PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT. SIMPATIK CABANG UNAAHA KABUPATEN KONAWE

Authors

  • Melati Universitas Lakidende, Unaaha

DOI:

https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v12i1.132

Keywords:

Promosi, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan Pengaruh Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Simpatik Cabang Unaaha Kabupaten Konawe. Populasi dalam penelitian ini adalah Populasi dalam penelitian ini adalah sebagian konsumen PT. Simpatik Cabang Unaaha periode Januari s/d Desember 2015 yang berjumlah 482 Orang. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan variabel promosi dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Fakta ini menunjukkan bahwa semakin baik promosi dan kualitas produk maka semakin tinggi pula keputusan pembelian pada PT.Simpatik Cabang Unaaha.Variabel promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Semakin baik promosi yang diberikan maka semakin tinggi pula keputusan pembelian pada PT.Simpatik Cabang Unaaha. Fakta ini menunjukkan bahwa semakin baik citra merek yang diberikan memiliki kontribusi dalam peningkatan keputusan pembelian.Variabel kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Semakin baik kualitas produk yang diberikan maka semakin tinggi pula keputusan pembelian pada PT.Simpatik Cabang Unaaha. Fakta ini menunjukkan bahwa semakin baik kualitas produk yang diberikan memiliki kontribusi dalam peningkatan keputusan pembelian.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Melati, Universitas Lakidende, Unaaha

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Lakidende, Unaaha

References

Assauri, Sofjan. 2004. Manajemen Produksi dan Operasi Edisi Revisi. Lembaga Penerbit FE-UI, Jakarta.
Buchari, Alma. 2006. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta, Bandung.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi VI. PT Rineke Cipta, Jakarta.
Djaslim, Saladin. 2004. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan dan Pengendalian. Edisi Ketiga. CV. Linda Karya, Bandung.
Feigenbaum, A.V. 2000. Kendali Mutu Terpadu, Jilid 1 Edisi Ketiga. Erlangga, Jakarta.
Ghozali, Imam. 2001. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

J. Setiadi, Nugroho. 2003. Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Kencana, Jakarta.
Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran Perspektif Asia. Jilid I. CV Andi, Yogyakarta
_____________¬¬_2008. Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. PT. Prenhallindo, Jakarta
Kottler, Philip dan Amstrong, Gerry. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran jilid I. Edisi kedua belas. Erlangga, Jakarta.
_________2004. Dasar-Dasar Pemasaran, Alih Bahasa oleh Alexander Sindoro dan Tim Mark Plus. Jilid 1. Edisi Kesembilan. PT Index Gramedia, Jakarta.
_________2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran jilid I. Edisi kedua belas. Erlangga, Jakarta.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin L. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 2. Penerbit Erlangga, Jakarta.
_________2012. Manajemen Pemasaran jilid II. Edisi ketigabelas. Erlangga. Jakarta
Lamb, H. 2001. Pemasaran. Salemba Empat, Yogyakarta.
Lupiyoadi dan Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. Salemba Empat, Jakarta.
Marius P. Angiopora. 2002. Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi kedua. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Sekaran, Uma. 1992. Research Methods for Business. A Skill Buiding Approach 2ndedition. John Wiley and Sond, New York.
Setiawan, Bekti. 2006. Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kerupuk Rambak “Dwijoyo” di Desa Pananggulan Kec. Pegandon Kab. Kendal. Ekonomi Manajemen, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang.
Stanton, William J. 1996. Prinsip Pemasaran jilid I. Edisi ketujuh. Erlangga. Jakarta.
Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Bisnis. Penerbit CV. Alfabeta, Bandung.
_____________¬¬_2006. Metode Penelitian Bisnis. CV Alfabeta, Bandung.
_____________¬¬_2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. CV.Alfabeta, Bandung.
Suharyadi dan Purwanto. 2003. Statistika untuk Ekonomi dan Keuangan Modern. Jilid 1. Salemba Empat, Jakarta.
Sutisna. 2003. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. PT Remaja Posdakarya Offset, Bandung.
Suti, Intan. 2010. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Esia (Studi Kasus pada Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.
Swasta, Basu dan Irawan. 1990. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty, Yogyakarta.
_____________¬¬_2003. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty, Yogyakarta.
_____________¬¬_2005. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty, Yogyakarta.
Swastha, Basu dan T. Hani Handoko. 2000. Manajemen Pemasaran, Analisa Perilaku Konsumen. BPFE,Yogyakarta.
Tambunan, krystia dan Widiyanto, Ibnu. 2012. Analisis Pengaruh Citra Merek, Persepsi Kualitas, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Bandeng Presto. Diponegoro Journal of Management. Vol : 1(2), 58-66.
Tjiptono, Fandy. 2007. Pemasaran Jasa. Bayu Media, Malang.
_____________¬¬_2008. Pemasaran Jasa. Bayu Media Publishing, Malang.
Umar, Husain. 2003. Metode Riset Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Yamit, Zulian. 2004. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Ed. 1, Cet. 4. Ekonisia Kampus Fakultas Ekonomi, UII Yogyakarta.

Downloads

Published

2021-03-31

How to Cite

Melati, M. (2021). PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT. SIMPATIK CABANG UNAAHA KABUPATEN KONAWE. Jurnal GeoEkonomi, 12(1), 1–16. https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v12i1.132

Issue

Section

Articles