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Turnover Intention pada Bank Mandiri di Cluster Pasaman. Work Familiy Conflict berpengaruh positif dan signifikan terhadap Turnover Intention pada Bank Mandiri di Cluster Pasaman. Work Engagement berpengaruh positif dan signifikan terhadap Turnover Intention pada Bank Mandiri di Cluster Pasaman. Religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Work Engagement pada Bank Mandiri di Cluster Pasaman. Work Family Conflict berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Work Engagement pada Bank Mandiri di Cluster Pasaman. Religiusitas terbukti memediasi Work Family Conflict dengan Turnover Intention pada Bank Mandiri di Cluster Pasaman. Work Engagement terbukti memediasi Work Family Conflict dengan Turnover Intention pada Bank Mandiri di Cluster Pasaman

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rahmi Fauzana, Institut Teknologi dan Bisnis Haji Agus Salim (ITBHAS) Bukittinggi

Prodi Magister Manajemen, Institut Teknologi dan Bisnis Haji Agus Salim Bukittinggi

Yulihasri, Institut Teknologi dan Bisnis Haji Agus Salim Bukittinggi

Prodi Magister Manajemen, Institut Teknologi dan Bisnis Haji Agus Salim Bukittinggi

References

Ferdinand (2005) Metode Penelitian Manajemen. Edited by Edisi 2. Semarang: Universitas Diponegoro.

Frone, M. R., Russell, M. and Cooper, M. L. (1997) ‘Relation of work-family conflict to health outcomes : A four-year longitudina ... Reproduced with permission of the copyright owner . Further reproduction prohibited without permission .’, Journal of Occupational and Organizational Psychology, 70, pp. 325–335.

Ghozali, I. (2006) Structural Equation Modelling Metode Alternatif dengan Partial Least Square. Semarang: Universitas Diponegoro.

Hair (2006) Multivariate Data Analysis Pearson International Edition. Edition 6. New Jersey.

Hermawan, I. P. D., Hartika, L. D. and ... (2019) ‘Hubungan work engagement dengan turnover intention: Studi pada karyawan PT. X’, Jurnal Psikologi ….

Masram and Mu’ah (2017) Manajemen Sumber Daya Manusia, Zifatama Publisher.

Novrandy, R. A. and Tanuwijaya, J. (2022) ‘Pengaruh Work-Family Conflictdan Work Engagementterhadap Task Performancedan Turnover Intention Dengan Mediasi Supervisor Support’, Jmbi Unsrat, 9(1), pp. 414–430.

Susanto, S. (2010) ‘Analisis Pengaruh Konflik Kerja-Keluarga terhadap Kepuasan Kerja Pengusaha Wanita di Kota Semarang’, Jurnal Ilmu Ekonomi ASET, 12(1), pp. 75–85.

Tigau, F. I. and Sugiarto, A. (2022) ‘Strategi Mengendalikan Turnover Karyawan: Studi Kasus Pada Sebuah Rumah Sakit Swasta Di Kota Manado’, Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 7(1), pp. 135–148. doi: 10.29407/nusamba.v7i1.17395.

Wicaksono, R. S. (2020) ‘Work Engagement sebagai Prediktor Turnover Intention pada Karyawan Generasi Millennial di PT Tri-Wall Indonesia’, Acta Psychologia, 2(1), pp. 55–62. doi: 10.21831/ap.v1i1.34119.

Downloads

Published

2023-08-10

How to Cite

Fauzana, R., & Yulihasri, Y. (2023). Efek Religiusitas dan Work Family Conflict Terhadap Niat Turnover Intention Karyawan Dengan Work Engagement Sebagai Variable Intervening. Jurnal GeoEkonomi, 14(2), 141–155. https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v14i2.295

Issue

Section

Articles